11 Lubang Terdalam di Dunia, Bikin Ngeri!

Ada yang dibuat manusia, ada pula yang terbentuk alami

Tahukah kamu? Semakin dalam manusia menggali lubang di bawah tanah, setiap kilometernya, kerak Bumi akan menghasilkan tekanan yang besar dan suhu yang ekstrem? Namun, terlepas dari tantangan-tantangan ini, manusia nyatanya mampu membuat lubang terdalam dalam sejarah. Walau begitu, manusia bukan satu-satunya yang mampu menciptakan lubang yang dalam.

Bumi sendiri mempunyai kemampuan luar biasa dalam menciptakan berbagai macam lubang, baik di daratan maupun di lautan. Kadang, lubang-lubang tersebut akhirnya terisi, entah oleh hujan atau batu. Namun, lubang-lubang tersebut masih berupa jurang yang sangat luas dan dalam. Fakta yang menakjubkannya lagi ialah lubang-lubang ini memiliki kehidupan bagi beberapa makhluk hidup tertentu. Inilah lubang-lubang terdalam di dunia yang terbentuk secara alami maupun dibuat oleh tangan manusia.

1. IceCube Neutrino Observatory di Antartika

11 Lubang Terdalam di Dunia, Bikin Ngeri!IceCube Neutrino Observatory, Antartika (commons.wikimedia.org/Cmichel67/Christopher Michel)

Seperti yang kita tahu, teleskop biasanya digunakan untuk mengamati benda-benda luar angkasa, seperti bintang-bintang. Namun, IceCube Neutrino Observatory atau Observatorium Neutrino IceCube di Antartika adalah teleskop yang mampu menjangkau 1.450 hingga 2.450 meter di bawah es. Menurut buku New Eyes on the Universe, yang ditulis Stephen Webb, IceCube Neutrino Observatory dibuat untuk mengamati bukti adanya neutrino (suatu partikel dasar yang tidak memiliki massa maupun muatan listrik) yang melewati Bumi. Namun, IceCube Neutrino Observatory sebenarnya dibuat untuk mengamati es dan mencari radiasi Cherenkov (cahaya yang dihasilkan oleh partikel bermuatan) yang dipancarkan saat neutrino melewati es.

Selama 6 tahun, IceCube Neutrino Observatory dibuat dari 86 lubang bor, yang di dalamnya digantung modul optik digital (DOM) untuk mendeteksi bukti neutrino. Jadi, meskipun string dalam lubang bor hanya akan mendeteksi neutrino selama sekitar 25 tahun, string itu akan tetap berada di dalam es hingga 25 ribu tahun lamanya.

Sejak selesai dibangun pada 2010, IceCube Neutrino Observatory telah mendeteksi bukti adanya puluhan neutrino. Beberapa di antaranya bahkan diberi nama sesuai karakter dari Sesame Street. Lalu, pada November 2022, IceCube Neutrino Observatory mengamati bukti neutrino yang berasal dari galaksi lain, yang merupakan kedua kalinya hal ini diamati.

2. Lubang bor KTB di Jerman

11 Lubang Terdalam di Dunia, Bikin Ngeri!anjungan pengeboran KTB di Jerman (commons.wikimedia.org/Christian Lipp)

Dilansir laman SciHi, dari 1990 hingga 1994, Republik Federal Jerman membuat proyek Kontinentales Tiefbohrprogramm der Bundesrepublik Deutschland atau Program Pengeboran Dalam Benua Jerman yang disingkat sebagai lubang bor KTB. Lubang bor KTB digali untuk mempelajari kedalaman dan proses kerak benua. Secara teknis, ini terdiri dari dua lubang bor dalam, yakni lubang pilot dan lubang utama ultradalam, yang terakhir mencapai kedalaman 9.101 meter atau sepanjang 15,4 kilometer.

Dengan adanya lubang bor super ini, para ilmuwan dapat mengumpulkan banyak data dan penelitian tentang panas bumi yang tidak dapat mereka peroleh hanya dari observasi permukaan. Proyek ini juga merupakan program penelitian geo termahal yang pernah dilakukan Jerman. Biayanya sekitar 350 juta dolar AS atau setara Rp5,4 triliun pada saat itu.

Pada saat digali di dekat Windischeschenbach, Bavaria, lubang itu adalah lubang bor terdalam di dunia. Itu karena kedalaman mencapai hampir 9.101 meter. Di dasar lubang bornya, suhu bisa mencapai 265 derajat celsius dan tekanannya lebih dari 94 juta pascal. Meskipun Kola Superdeep Borehole di Rusia mencapai kedalaman lebih jauh dari lubang bor KTB, lubang bor KTB tetap menjadi lubang bor terdalam di dunia yang masih digunakan. Pada 2023, GeoForschungsZentrum Potsdam (GFZ) memulai proyek GEOREAL untuk mempelajari batuan kristal selama stimulasi hidrolik.

3. El Zacatón di Meksiko

11 Lubang Terdalam di Dunia, Bikin Ngeri!El Zacatón (lubang berisi air) di Aldama, Tamaulipas, Meksiko (commons.wikimedia.org/William L. Farr)

Di timur Meksiko, tepatnya di Aldama, Tamaulipas, ada sebuah lubang yang sangat unik. Dikenal sebagai El Zacatón, lubang ini merupakan lubang pembuangan berisi air dan menjadi yang terdalam di Bumi. Selama bertahun-tahun, tidak ada yang tahu persis seberapa dalam lubang pembuangan panas bumi itu. Alasannya karena belum ada yang berhasil mencapai dasarnya.

Seperti yang dikutip laman Science Daily, baru pada 2007, robot eksplorasi yang didanai NASA, yang dikenal sebagai Deep Phreatic Thermal Explorer (DEPTHX), menemukan bahwa dasar lubang pembuangan itu mencapai kedalaman lebih dari 319 meter. Teknologi yang digunakan NASA untuk menjelajahi El Zacatón juga diharapkan dapat digunakan suatu saat nanti. NASA mengharapkannya untuk menjelajahi bulan Jupiter, Europa.

Pada 2010, DEPTHX menemukan bahwa di dasar lubang pembuangan itu terdapat keanekaragaman kehidupan mikroba. Ini muncul pada kedalaman yang bahkan tidak dapat dijangkau oleh sinar matahari. Kedalaman El Zacatón bahkan menarik antusiasme para penyelam dan penjelajah. Pada 1993, Dr. Ann Kristovich mencetak rekor dunia sebagai perempuan yang menyelam hingga kedalaman lebih dari 167 meter di El Zacatón. Lalu, pada 1994, penyelam Sheck Exley meninggal saat menyelam di El Zacatón. Itu terjadi saat ia ingin mencoba menemukan dasar El Zacatón.

4. Palung Mariana di Samudra Pasifik

11 Lubang Terdalam di Dunia, Bikin Ngeri!Palung Mariana, Samudra Pasifik (commons.wikimedia.org/1840489pavan nd)

Tidak semua lubang terdalam ada di daratan. Sebagaimana dikutip Britannica, dengan kedalaman lebih dari 11.034 meter, Palung Mariana merupakan titik terdalam di seluruh samudra yang ada di Bumi. Namun, berbeda dengan kedalaman yang pernah digali manusia di daratan yang suhunya bisa sangat panas, kedalaman Palung Mariana justru sangat dingin. Suhunya bisa mencapai 1 derajat celsius.

Di dasar Palung Mariana, lebih dari 11 kilometer ke bawah, tekanannya mencapai 108.600.000 pascal, yang berarti lebih dari seribu kali tekanan atmosfer yang dialami di permukaan laut. Meskipun berada di Cincin Api, tempat terjadinya aktivitas seismik yang konstan, Palung Mariana tetap mempertahankan dirinya sebagai lubang terdalam di lautan.

Terletak di Samudra Pasifik bagian barat dekat Guam, hingga 2023 hanya enam orang yang berhasil mencapai dasar Palung Mariana. Bagian terdalam lautan ini dikenal sebagai zona Hadal dan dinamai menurut nama dewa dunia bawah Yunani, yaitu Hades. Setelah kedalamannya pertama kali diukur pada tahun 1875, dibutuhkan waktu hampir 1 abad bagi penyelam untuk mencapai dasar Palung Mariana pada 1960.

Namun, dilansir laman UN Environment Programme, sebuah jurnal berjudul Bioaccumulation of persistent organic pollutants in the deepest ocean fauna (2017), yang ditulis Alan J Jamieson dan rekan-rekan peneliti lainnya, menemukan polutan kimia seperti PCB dan PBDE pada makhluk hidup yang ada di Palung Mariana. Kemungkinan besar, polutan ini terbawa dari sampah plastik yang terkontaminasi atau melalui bangkai hewan yang tenggelam ke dasar laut.

5. Lubang Besar di Afrika Selatan

11 Lubang Terdalam di Dunia, Bikin Ngeri!Lubang Besar di Kimberley, Afrika Selatan (commons.wikimedia.org/South African Tourism)

Meskipun beberapa lubang terdalam di Bumi terbentuk secara alami atau digali dengan mesin, tetapi ada, lho, lubang yang digali dengan tenaga manusia, yaitu Lubang Besar di Kimberley, Afrika Selatan. Juga dikenal sebagai Tambang Kimberley, Lubang Besar ini dianggap sebagai salah satu penggalian yang dilakukan dengan tenaga manusia dan menjadi yang terdalam di dunia.

Lubang ini mencapai kedalaman lebih dari 240 meter dan memiliki luas lebih dari 40 hektare. Lubang Besar ini digali untuk mencari berlian selama penjajahan Inggris. Kira-kira, 2,7 ton berlian berhasil digali. Namun, banyak para pekerja Afrika yang tewas saat menggali tambang tersebut.

Selain proses penambangannya yang berbahaya, pada awal tahun 1880-an, epidemi cacar merajalela di penambangan ini, yang dikenal sebagai "Skandal Tambang Kimberley". Epidemi cacar ini menewaskan 700 pekerja di Kimberley, yang sebagian besar adalah pekerja Afrika. Setelah digali selama 50 tahun, tambang tersebut ditutup pada 1914 dan sejak itu berubah menjadi objek wisata paling populer di Kimberley, Afrika Selatan.