Comscore Tracker

4 Perbedaan Mencolok Kucing Russian Blue dan British Shorthair

Serupa tetapi tidak sama, lho! Sering salah...

Sama-sama berwarna khas biru keabu-abuan, kucing ras Russian Blue dan British Shorthair adalah dua ras kucing yang menjadi favorit kebanyakan orang. Pencinta kucing pastinya tahu kedua ras ini.

Akan tetapi, bagi orang awam, kucing Russian Blue dan British Shorthair terlihat... sama saja. "Mereka sama-sama mengeong, kan?" pikir mereka. Kenyataannya, dua ras kucing ini ternyata memiliki perbedaan selain namanya dan harganya yang fantastis.

Kalau kamu belum tahu, inilah lima perbedaan mencolok antara kucing Russian Blue dan British Shorthair. Jangan sampai salah lagi, ya!

1. Penampilan

4 Perbedaan Mencolok Kucing Russian Blue dan British Shorthairpixabay.com/Marianna_OLE

Dari segi penampilan, kamu pun sebenarnya dapat membedakan kedua ras kucing ini.

Dilansir dari laman web Beauty Tracks Cattery, British Shorthair memiliki tubuh yang jauh lebih berotot dan berisi daripada Russian Blue yang lebih langsing. Ekor British Shorthair juga lebih tebal dan berujung tumpul dibandingkan dengan Russian Blue.

Wajah British Shorthair juga lebih bulat dengan pipi yang lebih tembam, dibandingkan dengan wajah Russian Blue yang sedikit tirus.

Nah, bicara soal wajah, kalau kamu melihat matanya, kamu dapat langsung ngeh bedanya. Jika mata British Shorthair memiliki warna kuning, mata Russian Blue memiliki warna hijau. British Shorthair kecil memiliki warna mata biru yang akan lambat laun berubah warna menjadi kuning.

Kedua, dari segi bulu, Russian Blue memiliki bulu yang lebih kasar yang lebih padat, sedangkan Russian Blue memiliki bulu yang tebal tetapi empuk nan halus. Lagipula, British Shorthair tidak hanya memiliki varian warna biru saja, ada yang putih, krem, dan cokelat. Hanya warna biru keabu-abuan lah yang sering bentrok dengan Russian Blue.

2. Sifat

4 Perbedaan Mencolok Kucing Russian Blue dan British Shorthairpixabay.com/VincentMacbeth

Selain penampilan, British Shorthair dan Russian Blue memiliki sifat lagi-lagi serupa tetapi tidak sama. Meskipun dua-duanya sama-sama pendiam, Russian Blue jauh lebih santai dibandingkan dengan British Shorthair.

Dilansir dari laman My British Shorthair, British Shorthair lebih manja namun mandiri jika dibandingkan dengan Russian Blue. Meskipun ditinggal sendiri, British Shorthair tidak akan membiarkan dirinya terlantar. Mereka memiliki caranya sendiri untuk bermanja-manja denganmu

Di sisi lain, kucing Russian Blue dikatakan lebih santai jika dibandingkan dengan British Shorthair. Kedua kucing ini memang suka bermain-main, akan tetapi Russian Blue tidak seaktif British Shorthair. Namun, Russian Blue dikatakan suka sekali memanjat. Dibandingkan dengan British ShorthairRussian Blue lebih pendiam (tidak banyak mengeong).

Baca Juga: Tahu Gak Sih? 17 Ras Kucing Rumahan Ini Ternyata Langka Banget

3. Angka harapan hidup dan kesehatan

4 Perbedaan Mencolok Kucing Russian Blue dan British Shorthairunsplash.com/Max Böttinger

Dalam hal angka harapan hidup, umur British Shorthair sama panjangnya dengan Russian Blue yaitu satu hingga dua dekade. Akan tetapi, beberapa hal penting perlu dicatat.

Kucing ras British Shorthair lebih rentan terhadap penyakit turunan kucing seperti hemofilia B dan Hypertrophic cardiomyopathy (HCM). Hemofilia B (sama seperti manusia) adalah penyakit turunan pada kucing yang menyebabkan darah tidak dapat membeku jika terluka, sedangkan HCM adalah pembengkakan jantung pada kucing.

Russian Blue tidak perlu mengkhawatirkan penyakit turunan. Hanya saja, sebagai majikannya, kamu perlu menjaganya dari penyakit umum yang biasa menyerang kucing peliharaan pada umumnya.

Sayangnya, kedua ras ini memiliki satu masalah yang sama: obesitas. Jika dibiarkan, bisa berbahaya, lho! Pastikan kucingmu, entah Russian Blue atau British Shorthair, berolahraga rutin dan menjaga berat badannya.

4. Ukuran tubuh

4 Perbedaan Mencolok Kucing Russian Blue dan British Shorthairinspirationfeed.com

Seperti yang dikatakan pada poin pertama, British Shorthair memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih berisi dibandingkan Russian Blue.

British Shorthair membutuhkan waktu tiga hingga lima tahun untuk benar-benar dewasa secara sempurna, dan tubuh mereka akan terlihat chonk. Saat sudah benar-benar dewasa, British Shorthair jantan akan memiliki berat dari 6 hingga 9 kilogram, sedangkan betina dengan 4 hingga 6 kilogram.

Russian Blue lebih langsing dan terlihat atletis. Oleh karena itu, Russian Blue kerap dijuluki "Kucing Doberman" dikarenakan tubuhnya yang mirip dengan rekannya dari keluarga K-9. Panjang Russian Blue dapat mencapai 70 sentimeter! Jika sudah dewasa, Russian Blue jantan memiliki berat 4,5 hingga 6 kilogram, sedangkan betina memiliki berat 3,5 hingga 4,5 kilogram.

Jadi, sudah bisa lihat kan, mana yang lebih chonk?

5. Reaksi terhadap orang atau makhluk lain

4 Perbedaan Mencolok Kucing Russian Blue dan British Shorthairbritishshorthair.ca

Aspek pembeda yang penting terakhir antara Russian Blue dan British Shorthair adalah reaksinya terhadap sekitarnya. Jika kamu penyuka hewan, maka kemungkinan besar kamu akan mengadopsi hewan lain. Oleh karena itu, penting bagimu untuk tahu yang mana yang ramah, dan yang mana yang tidak!

Jawabannya, British Shorthair jauh lebih ramah untuk anak-anak dan hewan lain yang ada di satu tempat dengannya. Jika merasa tertekan dengan suasana, British Shorthair akan memilih untuk menyingkir dari situasi, bukan malah menjadi defensif. Jika kamu memiliki hewan peliharaan lain, latih dia agar tidak terlalu dekat dengan sang kucing, atau ia akan merasa stres.

Akan tetapi, British Shorthair cepat akrab dengan anak-anak! Jadi, jangan takut untuk membiarkan si kecil bermain dengan si manis. Namun, perlu dicatat! Saat bermain, awasi bayi atau balita agar tidak menyakiti British Shorthair, sehingga tidak ada trauma.

Russian Blue tidak sesabar British Shorthair. Namun, mereka memiliki cara yang sama jika tertekan: kabur ke zona nyaman. Berbeda dengan keramahan British ShorthairRussian Blue lebih "ramai" dan suka bermain. Pastikan saja anak-anak atau hewan lainnya tidak membuatnya merasa tertekan, atau ia akan kabur lagi.

Itulah aspek yang membedakan antara kucing British Shorthair dengan Russian Blue. Tentunya, di saat-saat awal kamu bersama dengan mereka, akan canggung, ya. Perlu membiasakan diri dengan mereka.

Namun, jika kamu sudah biasa, baik British Shorthair dan Russian Blue sama-sama membuatmu nyaman di rumah. Enaknya pilih yang mana, ya? Dua-duanya saja!

Baca Juga: 10 Hewan yang Keberadaannya Merusak Bumi, dari Gajah hingga Kucing

Alfonsus Adi Putra Photo Writer Alfonsus Adi Putra

English linguist with a passion for journalism and news-writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya