Comscore Tracker

5 Teori Konspirasi Soal UFO Paling Populer, Bikin Gemetar

Sekadar teori konspirasi atau...

Saat sedang nongki dan ngopi di kafe, pembicaraan bisa berubah liar. Dari sekadar kilas balik waktu SMA hingga politik! Tiba-tiba, pembicaraan tersebut berubah arah menjadi pembahasan teori konspirasi tingkat internasional!

Memang, membicarakan teori konspirasi adalah hal yang mengasyikkan. Kenapa? Tidak ada yang tahu hal tersebut benar atau tidak, sehingga kita yang membicarakannya hanya mampu menduga-duga. Dari pelbagai topik konspirasi yang sering kita bicarakan, salah satu yang paling santer adalah unidentified flying object atau UFO.

Piring terbang yang dikisahkan datang dari luar angkasa ini kerap menjadi topik hangat yang tak lekang oleh waktu. Konon katanya, manusia pernah berinteraksi dengan mereka baik secara fisik atau non-fisik. Malah, ada yang pernah diculik oleh UFO, katanya.

Duduk manis, inilah lima teori konspirasi mengenai alien dan UFO yang paling terkenal sepanjang sejarah.

1. Area 51

5 Teori Konspirasi Soal UFO Paling Populer, Bikin Gemetarenigmablogger

Jika membicarakan alien dan UFO, tidak lengkap jika tidak melibatkan tempat ini. Ya, Area 51 adalah tempat yang amat sering dikaitkan dengan UFO. Area 51 adalah sebuah fasilitas rahasia yang terletak di Nevada Test and Training Range, salah satu markas militer Nellis Air Force Base Complex.

Sempat digambarkan dalam film "Transformers" (2007) karya Michael Bay sebagai "Sector 7", pemerintah AS secara resmi menyatakan bahwa Area 51 adalah situs uji coba pesawat tempur untuk angkatan udara AS.

Namun, para pencetus teori konspirasi tentu saja tidak percaya begitu saja. Bahkan, beberapa menganggap kalau pemerintah AS melakukan percobaan-percobaan keji terhadap alien di Area 51 demi memajukan teknologi militer.

Baca Juga: Hari UFO Sedunia, Ini 7 Teori Fenomena Penampakan Objek Asing Tersebut

5 Teori Konspirasi Soal UFO Paling Populer, Bikin GemetarTwitter

Teori-teori konspirasi menyatakan bahwa Area 51 adalah lokasi (yang sudah tidak) rahasia di mana pemerintah melakukan berbagai eksperimen terhadap UFO dan alien. Lebih mencurigakan lagi, jika kamu mencari lokasi Area 51 di peta atau di laman web pemerintah AS, hasilnya nihil.

Berbagai teori konspirasi mengenai Area 51 mencakup mulai dari penelitian pada bangkai UFO yang ditemukan di padang rumput Roswell, New Mexico, pada 1947 hingga pendaratan Neil Armstrong dan kawan-kawan yang konon katanya bukan di Bulan, melainkan di Area 51.

Dokumen mengenai sejarah dan tujuan berdirinya Area 51 akhirnya dideklasifikasikan oleh CIA pada 2013. Namun, operasi yang dijalankan oleh Area 51 tetap menjadi rahasia negara.

Ingat insiden tahun lalu? Pada 2019, media sosial Facebook sempat ramai dengan ajakan orang-orang untuk menyerbu Area 51. Hasilnya, lima orang ditangkap di lokasi. Jangan sekali-kali berpikir untuk mendatangi Area 51. Penjaga Area 51 tidak ragu untuk menahan atau menembak mati siapapun yang mencoba menyusup tanpa izin atau keperluan resmi.

2. Insiden Roswell

5 Teori Konspirasi Soal UFO Paling Populer, Bikin Gemetarsmithsonianmag.com

Sebelumnya, dikatakan bahwa pemerintah AS mempelajari piring terbang yang ditemukan pada 1947 di Roswell, New Mexico. Insiden Roswell menjadi salah satu cikal bakal teori-teori konspirasi UFO di AS hingga saat ini.

Pada tanggal 4 Juli 1947, William "Mac" Brazel pergi ke padang rumput miliknya di Roswell, New Mexico, dan menemukan beberapa benda asing seperti tongkat logam, kertas perak reflektor, dan strip karet.

Karena tidak tahu benda asing tersebut, Brazel memanggil sheriff lokal yang kemudian memanggil Angkatan Udara Militer Roswell (RAAF). Potongan-potongan itu segera dibawa dengan truk lapis baja. Beberapa hari kemudian, harian Roswell Daily Records menerbitkan sebuah artikel berjudul "RAAF Menangkap Piring Terbang di Sebuah Peternakan di Wilayah Roswell".

5 Teori Konspirasi Soal UFO Paling Populer, Bikin Gemetarlibraries.uta.edu

Hal tersebut memicu teori konspirasi yang akan berlangsung beberapa dekade. Banyak yang percaya bahwa benda-benda asing yang ditemukan di Roswell adalah bukti keberadaan alien, meskipun pemerintah setempat dan AS mengatakan itu berasal dari balon cuaca yang rusak.

Perlu waktu hingga 43 tahun hingga akhirnya terkuak kebenaran Roswell. Pada 1990an, pemerintah AS akhirnya mengaku bahwa reruntuhan Roswell adalah balon udara dari Projek Mogul, projek rahasia pemerintah dan angkatan udara AS dari 1947 hingga 1949 untuk "menguping" rencana bom atom Uni Soviet.

Namun, hingga saat ini, banyak orang yang masih mempertanyakan kebenaran di balik insiden Roswell yang dikira cara pemerintah untuk menutupi interaksi negara dengan makhluk ekstraterestrial.

Baca Juga: Ini 7 Teori Mencengangkan soal UFO yang Diperdebatkan oleh Para Ahli

3. Satelit Black Knight

5 Teori Konspirasi Soal UFO Paling Populer, Bikin Gemetarno.pinterest.com

Teori konspirasi satelit "Black Knight" muncul lebih dari 10 dekade lalu, tepatnya pada 1899. Saat itu, ilmuwan kondang berdarah Serbia asal AS, Nikola Tesla, menangkap sinyal ekstraterestrial asing. Ilmuwan yang akrab dengan burung merpati tersebut kemudian mengatakan bahwa sinyal tersebut berasal dari planet lain! Tentu saja, ia dianggap gila.

Namun, pada 1998, beberapa jepretan gambar dari misi STS-88, misi luar angkasa pertama ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) menunjukkan sebuah "satelit" mini yang mengitari Bumi. Karena itu, misteri satelit Black Knight kembali mencuat.

Jika apa yang dikatakan Tesla benar adanya, satelit Black Knight sudah mengitari Bumi 13.000 tahun lamanya! Akan tetapi, kebenaran sinyal ekstraterestrial yang dikatakan Tesla sebenarnya mengundang kontroversi.

5 Teori Konspirasi Soal UFO Paling Populer, Bikin Gemetarnasa.gov

Dilansir dari laman web Space, sejarah sinyal ekstraterestrial tertangkap secara perdana terjadi pada 1930an. Seorang ilmuwan di NASA Jet Propulsion Laboratory, Varoujan Gorjian, menjelaskan bahwa teknologi menangkap sinyal pulsar baru ditemukan pada 1960an.

Oleh karena itu, Gorjian mengatakan bahwa sinyal yang ditangkap Tesla kemungkinan besar berasal dari Bumi, bukan dari luar angkasa.

Lebih jauh lagi, ternyata ilmuwan NASA mengakui kalau foto yang beredar pada 1998 tersebut diambil saat ISS tengah dibangun. Pada saat itu, terjadi kesalahan sehingga beberapa peralatan dan bahan terbang ke luar angkasa dan tidak dapat diambil lagi. Hasilnya? Foto itu.

Konyolnya, objek asing yang diberi kode 025570 oleh NASA tersebut hanyalah sebuah "layar" yang setelah beberapa hari tertangkap kamera terbakar saat memasuki orbit Bumi. Namun, karena sudah keburu beredar luas, masyarakat tetap kekeh bahwa Black Knight adalah benda ekstraterestrial.

4. 3 ribu penampakan UFO di Virginia

5 Teori Konspirasi Soal UFO Paling Populer, Bikin Gemetarindiegogo.com

Pada 1987, sheriff Wythe County, Virginia, Wayne Pike, dan empat deputinya mengaku melihat cahaya aneh melintasi langit Wytheville. Sejak saat itu, berita mengenai penampakan UFO membanjiri Wytheville.

Menurut situs Bristol Herald Courier, News Director di stasiun radio WYVE saat itu, Danny Gordon, menceritakan bagaimana ia menerima sedikitnya 3 ribu laporan mengenai penampakan UFO di langit Wytheville. Ia sendiri pun menyaksikan cahaya aneh yang melintasi langit tersebut.

Saking banyaknya, berita mengenai warga Wytheville yang sering disambangi UFO tersebut menarik perhatian media dari seluruh AS. Mereka berbondong-bondong datang ke Virginia untuk mewawancarai para saksi mata.

Pertanyaannya, apakah benar yang mereka lihat itu UFO? Atau hanya histeria massa semata?

5 Teori Konspirasi Soal UFO Paling Populer, Bikin GemetarGoogle

Dalam bukunya bersama Gordon, "Don't Look Up: The Real Story Behind the Virginia UFO Sightings", mantan reporter untuk harian Roanoke Times sekaligus warga Wytheville, Paul Dellinger, meragukan hal tersebut.

Begitu Pike menceritakan penampakan UFO tersebut, semua orang tiba-tiba "melihat penampakan". Kebanyakan reporter yang datang ke Wytheville kembali dengan tangan hampa.

"Cerita yang mereka dapat kurang 'sensasional'," kelakar Dellinger, dilansir oleh Bristol Herald Courier.

Sama seperti Gordon, Dellinger sendiri juga melihat cahaya di langit tersebut dengan kedua matanya. Namun, ia saja ragu kalau itu adalah UFO betulan. Mulai dari balon udara hingga uji coba pesawat rahasia pemerintah AS, tidak ada satu pun kesimpulan yang masuk akal.

5. Pembunuhan JFK: Taktik CIA memadamkan rasa penasaran sang presiden

5 Teori Konspirasi Soal UFO Paling Populer, Bikin Gemetarcnn.com

Pembunuhan presiden AS ke-35, John F. Kennedy (JFK), pada 1963 memicu kontroversi di seluruh dunia. Tambahkan dengan teori kontroversi mengenai UFO? Makin hot!

Dilansir oleh LiveScience, saat tengah menulis buku soal JFK, "A Celebration of Freedom: JFK and the New Frontier" pada 2010, William Lester mendapatkan sebuah memo yang konon ditulis oleh sang almarhum presiden pada 12 November 1963, 10 hari sebelum ia dibunuh oleh Lee Harvey Oswald di Dallas, Texas.

Memo tersebut didekasifikasikan oleh CIA pada 2006 atau 2007 sehingga tersedia untuk bacaan publik. Dalam memonya tersebut, JFK meminta direktur CIA saat itu, John A. McCone, untuk memberitahukan seluruh informasi rahasia mengenai UFO dan alien kepadanya dan NASA hingga Februari 1964.

Lester juga mengatakan bahwa CIA pernah membakar sebuah memo yang memerintahkan pembunuhan JFK karena sudah mencurigai aktivitas CIA dan penelitian UFO. Hal tersebut ia katakan berdasarkan sebuah bocoran dari mantan anggota CIA sejak 1960 hingga 1974.

Dalam bukunya, Lester mengungkap kemungkinan bahwa CIA takut JFK akan membocorkan hal-hal mengenai UFO kepada publik Amerika untuk membuktikan kredibilitasnya sebagai seorang presiden. Apakah betul JFK dibunuh oleh CIA karena terlalu kepo dengan UFO?

5 Teori Konspirasi Soal UFO Paling Populer, Bikin Gemetarexpress.co.uk

Seorang teknisi anonim di JFK Library, Boston, meragukan keaslian dari memo tulisan JFK tersebut. Pasalnya, ia tidak dapat menemukan salinan memo tersebut di Arsip Kepresidenan. Ia kemudian mengkritik format kertas memo kepresidenan tersebut yang terlihat palsu.

Memang, selain Perang Dingin antara AS dan Uni Soviet, topik UFO dan luar angkasa adalah topik panas pada 1960an. Baik publik awam hingga badan intelijen negara, semuanya ingin mengetahui soal UFO dan rahasia luar angkasa.

Entah mana yang asli atau palsu, Lester mengatakan bahwa ada tiga alasan masuk akal mengapa JFK ingin tahu soal UFO:

  • Agar menyelesaikan kesalahpahaman dengan Uni Soviet,
  • JFK tertarik dengan perjalanan luar angkasa, meskipun NASA yang saat itu masih baru (NASA berdiri pada 1958), dan
  • Kekhawatiran akan invasi UFO semenjak banyak penampakan yang dilaporkan.

Jadi, apakah benar JFK dibunuh hanya karena UFO? Dunia masih bertanya-tanya motifnya.

Itulah lima teori konspirasi kondang dunia mengenai UFO. Hingga saat ini, dunia masih skeptis terhadap UFO, piring terbang, dan berbagai fenomena makhluk luar angkasa lainnya. Mengutip kata-kata Arthur C. Clarke,

"Terdapat dua kemungkinan: entah kita sendirian di alam semesta ini atau kita tidak sendiri. Dua-duanya sama-sama menakutkan."

Baca Juga: Sulit Dipercaya, Ini 7 Fenomena yang Sering Dikaitkan dengan Alien

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya