Comscore Tracker

8 Rahasia Gelap NASA, Jangan Ngaku Pencinta Antariksa kalau Belum Tahu

Meski begitu, mereka banyak melakukan penemuan luar biasa

Dari semua organisasi di dunia, NASA menjadi salah satu  organisasi terpopuler. Bagaimana tidak? NASA adalah organisasi ruang angkasa yang pernah menampilkan foto-foto luar biasa dari teleskop luar angkasa Hubble miliknya. Ia juga berhasil membuat video peluncuran roket dan penerbangan luar angkasanya.

Namun, NASA memiliki beberapa rahasia gelap yang tidak di ketahui banyak orang. Apakah fakta ini akan membuat NASA menjadi jauh lebih keren atau justru sebaliknya? Nah, kamu bisa memutuskannya setelah membaca infonya di bawah ini.

1. NASA tahu kalau Challenger akan meledak

8 Rahasia Gelap NASA, Jangan Ngaku Pencinta Antariksa kalau Belum Tahuwikipedia.org

Ledakan Challenger pada 1986 memang menggemparkan dunia. Pesawat ulang-alik itu meledak di siaran TV secara live (langsung). Tragedi itu cukup menakutkan. Namun, yang lebih buruknya adalah NASA tahu bahwa tragedi itu akan terjadi.

Seperti yang dilansir dari NPR, roket adalah tabung besar yang berbahan bakar peledak. Mereka berada di bawah tekanan luar biasa selama peluncuran, sehingga para insinyur harus membuatnya sesempurna mungkin.

Tidak boleh ada komponen yang di bawah standar, bahkan sampai ke sekrup dan segelnya sekalipun. Bagian penting dari penguat roket pesawat ulang-alik adalah segel O-ring miliknya, yang menyatukan sendi-sendi kunci dalam roket. O-ring terbuat dari karet, yang meskipun kuat, masih rentan terhadap perubahan suhu.

Sebelum peluncuran pada 1986, kontraktor yang merancang O-ring Challenger menyadari bahwa suhu dingin bisa menghancurkannya. Insinyur Roger Boisjoly tahu cincin itu tidak akan tahan terhadap suhu tersebut. Dia akhirnya memberitahu NASA bahwa pesawat ulang-alik bisa meledak dan mereka harus menunda peluncuran. Namun NASA menolak.

Boisjoly pun tak bisa berbuat apa-apa karena itu sudah kebijakan NASA. Dengan menelan pil pahit, Boisjoly sudah menduga bahwa para astronaut akan mati dalam misi itu. Keesokan harinya, NASA melakukan peluncuran. Setelah kejadian itu, Boisjoly menyesal setengah mati dan terus-menerus menyalahkan dirinya sendiri atas ledakan itu.

2. Pesawat ruang angkasa yang mengalami kerusakan karena kebocoran tabung urine

8 Rahasia Gelap NASA, Jangan Ngaku Pencinta Antariksa kalau Belum Tahunasa.gov

Gordon Cooper menerbangkan pesawat Mercury pada 15 Mei 1963. NASA memberinya semacam perangkat pembuangan air seni agar ia bisa buang air kecil selama misi yang memakan waktu 34 jam itu. Namun, sialnya, sistem di pesawat mengalami kegagalan.

Dikutip dari laman Space, Cooper tidak tahu apa yang sedang terjadi selama berjam-jam sebelum akhirnya ia menyadari bahwa tempat penampungan air seni itu bocor. Urinenya sendiri ternyata merusak sistem di pesawat.

Akhirnya dia harus mendaratkan kapsul tanpa kendali darat, yang sebenarnya sangat berbahaya dan hanya bisa dilakukan oleh beberapa pilot andal saja. Namun, syukurlah dia berhasil dan selamat. 

3. NASA bergabung dengan angkatan udara AS untuk mengintimidasi Rusia

8 Rahasia Gelap NASA, Jangan Ngaku Pencinta Antariksa kalau Belum Tahuundergroundscience.net

Perang Dingin melahirkan beberapa ide gila yang dapat disertifikasi, salah satunya Project A119, sebuah misi yang diimpikan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat dan NASA untuk menyulut bulan. Dilansir dari laman Huffington Post, mereka ingin menunjukkan pada Soviet bahwa mereka bisa.

Namun, demi kepentingan ilmiah, mereka mengklaim percobaan itu penting untuk mengetahui apa yang akan terjadi jika bom nuklir meledak di bulan dan apa pengaruhnya terhadap bumi. Jujur saja, itu malah terdengar menakutkan, ya.

Meski begitu, misi tersebut ditangguhkan karena dianggap mengancam. Masalahnya, NASA terlibat dalam intimidasi Rusia. Hal yang menakutkannya lagi, Project A119 hanyalah satu dari banyak proyek Perang Dingin. Sebagian besar belum dideklasifikasi. 

4. Gedung NASA sering kali kedatangan tamu tak diundang

8 Rahasia Gelap NASA, Jangan Ngaku Pencinta Antariksa kalau Belum Tahupetslady.com

Menurut Modern Farmer, NASA memiliki masalah besar dengan buaya. Wah, kenapa, ya? Itu karena NASA berdiri di atas tanah seluas 145.000 hektar di Florida. Di sana terkenal banyak buaya liarnya. 

Biasanya, beberapa buaya ditemukan di bawah mobil, tetapi kadang-kadang mereka memanjat pagar dan mengitari pusat penelitian. Kantor NASA tersebut juga sering kali kedatangan tamu tak diundang seperti ular derik, elang, dan bahkan babi liar.

Namun, buayalah yang paling ekstrem dan harus mereka tangani. Tim keamanan di sekitar kampus NASA dilatih untuk mengendalikan buaya yang sewaktu-waktu bisa mengusik mereka. 

Baca Juga: Astronaut hingga Dokter, 10 Wanita Ini Beri Kontribusi Besar di Sains

5. NASA mengantisipasi astronaut yang depresi dengan sebuah lak

8 Rahasia Gelap NASA, Jangan Ngaku Pencinta Antariksa kalau Belum Tahuexpress.co.uk

NASA menyadari bahwa perjalanan ruang angkasa membutuhkan waktu yang lama. Terkurung dalam sebuah pesawat logam di angkasa luas ternyata menimbulkan banyak risiko bagi para astronautnya, salah satunya masalah kecemasan. Jika seorang astronaut mendadak tak terkendali, NASA sudah mengantisipasinya dengan sebuah lak.

Mengapa? Karena Astronaut tidak diperbolehkan menggunakan senjata apa pun yang menggunakan proyektil. Senjata-senjata itu berisiko merusak teknologi penting di stasiun ruang angkasa. Jadi, jika seorang astronaut kehilangan kendali, astronaut lain hanya bisa menahannya. 

Menurut CBC News, prosedur standar operasi memberi tahu para astronaut untuk menahan temannya yang mendadak tidak terkendali dengan lak, mengikatnya dengan tali, dan menyuntikkan mereka dengan obat penenang jika benar-benar diperlukan.

6. Misi Skylab pada 1973

8 Rahasia Gelap NASA, Jangan Ngaku Pencinta Antariksa kalau Belum Tahunasa.gov

NASA menolak untuk membicarakan misi Skylab 4 pada 1973. Saat itu, para astronaut di stasiun ruang angkasa bekerja sangat keras sehingga mereka melakukan pemberontakan dan pemogokan.

Dilansir dari laman Libcom, ketika para astronaut tiba di Skylab, kendali darat mendorong mereka untuk menyelesaikan daftar tugas, yang sebagian besar hanya melibatkan pemindahan peralatan yang sulit. Para kru marah. Mereka adalah astronaut, bukan robot pekerja.

Setelah enam minggu bekerja selama 16 jam sehari, dengan satu-satunya waktu istirahat hanya untuk makan camilan dan tidur, kru Skylab memutuskan untuk cuti. Mereka mengancam memberontak jika tidak dikabulkan. 

Namun, kontrol darat tidak dapat berbicara dengan Skylab. Para kru mematikan komunikasi. Dengan begitu mereka tidak bisa disuruh-suruh lagi. Akhirnya mereka menggunakan waktu tersebut untuk tidur dan bersantai di luar angkasa.

Skylab akhirnya mengaktifkan kembali komunikasi mereka dengan kontrol darat, tetapi dengan membuat tuntutan seperti meminta jam kerja yang lebih pendek. NASA pun setuju, meskipun masalah ini ditutup-tutupi oleh mereka. 

7. Mengalami kegagalan karena kesalahan kecil terkait fisika

8 Rahasia Gelap NASA, Jangan Ngaku Pencinta Antariksa kalau Belum Tahubusinessinsider.com

Pada 1999, NASA meluncurkan Mars Climate Orbiter. Ini adalah misi pertama. Mars Climate Orbiter dirancang untuk mempelajari kondisi cuaca di bumi, komposisi atmosfer, dan melakukan banyak percobaan lainnya.

Menggunakan satelit untuk mengorbit bumi dengan sempurna masih menjadi masalah yang cukup sulit secara matematis. Bayangkan, NASA harus menembakkan satelit dari Bumi dengan sempurna dan meletakkannya di orbit di sekitar planet lain. Jelas itu sangat rumit.

Jika salah sedikit, posisi satelit bisa terlalu rendah di atmosfer Mars. Selain itu, gesekan yang terjadi bisa membakarnya dan satelit bernilai jutaan dolar tidak bisa digunakan lagi. 

NASA pun memiliki tugas berat, ia harus melakukan segalanya dengan sempurna. Namun, ketika pengorbit sampai ke Mars dan menembakkan pendorongnya untuk memasuki orbit Mars, pesawat itu malah meluncur terlalu cepat dan menggesek permukaan planet. NASA pun sempat khawatir, seperti yang diberitakan Wired. 

Setelah mempelajari dan meninjau misi yang ada, akhirnya mereka menyadari letak kesalahannya. Seseorang memprogram perangkat lunak kontrol penerbangan komputer untuk menghitung daya dorong dalam satuan bahasa Inggris pound, yang seharusnya memakai satuan Metrik Newton. Dengan kesalahan kecil itu, semua perhitungan kontrol penerbangan lainnya dimatikan dan pengorbitnya jatuh.

8. NASA memiliki cerita hantu

https://www.youtube.com/embed/KMa3fTD7oEA

Tepat di pusat penelitian ilmiah objektif NASA, beredar kisah-kisah tentang hantu para astronaut yang mati. Launch Complex 34 adalah salah satu pusat utama NASA di tahun 60-an. Namun terjadi tragedi dalam lomba ruang angkasa.

Selama tes darat pada LC-34, kapsul Apollo 1 terbakar sehingga menewaskan tiga astronaut di dalam pesawat. Itu adalah tragedi luar angkasa pertama Amerika dan hampir menggagalkan program Apollo.

Banyak paranormal yang menjelajahi LC-34 dan mereka mendengar teriakan yang datang dari atas landasan peluncuran. Karena rumor tersebut, LC-34 ditutup. Namun, akhirnya dibuka kembali untuk pengunjung.

Itu dia delapan fakta tak terduga mengenai NASA. Bagaimana, apakah kamu tertarik dengan organisasi ruang angkasa ini?

Baca Juga: Para Astronaut Berbagi Pengalaman Mengerikan di Bulan, Seperti Apa?

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You