Comscore Tracker

Berani Kunjungi? Ini 10 RSJ Paling Angker di Dunia

Bagi penyuka horor, bisa masuk travel wishlist

Apa latar yang paling sering digunakan untuk film horor? Banyak, salah satunya adalah rumah sakit jiwa (RSJ) yang ditinggalkan. Tinggal ungkit kisah kelam dan berbagai kisah tragis yang melingkupi RSJ tersebut, tambah satu atau dua hantu penasaran, voila, kamu sudah mendapatkan kisah seram yang bisa dibuat ke film!

Sejak abad ke-19, gangguan kejiwaan mulai ditangani dengan berbagai cara di rumah sakit sendiri. Namun, sering kali, praktiknya tidak manusiawi. Ditambah dengan perlakuan petugas RSJ yang tidak menganggap mereka manusia, RSJ adalah tempat yang penuh dengan misteri.

Untungnya, dimulai dari abad ke-20, gerakan deinstitusionalisasi memastikan pasien dengan gangguan jiwa mendapatkan perlakuan yang pantas dan pengobatan yang diperlukan. Hasilnya, beberapa RSJ ditinggalkan atau beralih fungsi.

Namun, atmosfer horornya tetap berasa. Tidak sedikit yang mengalami kerasukan hingga melihat penampakan di RSJ yang ditinggalkan. Jika penasaran, inilah 10 RSJ paling angker di dunia!

10. RSJ St. Augustine

Berani Kunjungi? Ini 10 RSJ Paling Angker di DuniaRSJ St. Augustine (wikimedia.org)

Dikenal sebagai RSJ Kent County, RSJ St. Augustine terletak di Chartham, Kent, Inggris. Beroperasi selama 117 tahun (1876 - 1993), RSJ ini menjadi saksi bisu dari berbagai praktik tidak manusiawi terhadap pasiennya. RSJ ini naik daun pada 1970an karena rekam jejak pengobatan psikologis mereka yang tidak manusiawi terhadap pasien-pasiennya!

Atmosfer dan kondisi RSJ St. Augustine sudah cukup bikin bulu kuduk berdiri. Konon, pengunjung reruntuhan RSJ St. Augustine saat itu merasakan ada yang mengawasi, rasa takut, dan mendengar langkah kaki tanpa sosok! Pada 1997, RSJ ini beralih fungsi sebagai rumah susun dan sudah dipugar.

9. RSJ Aradale

Berani Kunjungi? Ini 10 RSJ Paling Angker di DuniaRSJ Aradale (mailtimes.com.au)

RSJ Aradale, dulunya disebut "Ararat", sempat menjadi institusi kejiwaan terbesar di Australia yang terletak di Ararat, Victoria. Dibuka pada 1867, pihak berwenang harus menunggu hingga 1998 untuk menutup RSJ ini. Puluhan ribu pasien mendekam di RSJ Aradale, termasuk para kriminal dengan gangguan jiwa!

RSJ ini sering disebut sebagai salah satu tempat paling angker di Australia karena kisah tragis dan jumlah hantu yang menghuninya! Pada 2001, pemerintah Victoria menggelontorkan dana AU$7,4 juta (sekitar Rp81,5 miliar) kepada Melbourne Polytechnic untuk mendirikan institusinya di sana.

8. RSJ Taunton

Berani Kunjungi? Ini 10 RSJ Paling Angker di DuniaRSJ Taunton (abandonedamerica.us)

Didirikan di Taunton, Massachusetts, AS, pada 1854, RSJ Taunton menampung ribuan pasien, termasuk kriminal dengan gangguan jiwa. Salah satu yang paling terkenal adalah Honora "Jolly Jane" Kelley, penjahat perempuan yang membunuh 31 orang. Ambisi Jane adalah membunuh orang "lebih banyak dari penjahat mana pun"!

Pada 1975, RSJ Taunton pun ditutup. Konon, hantu Jolly Jane menghantui RSJ Taunton untuk menyelesaikan tugasnya! Selain itu, terdapat desas-desus adanya sekte penyembah setan di ruang bawah tanah RSJ. Pada awal 2010, pemerintah setempat akhirnya berhasil merobohkan RSJ Taunton hingga rata dengan tanah.

7. RSJ Beechworth

Berani Kunjungi? Ini 10 RSJ Paling Angker di DuniaRSJ Beechworth (explorebeechworth.com.au)

Selain Ararat, di Victoria, berdirilah RSJ Beechworth atau Mayday Hills. Beroperasi pada 1867 - 1995, RSJ ini telah menjadi saksi dari 9.000 kematian pasien yang tetap dirahasiakan.

Konon, ada berbagai jenis hantu yang menghuni RSJ Beechworth, seperti perempuan yang dilemparkan dari jendela karena etnis Yahudinya, hantu bocah kecil bernama James yang menampakkan diri pada pengunjung anak-anak RSJ Beechworth, dan para perawat, pasien, serta dokter yang memiliki latar belakang kelam mereka sendiri.

6. RSJ Athens

Berani Kunjungi? Ini 10 RSJ Paling Angker di DuniaRSJ Athens (wikimedia.org)

Dibuka di Athens, Ohio, AS, pada 1874, RSJ Athens menjadi "rumah" bagi pasien dan kriminal dengan gangguan jiwa. Malah, RSJ Athens menampung para veteran Perang Saudara AS (1861 - 1865).

RSJ ini sempat kehabisan tempat, kekurangan dana, dan lebih parah lagi, menjadi saksi terapi dan pelecehan tak manusiawi. Selain terapi kejut listrik, operasi lobotomi yang tidak manusiawi pun sering terjadi! Di seberang RSJ Athens, terdapat kuburan dengan ribuan pasien RSJ.

Kuburan-kuburan ini tanpa nama, melainkan ditandai dengan angka. Konon, di RSJ dan kuburan ini, terdapat jejak darah dari pasien-pasien yang tidak dapat dibersihkan, meskipun sudah berulang-ulang dicuci. Sekarang, RSJ ini sudah menjadi bagian dari Ohio University dan Kennedy Museum of Art.

Baca Juga: Tragis, 8 Kisah Paling Menyedihkan di Mitologi Yunani

5. RSJ Trans-Allegheny

Berani Kunjungi? Ini 10 RSJ Paling Angker di DuniaRSJ Trans-Allegheny (wikimedia.org)

Berdiri pada 1864, RSJ Trans-Allegheny yang terletak di Weston, Virginia Barat, adalah RSJ terbesar kedua di dunia. Selain itu, RSJ ini adalah bangunan batu terbesar ke-2 di dunia, hanya di bawah Kremlin, Rusia. Terlepas dari ukurannya yang menakjubkan, RSJ Trans-Allegheny ini hanya dapat menampung 240 pasien.

Pada 1950, RSJ ini menampung sepuluh kali dari kapasitasnya, yaitu 2.400 pasien! RSJ Trans-Allegheny akhirnya ditutup pada 1994 setelah terdengar kabar kalau pasien yang tidak dapat dikendalikan malah dikurung. Pada 2007, bangunan ini dibeli dan dijadikan tempat atraksi wisata horor.

Konon, sering terjadi penampakan hantu bernama "Ruth" yang terkenal suka menyerang pengunjung. Selain itu, suka terdengar jeritan dari ruang terapi kejut listrik. Tidak jarang, manajer gedung melihat 40 kamar pasien terbuka dan tertutup bersamaan!

4. RSJ Danvers

Berani Kunjungi? Ini 10 RSJ Paling Angker di DuniaRSJ Danvers pada 1893 (wikimedia.org)

Seperti namanya RSJ Danvers dibangun di Danvers, Massachusetts, AS. Menariknya, Massachusetts adalah tempat yang dulunya bernama Salem, lokasi perburuan penyihir terkenal di penghujung abad ke-17. Fakta menarik, dengan gaya gotiknya, RSJ Danvers adalah inspirasi untuk Arkham Asylum di jagat pahlawan DC, Batman!

RSJ Danvers terkenal karena kisah kelamnya hingga dijuluki "kamp konsentrasi modern". Karena padat, pasien-pasien sering kali ditelantarkan. Selain itu, tempat ini sering mengujikan terapi kejut listrik. Malah, RSJ Danvers adalah tempat lobotomi prefrontal dilakukan secara perdana!

Pada 1992, akhirnya RSJ Danvers ditutup, dan dirobohkan total pada 2006. Namun, sebelum pembongkarannya, RSJ Danvers terkenal karena penampakannya, dari orb hingga suara-suara yang tidak dapat dijelaskan keberadaannya.

3. RSJ Pennhurst

Berani Kunjungi? Ini 10 RSJ Paling Angker di DuniaRSJ Pennhurst (pennhurstasylum.com)

Dibangun di Spring City, Pennsylvania, pada 1908, RSJ Pennhurst pertama kali dimulai sebagai sekolah untuk mereka yang dengan disabilitas mental dan fisik. Namun, seorang mantan pasien RSJ Pennhurst, Terri Lee Halderman, melayangkan gugatan pada 1984 terhadap RSJ tersebut. Poin-poin yang disampaikan Halderman adalah:

  • RSJ Pennhurst melanggar amandemen ke-14 dengan tidak menjaga kebersihan dan sanitasinya.
  • RSJ Pennhurst melanggar amandemen ke-8 dan ke-14 dengan memberikan hukuman tak manusiawi pada anggota institusinya. 

Akhirnya, RSJ Pennhurst terbukti melanggar konstitusi AS dengan merenggut hak konstitusional para pasien untuk perawatan dan pendidikan yang layak. Mereka terbukti merantai pasien ke dinding, mengurung pasien dewasa di kotak anak-anak berhari-hari, dan membunuh pasien yang bermasalah!

Tiga tahun kemudian, RSJ Pennhurst akhirnya ditutup. Namun, beberapa investigasi paranormal dan perburuan hantu telah mengunjungi RSJ Pennhurst. Konon, mereka semua kembali dengan sedikitnya 1 pengalaman mengerikan!

2. RSJ Rolling Hills

Berani Kunjungi? Ini 10 RSJ Paling Angker di DuniaRSJ Rolling Hills (rollinghillsasylum.com)

Kota kecil Bethany Timur di New York terkenal menjadi lokasi RSJ Rolling Hills. RSJ Rolling Hills juga menampung penderita disabilitas mental dan fisik. Tidak ketinggalan, kriminal, tuna wisma, yatim piatu, bahkan janda. Konon, sekitar 2.000 pasien diketahui meninggal. Lebih banyak lagi dikuburkan diam-diam!

Sekarang jadi pusat riset paranormal, RSJ Rolling Hills memiliki Shadow Hallway, lorong paling "gelap" dari lokasi mana pun di dunia! Selain itu, tempat ini juga dihuni oleh hantu bernama Roy Crouse, raksasa setinggi hampir 3 meter. Meskipun tak mengganggu, melihat Roy Crouse saja mungkin membuat lutut gemetar.

1. RSJ Waverly Hills

Berani Kunjungi? Ini 10 RSJ Paling Angker di DuniaRSJ Waverly Hills (wdrb.com)

Seperti Pennhurst, RSJ Waverly Hills di Kentucky dimulai dari sekolah. Dibuka pada 1911, Waverly Hills diubah jadi rumah sakit tuberkulosis yang menampung 40 pasien. Karena epidemi yang disebut "Wabah Putih" tersebut, Waverly Hills sesak hingga menampung lebih dari 400 pasien! Parahnya, perlakuan pada pasiennya amat keji!

Terdapat rumor eksperimen ilegal, dan ada dugaan 20.000 sampai lebih dari 60.000 pasien meninggal dan dikuburkan di dindingnya! RSJ Waverly Hills memiliki "terowongan kematian", terowongan bawah tanah untuk memindahkan mayat pasien tanpa ketahuan!

Sejak ditemukan obat streptomisin, RSJ Waverly Hills tidak beroperasi lagi. Kini, RSJ Waverly Hills dibuka untuk tur berburu hantu. Lokasi terowongan kematian di RSJ ini jadi salah satu "titik dingin" di mana penampakan dan kejadian aneh terus terjadi! Konon, Waverly Hills adalah "tempat mistis paling aktif" di dunia.

Itulah 10 RSJ dunia yang terkenal paling angker! Ternyata, perlakuan jahat dari para petugas RSJ menabur benih dendam yang dibawa hingga mati oleh para "penghuni" RSJ. Untungnya, sekarang perawatan gangguan kejiwaan sudah terjamin. Iya... kan?

Baca Juga: 7 Kutukan Terkejam di Mitologi Yunani, Ubah Manusia Jadi Makhluk Aneh

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya