TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Penemuan Ngeri soal Kehidupan Manusia di Dunia

Kebrutalan manusia sudah ada sejak zaman kuno

talkmore.blog

Apa yang namanya penemuan itu selalu memberikan kejutan kepada dunia. Akan tetapi kejutan itu tidak selalu menyenangkan. Beberapa malahan ada yang memberikan fakta mengerikan yang membuktikan bagaimana sejarah kehidupan manusia dipenuhi hal yang gelap. Berikut adalah beberapa penemuan yang bisa dibilang menakutkan.

1. Viking tanpa kepala

pinterest.com.au

Di Inggris sana, para peneliti pernah menemukan kuburan orang Viking pada 2009. Kuburan ini terbagi menjadi dua: kuburan tubuh dan kuburan kepalanya. Diprediksi pemenggalan massal ini dilakukan oleh para orang Anglo-Saxons.

2. Mumi berteriak

thenational.ae

Ada beberapa mumi yang seperti ini. Seperti mumi yang ditemukan di sarkofagus oleh Gaston Maspero pada 1886. Atau mumi dari Peru yang menunjukkan posisi tangan menutupi muka dalam kondisi ketakutan.

3. Mayat vampir

nationalgeographic.com

Yang paling terkenal datang dari Bulgaria. Teori sejarahnya adalah mereka yang disangka sebagai vampir akan dipasak menggunakan kayu atau besi pada dada mereka.

4. Neanderthal kanibal

archaeologynewsnetwork.blogspot.com

Pada 1994, arkeolog menemukan tulang berumur 49 ribu tahun di Spanyol. Setelah diteliti, ternyata tulang mayat tersebut menunjukkan jika tengkorak mereka diremukkan dan diekstrak. Ini sebuah indikasi praktik kanibalisme oleh manusia zaman dulu.

Baca Juga: 10 Penemuan Zaman Dahulu yang Masih Menyisakan Misteri Hingga Kini

5. Makam tengkorak tenggelam

gizmodo.com

Swedia menjadi tempat penemuan yang aneh. Di bawah danau, terdapat makam yang berisikan tulang hewan, 11 orang yang berumur 8 ribu tahun dan peralatan batu. Arkeolog berkesimpulan tempat ini merupakan monumen yang menyimpan trofi peperangan.

6. Lubang berisikan cetakan-cetakan tangan

livescience.com

Hal ini ada dan terjadi di Mesir. Para arkeolog menemukan lubang macam ini sebanyak empat buah. Dua diletakkan di dinding, dua lagi di luar ruang kerajaan dan isinya semua adalah tangan kanan pria dewasa.

7. Manusia bog

moesgaardmuseum.dk

Mumi Eropa Utara yang paling terkenal ini adalah manusia Grauballe. Mumi ini diprediksi merupakan mayat petani yang dibunuh setelah musim panen yang buruk pada 8.000 tahun sebelum Masehi dulu.

8. Candi Huagas De Moche

timetravelturtle.com

Peradaban ini diperkirakan muncul antara 100 dan 800 tahun setelah Masehi. Kerajaannya dipenuhi para ksatria kuat. Namun lewat candi ini, dipercaya bahwa peradaban tersebut melaksanakan praktik pengorbanan manusia.

9. Alat berisikan tulang manusia

mobile.twitter.com

Menurut para arkeolog, orang zaman dahulu membuat alat yang sering kali terbuat dari tulang keluarganya. Praktik ini dilakukan di seluruh penjuru dunia dan alat yang terkenal ditemukan di Inggris dalam bentuk cawan.

Baca Juga: 12 Mumi Paling Terkenal di Dunia, Ada yang Tubuhnya Seperti Baru Wafat

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya