11 Ilmuwan yang Melampaui Ilmu Pengetahuan pada Zamannya

Mereka berjuang agar teori dan temuannya diakui

Sejarah penelitian ilmiah dipenuhi oleh orang-orang pintar. Setiap kali orang pintar menemukan sesuatu yang baru atau menyempurnakan pemahaman kita tentang beberapa aspek alam semesta, hal itu tentunya menambah pemahaman kita tentang cara kerja segala sesuatunya.

Biasanya, ilmuwan mengamati sesuatu, mengumpulkan datanya, menyajikan temuannya, dan komunitas ilmiah lainnya memutuskan apakah itu sah atau tidak, lalu menambahkannya ke ilmu pengetahuan kita.

Namun, ada beberapa ilmuwan memerhatikan hal-hal yang tidak diperhatikan orang lain, dan dunia menganggapnya gila, atau yang paling buruk, dijebloskan ke penjara. Jika hal itu terjadi, dibutuhkan waktu bertahun-tahun atau bahkan berabad-abad sebelum temuan mereka diterima dan reputasi mereka dipulihkan. Berikut, inilah para ilmuwan yang lebih maju pada zamannya.

1. Gregor Mendel, bapak genetika modern

11 Ilmuwan yang Melampaui Ilmu Pengetahuan pada ZamannyaGregor Mendel dalam catatan biografi 'Principles of Heredity' oleh William Bateson, Cambridge 1909 (wellcomecollection.org)

Semua orang hari ini menerima gagasan bahwa ada gen di setiap diri manusia yang menentukan banyak hal tentang keberadaan kita, mulai dari penampilan fisik hingga kemampuan seseorang. Oleh sebab itu, kita sepatutnya berterima kasih kepada Gregor Mendel.

Sebagaimana dilansir Nature, Gregor Mendel lahir di tempat yang sekarang disebut Republik Ceko pada tahun 1822. Ia terlahir dari keluarga miskin, dan untuk mendapatkan pendidikan dia harus menjadi seorang biarawan. Waktunya dihabiskan untuk membiakkan tanaman kacang polong. Dari sinilah ia mengamati dan menemukan prinsip pewarisan genetik, dan bahkan menciptakan istilah 'dominan' dan 'resesif' yang mengacu pada sifat genetik.

Seperti yang dicatat sejarawan Robin Marantz Henig, beberapa rekannya mencoba meniru eksperimennya, sayangnya, mereka menggunakan tanaman hawkweed—yang kebetulan bereproduksi secara aseksual, yang berarti tidak ada sifat genetik yang disilangkan dari tanaman lain. Namun, tidak ada yang tahu saat itu, jadi semua orang menganggap bahwa temuan Mendel salah dan tidak diakui.

2. Ignaz Semmelweis, penggagas cuci tangan dengan benar

11 Ilmuwan yang Melampaui Ilmu Pengetahuan pada ZamannyaIgnaz Philipp Semmelweis (1818-1865) adalah seorang dokter Hungaria yang sekarang dikenal sebagai pelopor awal prosedur cuci tangan antiseptik. (fineartamerica.com/Science Source)

Hari ini, mencuci tangan tak terlepas dari kegiatan kita. Tetapi, siapa sangka, pada pertengahan 1800-an sebagian besar profesional medis bahkan tidak mencuci tangan dengan benar saat melakukan operasi atau autopsi. Wah, bisa begitu, ya?

Seperti yang dikatakan PBS NewsHour, Ignaz Semmelweis adalah dokter yang bekerja di Rumah Sakit Umum Wina, Semmelweis memerhatikan bahwa perempuan memiliki tingkat infeksi yang lebih tinggi setelah melahirkan di rumah sakit dibandingkan dengan di bidan, dan ia tahu penyebabnya, itu karena ahli bedah bekerja sambil menangani mayat saat membantu proses persalinan.

Semmelweis akhirnya meminta para perawat dan dokter lain untuk mencuci tangan dengan klorin sebelum menangani proses persalinan. Siapa sangka, angka kematian turun dari hampir 19 persen menjadi kurang dari 2 persen. Tapi banyak yang tidak percaya kepadanya. Setelah bertahun-tahun berusaha agar temuannya dianggap serius, ia mengalami gangguan pada tahun 1865 dan meninggal di rumah sakit jiwa—dari luka infeksi yang dideritanya saat operasi.

3. Ludwig Boltzmann, pelopor teori atom

11 Ilmuwan yang Melampaui Ilmu Pengetahuan pada ZamannyaLudwig Eduard Boltzmann (commons.wikimedia.org/Universität Wien)

Ludwig Boltzmann menerbitkan beberapa makalah pada tahun 1870-an yang berteori bahwa kualitas materi yang dapat diamati—suhu, tekanan, dan lain sebagainya—ditentukan oleh hubungan statistik antara atom, ia mencoba untuk membuktikan bahwa panas adalah produk dari gerakan atom. Seperti dilansir BBC Earth, rekan-rekannya di komunitas ilmiah tidak menerima teorinya. Hari ini, teorinya adalah dasar dari fisika modern.

Sayangnya, sejarawan Carlo Cercignani mengungkapkan bahwa Boltzmann, yang mungkin menderita manik depresi, putus asa karena teorinya tidak diterima. Dia bunuh diri pada tahun 1906 hanya beberapa tahun sebelum teorinya dibenarkan oleh komunitas ilmiah.

4. Ada Lovelace, programmer pertama

11 Ilmuwan yang Melampaui Ilmu Pengetahuan pada Zamannyapotret Ada Lovelace oleh Margaret Sarah Carpenter (commons.wikimedia.org/UK Government Art Collection)

Ada Lovelace adalah putri Lord Byron, penyair yang produktif dan legendaris. Seperti dicatat oleh The Computer History Museum, ibunya, Annabella Milbanke, adalah ahli matematika, dan menuntun putrinya menerima pendidikan yang sama—sangat luar biasa untuk seorang perempuan dengan posisinya itu di awal 1800-an.

Pada masa remaja, Lovelace bertemu Charles Babbage, seorang ilmuwan dan penemu terkenal, dan dia menunjukkan mesin diferensial (Difference engine), yang mampu melakukan perhitungan secara otomatis. Lovelace terpikat, dan keduanya membuat korespondensi. Babbage mulai mengerjakan apa yang dianggap sebagai komputer kerja paling awal, yang dikenal sebagai The Analytical Engine. The New Yorker melaporkan bahwa ia meminta Lovelace untuk menerjemahkan makalah yang ditulis tentang alat tersebut. Lovelace menambahkan ide-idenya sendiri— menjelaskan bagaimana komputer akan bekerja, dan bahkan membuat sketsa program tertulis paling awal.

Hari ini, karya Lovelace diakui sebagai kontribusi awal yang paling penting bagi ilmu komputer dalam sejarah. Saat itu pekerjaannya diabaikan karena masalah gender. Baru pada akhir abad ke-20, bidang itu mulai mengenali kejeniusannya.

5. Galileo Galilei, keberaniannya dalam meyakini Heliosentrisme

11 Ilmuwan yang Melampaui Ilmu Pengetahuan pada Zamannyalukisan Galileo Galilei oleh pelukis Italia di abad ke-18 (wellcomecollection.org)

Galileo Galilei adalah salah satu ilmuwan paling terkenal dalam sejarah. Seperti yang dicatat History.com, dia dianggap sebagai bapak sains modern. Akan tetapi, ia pernah diejek dan dilecehkan karena teorinya bahwa Bumi bukanlah pusat alam semesta yang dapat diamati, tetapi Matahari adalah pusatnya. Heliosentrisme bukanlah hal baru di abad ke-17, tetapi otoritas agama tidak menyukai implikasinya.

Smithsonian Magazine menjelaskan bahwa sebelum menerbitkan buku "Dialogue Concerning the Two Chief World Systems," Galileo Galilei membuat argumen bahwa Bumi berputar mengelilingi Matahari dan bukan sebaliknya. Namun, dia diejek, ditangkap (dua kali), dipenjara, dan akhirnya dipaksa untuk menarik kembali teorinya. Dia menghabiskan dekade terakhir hidupnya di bawah tahanan rumah. Hari ini dia justru dipuji sebagai seorang jenius yang heroik.

6. Alfred Wegener, penemu pergeseran benua

11 Ilmuwan yang Melampaui Ilmu Pengetahuan pada ZamannyaAlfred Wegener (commons.wikimedia.org/Bildindex der Kunst und Architektur)

Kamu mungkin akrab dengan konsep Pangaea, sebuah superbenua teoretis yang mungkin telah ada jutaan tahun yang lalu sebelum terpecah menjadi tujuh benua yang kita kenal sekarang—Eropa, Asia, Amerika Utara dan Selatan, Antartika, Afrika, dan Australia. Hal ini pertama kali diusulkan oleh Alfred Wegener.

Alfred Wegener memerhatikan bahwa garis pantai Amerika Selatan dan Afrika mirip seperti potongan puzzle yang dulunya cocok satu sama lain. Encyclopedia Britannica mencatat bahwa dia bukanlah orang pertama yang menyadari hal ini, dia juga bukan ilmuwan pertama yang menyatakan bahwa 'benua' mungkin pernah ada. Tetapi teori-teori sebelumnya tentang superkontinen mengandalkan gagasan penurunan—bahwa sebagian besar daratan Pangaea telah tenggelam, meninggalkan tujuh benua di zaman modern. Wegener adalah orang pertama yang menyatakan bahwa benua tersebut telah terpisah, dan mengusulkan teori lempeng tektonik di seluruh dunia.

Teori Wegener awalnya disebut mengada-ngada. Wegener akhirnya memperbaiki teorinya dan melawan argumen hingga kematiannya pada tahun 1930 di usia 50 tahun. Butuh tiga dekade sebelum lempeng tektonik diterima oleh komunitas ilmiah.