Comscore Tracker

Studi Terbaru, Kepribadian Seseorang Dibedakan Menjadi 4 Jenis

Gak ada tuh introvert-ekstrovert hehe

Tipe kepribadian memiliki arti yang penting bagi setiap individu untuk mengetahui lebih mendalam siapa diri kita sesungguhnya. Manusia adalah makhluk yang kompleks.

Faktanya, analisis tipe kepribadian sudah memiliki dasar ilmunya tersendiri. Ilmuwan yang mempelajari tentang kepribadian percaya bahwa hal tersebut adalah fenomena yang selalu berubah, di mana setiap orang selalu mengalami perubahan sifat sampai mereka tua. Namun, sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa ada empat jenis umum kepribadian.

Para peneliti di Northwestern University menemukan ada empat tipe berbeda dari data yang dikumpulkan melalui kuis online yang diikuti oleh orang-orang yang tersebar di seluruh dunia.

Data yang diterima kemudian diterapkan pada apa yang dikenal sebagai Big Five basic personality traits, yang dianggap banyak psikolog kepribadian kontemporer untuk mewakili "basic dimensions of personality."

Ciri-ciri dari Big Five basic personality traits meliputi: kesesuaian, keterbukaan, kesadaran, neurotisisme, dan ekstraversi.

Setelah penelitian ini diselesaikan, ditemukanlah empat jenis kepribadian utama. Jadi apa saja ya keempat tipe kepribadian ini? Dan kamu masuk ke golongan yang mana?

1. Average (Setera)

Studi Terbaru, Kepribadian Seseorang Dibedakan Menjadi 4 Jenisunsplash.com/Phil Coffman

Yang satu ini merupakan kategori yang paling umum. Dan mengapa disebut rata-rata? Dalam karakter Big Five, orang-orang yang masuk dalam tipe ini memiliki skor tinggi dalam extraversion dan neuroticism dan cenderung rendah dalam keterbukaan. Artinya, orang dengan kepribadian ini termasuk tertutup. Studi ini juga menemukan bahwa perempuan lebih mungkin memiliki tipe ini daripada laki-laki.

2. Self-Centered (Berpusat pada diri sendiri)

Studi Terbaru, Kepribadian Seseorang Dibedakan Menjadi 4 Jenisunsplash.com/Giulia Bertelli

Tipe kepribadian ini memiliki skor tertinggi dalam extraversion, tetapi memiliki kelemahan dalam kesadaran, keterbukaan, dan keramahan. Menurut penelitian, sebagian besar remaja cowok termasuk dalam tipe ini.

Kabar baiknya adalah kepribadian ini bersifat sementara, karena studi yang ditemukan mengungkapkan kalau jumlah orang yang memiliki kepribadian ini semakin berkurang seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: 7 Gejala Gangguan Kecemasan yang Sering Dianggap Bentuk Kepribadian

3. Reserved (Pendiam)

Studi Terbaru, Kepribadian Seseorang Dibedakan Menjadi 4 Jenisunsplash.com/Angelo Pantazis

Kepribadian ini merupakan yang paling stabil secara emosional. Orang yang memiliki kepribadian ini gak terlalu neurotik atau terbuka, tetapi mereka sangat rendah pada sifat extraversion. Mereka juga biasanya orang yang teliti dan menyenangkan.

4. Role Models (Panutan)

Studi Terbaru, Kepribadian Seseorang Dibedakan Menjadi 4 Jenisunsplash.com/Brooke Cagle

Tipe kepribadian yang keempat ini mengerti mengapa mereka disebut panutan. Sebagai pemilik keutamaan dari karakteristik Big Five, terkecuali neurotisme, kepribadian ini merupakan jenis kepribadian yang paling didambakan. Mereka juga memiliki probabilitas yang semakin tinggi seiring bertambahnya usia.

Mereka yang termasuk dalam kepribadian ini berpotensi menjadi pemimpin yang andal dan selalu memiliki ide-ide segar. Kekuatan dari kepribadian ini biasanya dimiliki kebanyakan wanita ketimbang pria.

Meskipun empat tipe utama kepribadian ditemukan dalam penelitian ini, namun salah satu penulis makalah, William Revelle menekankan bahwa keempat tipe kepribadian ini gak berlaku untuk semua orang.

Kamu sudah coba tes kepribadian versi Big Five belum? Apa nih hasilnya?

Baca Juga: 8 Kepribadian Ekstrovert MBTI ini Sangat Akurat Loh! Kamu yang Mana?

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You