TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Fakta Meerkat yang Gak Banyak Diketahui, Lucu Maksimal!

Punya kelakuan yang mirip dengan manusia

sandiegozoo.org

Bertubuh kecil dan berwajah imut adalah dua deskripsi singkat yang paling cocok untuk mewakilkan meerkat. Hewan berbulu ini juga punya kelakuan lucu mirip manusia lho.

Kerap muncul dalam serial animasi karena tingkahnya yang kocak, ini 6 fakta meerkat yang dirangkum dari berbagai sumber dan belum banyak diketahui!

1. Anak meerkat diajari cara berburu sejak masih bayi

adelaidezoo.com

Induk meerkat mengajari anaknya untuk berburu sejak ia masih bayi. Sesekali induk membawa anaknya ke tempat yang berisi mangsa seperti kalajengking. Induk meerkat mengajari secara bertahap bagaimana berburu dan menyerang predator seperti kalajengking.

Diawali dari memperlihatkannya kalajengking mati, cara untuk menghilangkan racun kalajengking, hingga memangsanya sebagai sasaran makan siang. 

Baca Juga: 5 Hewan Terbau di Dunia, Jangan Dekat-dekat!

2. Meerkat bisa mengenali suara satu sama lain

altinawildlife.com

Layaknya manusia yang bisa mengenali seseorang hanya dengan mendengar suaranya, meerkat juga melakukan hal yang sama. Kemampuan ini membuat meerkat dapat mengenali ancaman yang datang dari kelompok meerkat lainnya sehingga pertahanan diri klan yang merupakan sebutan bagi kelompok meerkat lebih terjaga.

3. Meerkat bekerja sama dalam berbagai hal

sandiegozoo.org

Dilansir Mentalfloss, sebuah klan meerkat bisa terdiri dari 30-50 ekor meerkat. Mereka bersama-sama melakukan perburuan hingga menggali lubang untuk tempat berlindung.

Jika ada ancaman dari klan lain atau predator para meerkat berkumpul untuk menyerangnya bersama-sama. Itu alasan di balik kekuatan meerkat yang bisa membunuh seekor ular berbisa. 

4. Meerkat bisa menjadi seorang baby sitter

umich.edu

Selagi para meerkat dewasa berburu mencari makanan meerkat remaja dan meerkat wanita yang tidak berkelana menjaga anak-anaknya di sarang mereka.

Para nanny meerkat ini bekerja selayaknya baby sitter yang menjaga anak meerkat lain dan diberi imbalan ketika sang induk kembali. Mereka dapat dipercaya dan tidak menyerang atau saling menyakiti meerkat kecil.

5. Meerkat hanya aktif di siang hari

aucklandzoo.co.nz

Meerkat termasuk hewan diurnal yang hanya aktif di siang hari. Ketika matahari terbenam meerkat akan pulang ke sarang dan menyelimuti tubuhnya dengan bulu-bulu halus di sekitar perut mereka. Indera penciuman yang tajam menjadi modal meerkat dalam berburu makanannya. 

Baca Juga: Bukan Mutasi Gen, 7 Hewan Ini Unik karena Dihasilkan oleh Kawin Silang

Verified Writer

alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya