Comscore Tracker

6 Penjelajah yang Tewas saat Mencari Tempat Misterius

Ada yang dibunuh oleh penduduk asli juga

Kira-kira penjelajah berani mana yang akan mempertaruhkan nyawa mereka untuk mendapatkan harta karun? Selama berabad-abad silam, dongeng bahkan yang tidak masuk akal tentang kota-kota emas, perak, dan permata yang hilang telah mendorong orang-orang yang ambisius, suka berpetualang, serta putus asa untuk mencarinya.

Mereka berani mempertaruhkan nyawa demi menemukan sumber kekayaan atau informasi ilmiah tentang keberadaan tempat misterius tersebut. Berikut enam orang penjelajah yang akhirnya meninggal dunia dalam pencarian tempat-tempat misterius tersebut.

1. Adolph Ruth

6 Penjelajah yang Tewas saat Mencari Tempat Misteriuspotret Adolph Ruth (dok. ASU Archives)

The Lost Dutchman's Mine adalah salah satu harta karun yang paling terkenal di Amerika Serikat. Diduga harta karun tersebut tersimpan di suatu tempat yang berada di Pegunungan Superstition Arizona yang disebut-sebut menampung emas rahasia. Begitu banyak orang terkena demam emas itu hingga empat atau lima pemburu harta karun tewas atau menghilang setiap tahunnya.

Pemburu yang paling terkenal adalah Adolph Ruth. Seperti dijelaskan oleh AZ Central, ia adalah seorang dokter hewan berusia 66 tahun. Ruth percaya bahwa harta karun itu berada di tambang emas milik orang belanda.

Dalam beberapa hari setelah memulai ekspedisinya, Ruth pun menghilang. Sebuah botol ditemukan berisi catatan yang menunjukkan bahwa kakinya patah dan dia menemukan ranjau. Tahun berikutnya, tengkoraknya ditemukan dengan lubang peluru dan sebulan kemudian tubuhnya ditemukan sejauh satu mil.

2. Francisco Vazquez de Coronado

6 Penjelajah yang Tewas saat Mencari Tempat Misteriuslukisan cat minyak Francisco Vázquez de Coronado (dok. National Park Service)

Seperti yang dijelaskan oleh History, Francisco Vazquez de Coronado adalah penjelajah Spanyol (dan juga penakluk). Rkspedisinya pada tahun 1540 dimulai di pantai barat Meksiko, menjadikannya orang Eropa pertama yang melihat Grand Canyon dan muara Sungai Colorado. Dia adalah seorang gubernur provinsi di Spanyol Baru (sekarang Meksiko) pada usia akhir 20-an.

Tujuh Kota Cibola atau emas yang terkenal ditemukan di wilayah di mana New Mexico sekarang berada, de Coronado menginvestasikan sejumlah besar uangnya untuk menemukan kota yang sebenarnya bernama Zuni Pueblo ini.

Ketika menjelajah, mereka hanya menemukan desa-desa penduduk asli dan mendapatkan perlawanan dari penduduknya. De Coronado pun kembali ke Meksiko dengan rasa malu, di mana ia justru diadili karena melanggar hukum.

Dia kemudian dibebaskan dari tuduhan sebagai penjelajah kriminal yang buruk. Namun karena luka yang diderita akibat perjalanannya, Coronado pun meninggal di Meksiko pada tahun 1554. Kisah ini pun mengilhami adegan pembuka dalam Raiders of the Lost Ark.

3. Percy Fawcett

6 Penjelajah yang Tewas saat Mencari Tempat MisteriusKolonel Percy Harrison Fawcett pada tahun 1911 (commons.wikimedia.org)

Kolonel Percy Fawcett adalah seorang penjelajah yang sangat terkenal. Selama beberapa ekspedisi ke alam liar Amazon, Fawcett membuat peta wilayah yang belum dipetakan di Brasil dan Bolivia. Perjalanannya yang berbahaya ke Amerika Selatan membuat namanya terkenal dan menginspirasi novel berjudul The Lost World karya Arthur Conan Doyle.

Seiring berjalannya waktu, Fawcett menjadi terobsesi bahwa Amazon adalah rumah bagi ras kuno maju yang telah membangun kota metropolis batu megah di tengah hutan. Dia menyebut kota teoretisnya yang hilang sebagai "Z". Fawcett pun mengabdikan hidup dan hartanya untuk menemukan kota tersebut.

Setelah dua ekspedisi yang berakhir dengan kegagalan, Fawcett memulai pencarian ketiga dan terakhirnya pada tahun 1925. Dalam ekspedisinya tersebut ia juga turut membawa serta putra dan sahabatnya.

Berangkat dari New Jersey pada Januari 1925, mereka bertiga menghilang tanpa jejak. Lebih buruk lagi, sekitar seratus orang telah meninggal sejak pencarian ketiganya. Kisahnya pun menginspirasi film yang dirilis tahun 2016 dan dibintangi Charlie Hunnam sebagai Percy Fawcett.

Baca Juga: 7 Fakta Sojourner Rover, Kendaraan Mungil Penjelajah Mars

4. Juan Ponce de Leon

6 Penjelajah yang Tewas saat Mencari Tempat Misteriusukiran Spanyol dari sosok Ponce de León pada abad ke-17 (wikimedia.org/Unknown author)

Juan Ponce de Leon adalah orang Eropa pertama yang pergi ke Florida setelah berlayar ke utara dari Puerto Rico pada tahun 1513 untuk mencari pulau dan emas. Ponce de Leon terkenal ambisius untuk mencari Air Mancur Pemuda yang dianggap bisa membuat awet muda dan memberikan keberuntungan. 

Sebagian besar catatan pencarian Ponce de Leon tentang Air Mancur Pemuda belum muncul sampai setelah tewasnya sang penjelajah. Leon diketahui meninggal dunia pada tahun 1521 di Florida bagian barat daya.

5. Tiga penjelajah yang hilang di Andes

6 Penjelajah yang Tewas saat Mencari Tempat MisteriusMachu Picchu, Aguas Calientes, Peru (unsplash.com/Adrian Dascal)

Paititi adalah kota emas legendaris, sebuah legenda Inca yang terletak melewati Andes jauh di dalam hutan Peru. Itu dianggap sebagai benteng Inca terakhir setelah penaklukan Spanyol, di mana mereka menyembunyikan emas dan perak.

Ekspedisi Prancis-Amerika tahun 1971 yang dipimpin oleh Bob Nichols, Serge Debru, dan Georges Puel, tidak pernah kembali. Tahun berikutnya, penjelajah lain mengonfirmasi bahwa mereka telah dibunuh oleh penduduk asli di dalam hutan.

6. Jaume Ferrer

6 Penjelajah yang Tewas saat Mencari Tempat MisteriusPeta Cresques 1375, menunjukkan kapal Jacme Ferrer (commons.wikimedia.org/Abraham Cresques)

Berkat catatan pembuat peta dalam atlas dari tahun 1375, diketahui bahwa pelaut Jaume Ferrer berlayar dari Majorca pada tahun 1346 untuk menjelajahi pantai Afrika Barat dengan tujuan menemukan "Sungai Emas" yang terkenal. Catatan lebih lanjut mengatakan bahwa ekspedisi Ferrer hilang dan tidak pernah terdengar lagi.

Terlepas dari kehilangan dan kegagalan untuk menemukan sungai emas Afrika, Ferrer sempat diperingati karena eksplorasi pra-Columbusnya. Kala itu Ferrer berani melewati batas eksplorasi Eropa yang sebelumnya diasumsikan di kampung halamannya di Palma di Majorca oleh sebuah patung, jalan yang dinamai menurut namanya, serta plakat di balai kota. Harta karun "Sungai Emas" sendiri ternyata mengacu pada Sungai Senegal yang mengarah ke jantung Kekaisaran Mali.

Keenam penjelajah di atas memiliki jiwa ambisius dan keberanian yang tinggi. Meskipun tidak menemukan apa yang mereka cari, tapi setidaknya usaha dan pengorbanan mereka patut diacungi jempol.

Baca Juga: 5 Harta Karun Berharga yang Ditemukan secara Tidak Sengaja 

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Write to communicate. https://linktr.ee/ameliasolekha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya