TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Studi: Orang yang Percaya Horoskop Kurang Cerdas dan Narsis!

Jangan kesal dulu, ya

ilustrasi orang yang percaya dengan ramalan horoskop atau zodiak (pexels.com/Mikhail Nilov)

Kapan bulan lahirmu? Eits, jangan marah dulu, ini bukan berarti kami ingin mengatai kamu 'tua', ya. Nah, dari bulan lahirmu, kamu bisa mengecek zodiak atau horoskopmu. Konon katanya, keberuntunganmu tergantung dari hasil astrologi hari atau bulan tersebut.

Sementara sebagian orang tidak percaya, ada juga yang turut percaya dan mengecek horoskopnya tiap waktu. Apakah kamu salah satunya? Jangan tersinggung, nih, tetapi studi terbaru mengatakan bahwa orang yang terlalu bergantung dengan horoskop itu kurang cerdas dan narsisistik!

Baca Juga: 5 Fakta Ilmiah Menarik Narsisisme, Lebih dari Egois

Keadaan krisis bikin orang percaya horoskop?

ilustrasi zodiak, horoskop, dan astrologi (pexels.com/Jakub Pabis)

Tak didukung bukti ilmiah, tidak sedikit orang yang bersandar ke horoskop di kala terdesak. Mengapa kepercayaan terhadap horoskop meningkat? Para peneliti Swedia menjabarkan bahwa perubahan iklim hingga wabah COVID-19 bisa memicunya.

Masalahnya, berbagai studi mencatat bahwa hal ini bisa membahayakan seseorang karena berisiko menumpulkan pemikiran dan memicu bias. Selain itu, mereka yang percaya astrologi konon lebih percaya pseudosains dan teori konspirasi, sehingga bisa membahayakan diri sendiri atau orang sekitarnya.

Libatkan ratusan orang

Dimuat dalam jurnal Personality and Individual Differences pada Maret 2022, para peneliti Swedia dari Lund University mengetes apakah astrologi bisa memengaruhi kepribadian dan bias kognitif. Penelitian ini melibatkan 264 partisipan berusia 25–34 tahun, dan mayoritas adalah perempuan.

Setelah mendapatkan para partisipan melalui platform media sosial Facebook, para peneliti Swedia menugaskan para partisipan untuk mengisi berbagai survei. Survei-survei ini mencakup:

  • Belief in Astrology (BAI)
  • Big Five Personality (IPIP-30)
  • Tes Narsisistik (SD3)
  • Kecerdasan (ICAR16-R3D)

Baca Juga: Studi: Laki-laki dengan Penis Kecil Suka Koleksi Mobil Sport

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya