Comscore Tracker

Berjuta Makna, 18 Foto Perhiasan Fantastis dari Zaman Dulu

Cocok juga kalau dipakai zaman sekarang!

Sejak perkembangan peradaban manusia berabad-abad lalu, berbagai ilmu dan kerajinan pun juga ikut berkembang pesat. Selain pakaian dan perlengkapan perang, bukti dari kemajuan peradaban manusia juga dapat terlihat dari berbagai kerajinan logam mulianya.

Meski tidak memiliki teknologi secanggih masa kini, para pengrajin di masa lampau mampu menghasilkan perhiasan megah dengan teknologi seadanya. Hasilnya? Tidak kalah memukau! Buktinya, inilah 18 foto perhiasan zaman dulu yang menarik hati.

1. Cincin berbahan emas ini diproduksi di Jerman pada abad ke-17 dan sering dipakai oleh para cendekiawan. Cincin ini dapat berubah jadi "bola dunia" dengan tiga lingkaran dalam dan dua lingkaran luar saat dibuka! Lingkaran-lingkaran cincin tersebut dipoles dengan enamel dan diukir dengan tulisan dan tanda-tanda zodiak, bintang, serta simbol lainnya

Berjuta Makna, 18 Foto Perhiasan Fantastis dari Zaman Dulucincin yang dapat berubah jadi bola dunia, abad ke-17 (britishmuseum.org)

2. Pada abad pertama Masehi, gelang dan cincin emas berbentuk ular adalah salah satu perhiasan paling populer di Yunani dan Romawi. Ular melambangkan kesuburan dan dimaksudkan untuk menangkal kejahatan serta kesialan!

Berjuta Makna, 18 Foto Perhiasan Fantastis dari Zaman Dulucincin emas berbentuk ular dari Romawi Kuno, abad 1 M (art.thewalters.org)

3. Gelang emas berasal dari akhir abad ke-3 dan awal abad ke-2 SM. Bertatahkan batu permata merah, gelang ini dikenakan oleh pendeta perempuan selama periode Helenistik di Yunani Kuno dan ular melambangkan proteksi dari kekuatan jahat!

Berjuta Makna, 18 Foto Perhiasan Fantastis dari Zaman Dulugelang emas untuk pendeta perempuan dari periode Helenistik (wikimedia.org)

4. Perhiasan bertajuk "Fuchsias" dari koleksi Art Nouveau pada 1905 oleh Georges Fouquet dan didesain oleh Alphonse Mucha. Difoto di Petit Palais, Paris, Prancis, Fuchsias terbuat dari emas dan dihiasi batu mata kucing serta safir cabochon

Berjuta Makna, 18 Foto Perhiasan Fantastis dari Zaman DuluFuchsias oleh Georges Fouquet, 1905 (reddit.com/zellersamuel)

5. Gelang emas milik Firaun Psusennes I, penguasa ke-3 dari Dinasti ke-21 Mesir Kuno. Dibuat dari dua bagian berbeda, gelang ini dihiasi dengan motif spiral dan juga segitiga bertatahkan batu lazuardi. Gelang ini berukirkan nama lahir dan nama kerajaan serta gelar sang Firaun.

Berjuta Makna, 18 Foto Perhiasan Fantastis dari Zaman Dulugelang milik Firaun Psusennes I, abad ke-11 SM (old.egypt-museum.com)

6. Kalung peninggalan Firaun Senusret II dan ditemukan di koleksi perhiasan Putri Sithathoryunet di masa Kerajaan Pertengahan Mesir (akhir abad ke-19 SM). Kalung ini bertatahkan 372 potong batu mulia dan desainnya merupakan lambang pemujaan pada sang Firaun dan para dewa Mesir Kuno.

Berjuta Makna, 18 Foto Perhiasan Fantastis dari Zaman Dulukalung peninggalan Firaun Senusret II, abad ke-19 SM (metmuseum.org)

7. Anting emas bertatahkan mutiara yang dipakai oleh warga Romawi kelas atas di Mesir Kuno, seperti yang terlihat pada lukisan dari lukisan Fayum, abad ke-1 sampai 3 M.

Berjuta Makna, 18 Foto Perhiasan Fantastis dari Zaman Duluanting mutiara dipakai oleh warga Romawi kelas atas di Mesir seperti tergambar di lukisan Fayum, abad 1-3 M (reddit.com/throwawayMambo5)

8. Anting emas dan perak dengan hiasan lumba-lumba dari kebudayaan Etruria (bangsa pertama yang menempati Roma) pada abad ke-5 SM

Berjuta Makna, 18 Foto Perhiasan Fantastis dari Zaman Duluanting dengan hiasan lumba-lumba dari kebudayaan Etruria, abad ke-5 SM (metmuseum.org)

9. Cincin jari tangan Mesir Kuno dari periode Menengah Ke-3 Mesir (1070 - 664 SM), bertatahkan batu carnelian yang dipahat berbentuk kucing. Di bawah pahatan kucing tersebut, terukir lambang Mata Horus

Berjuta Makna, 18 Foto Perhiasan Fantastis dari Zaman Dulucincin kucing Mesir Kuno, periode Menengah Ke-3 Mesir (britishmuseum.org)

Baca Juga: 20 Instrumen Musik Paling Mahal di Dunia, Semoga Merdu

10. Cincin emas dengan lapisan enamel bertatahkan berlian dari Jerman Selatan di akhir abad ke-16. Bernama "Matthias", cincin ini memiliki berlian yang dibentuk piramida runcing, sehingga membuatnya amat langka. Digunakan untuk pertunangan, cincin Matthias melambangkan simbol keteguhan!

Berjuta Makna, 18 Foto Perhiasan Fantastis dari Zaman Dulucincin Matthias dari Jerman Selatan, akhir abad ke-16 (reddit.com/TarTarianPrincess)

11. Cincin campuran emas dan perak ini dapat dipakai di lima jari langsung dan menunjukkan tren perhiasan imitasi! Berasal dari kawasan timur Kekaisaran Romawi pada abad ke-3 sampai 4 M, tiga mata cincin berhiaskan lima batu warna-warni yaitu mutiara, permata imitasi, dan manik-manik hijau batu giok

Berjuta Makna, 18 Foto Perhiasan Fantastis dari Zaman Dulucincin lima jari dari Kekaisaran Romawi, abad 3-4 M (metmuseum.org)

12. Sisir dari kebudayaan Skithia di awal abad ke-4 SM. Terbuat dari emas, bagian atas sisir ini diukir dengan adegan pertempuran

Berjuta Makna, 18 Foto Perhiasan Fantastis dari Zaman Dulusisir emas dari kebudayaan Skithia yang menggambarkan adegan perang, abad ke-4 SM (hermitagemuseum.org)

13. Anting emas dari kebudayaan Moche di pantai utara Peru pada 200 - 850M, lebih tua dari suku Inca muncul. Bertatahkan kulit kura-kura dan batu sodalit, anting ini menunjukkan gambar seorang pelari bersayap!

Berjuta Makna, 18 Foto Perhiasan Fantastis dari Zaman Duluanting dari kebudayaan Moche, Peru, 400-700M (metmuseum.org)

14. Cincin emas dari Mesir Kuno (664-322 SM), bertatahkan batu jasper hijau yang diukir dengan simbol dewa Ptah yang berdiri di depan sebuah kuil, dan nama dewa Matahari Amun-Ra di sisi lain.

Berjuta Makna, 18 Foto Perhiasan Fantastis dari Zaman Dulucincin dari Mesir Kuno, 664-322SM (thewalters.org)

15. Cincin emas yang berasal dari Kekaisaran Romawi Timur pada abad ke-9 M. Pengerjaan cincin ini menggunakan teknik filigrana, sehingga menghasilkan motif yang khas

Berjuta Makna, 18 Foto Perhiasan Fantastis dari Zaman Dulucincin dari zaman kekaisaran Romawi Timur, abad ke-9 M (clevelandart.org)

16. Cincin emas dari kekaisaran Romawi Kuno abad ke-1 M. Bertatahkan batu kalsedon hijau, cincin ini memiliki hiasan dewi perang Minerva (versi Romawi Athena) tiga dimensi yang digambarkan memakai aegis bermata ular dan ketopong Korintus, siap berperang!

Berjuta Makna, 18 Foto Perhiasan Fantastis dari Zaman Dulucincin emas berhiaskan patung Minerva, abad ke-1 M (twitter.com/@TheClassicalCo)

17. Liontin emas milik Firaun Tutankhamun, 1336–1327 SM. Terbuat dari emas, liontin ini bertatahkan batu semi-mulia dan kaca. Terlihat hiasan Mata Horus, kumbang scarab dari kaca, dan paling atas adalah gambar para dewa (Thoth dan Ra-Horakhty) memahkotai Firaun Tutankhamun!

Berjuta Makna, 18 Foto Perhiasan Fantastis dari Zaman Dululiontin Firaun Tutankhamun, 1336–1327 SM (old.egypt-museum.com)

18. Sepasang anting emas dan logam berbentuk mesin pancung guillotine dari Prancis, pada masa Revolusi Prancis (1794). Mesin pancung menggantung dari topi Frigia (lambang kemerdekaan) dan di bawah masing-masing guillotine, kepala Raja Louis XVI dan Marie Antoinette digantung terbalik!

Berjuta Makna, 18 Foto Perhiasan Fantastis dari Zaman Duluanting guillotine pada masa Revolusi Prancis, 1794 (cultofweird.com)

Itulah 18 perhiasan dari zaman dulu yang tidak kalah kerennya dengan masa sekarang, dari desain menawan cincin bola dunia sampai desain seram anting guillotine. Dari perhiasan-perhiasan yang kami tunjukkan di atas, mana yang ingin kamu pakai ke pesta? Jangan lupa sesuaikan dengan pakaianmu biar tambah menarik hati!

Baca Juga: Sah! 5 Perkawinan dengan Mahar Paling Mahal di Dunia

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya