Comscore Tracker

Sebenarnya Siapa Sih Si Emmy di Emmy Awards? 

 Emmy siapa dah?

Buat kalian yang suka banget nonton acara Awards di TV, pernah gak sih terlintas di pikiran, siapa sih Emmy? Ok, kayaknya bukan siapa, tapi apa?

Gak kayak penghargaan untuk teater (Tony Award) dan Film (Oscar), dilansir dari Refinery29, Emmy bukan nama panggilan lucu-lucuan, melainkan ada hubungannya dengan perkembangan teknologi pada saat itu.

Yuk, cari tahu asal-usulnya!

1. Berawal di tahun 1948

Sebenarnya Siapa Sih Si Emmy di Emmy Awards? Emmys/history

Ketua National Academy of Television Arts and Sciences yang baru didirikan, Charles Brown, membentuk panitia untuk memilih peraih prestasi terbaik dalam dunia televisi tahun itu. Ia juga meminta saran nama serta simbol penghargaan yang akan diberikan.

Jadi, Emmy bukan organisasi yang memberikan penghargaan. Nama organisasinya adalah National Academy of Television Arts and Sciences.

2. Namanya terinspirasi dari perkembangan teknologi pada saat itu

Sebenarnya Siapa Sih Si Emmy di Emmy Awards? https://www.latimes.com/entertainment/movies/la-et-st-emmy-70-history-20180917-story.html

Ya, sejak awal, nama-nama yang paling banyak diusulkan itu berbau teknologi. Iconoscope (ikonoskop) awalnya paling disukai, tapi mereka para panitia takut nama itu malah disingkat Ike. Tilly (plesetan untuk TV) juga diusulkan, tapi gak disepakati.

Baca Juga: Penghargaan Emmy 2019, Game of Thrones Raup 12 Piala 

3. Emmy adalah nama pelesetan

Sebenarnya Siapa Sih Si Emmy di Emmy Awards? Emmys/gallery

Jadi, Emmy itu bukan nama orang, tapi pelesetan untuk Image Orthicon Table (pada era itu, ini salah satu teknologi paling canggih). Harry Lubcke lah yang memberikan nama itu, seorang insinyur pelopor televisi dan menjadi ketua akademi pada 1949-1950.

4. Dibalik bentuk piagam Emmy

Sebenarnya Siapa Sih Si Emmy di Emmy Awards? Emmys/gallery

Piagam Emmy digambarkan perempuan seorang wanita dengan sayap memegang atom di atas kepalanya, terinspirasi dari istri yang mendesainnya, Louis McManus. Ia menerima keanggotaan seumur hidup (gold lifetime membership).

5. Kapan tayangnya?

Sebenarnya Siapa Sih Si Emmy di Emmy Awards? Emmys/galery

Sebenarnya, tanggal resmi untuk Emmy 2020 belum diumumkan, tetapi kabarnya bakal berlangsung pada hari Minggu, 13 September 2020, atau Minggu, 20 September 2020.

Gimana? Udah gak sabar nungguin Emmy 2020? Semua informasi tentang Emmy Awards bisa kalian akses di emmys.com, mulai dari beberapa nominasi, backstage looks, red carpet, hingga video-video workshop mereka!

Baca Juga: Begini 11 Penampilan Cetar Para Selebriti Hollywood di Emmy Awards

Alvita Wibowo Photo Verified Writer Alvita Wibowo

@alvitawibowo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya