TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Tentang Kazakhstan, Negara dengan Masyarakat Gemar Makan Kuda

Banyak hal menarik tentang Kazakhstan, lho!

pixabay.com

Pada 16 Desember 1991, Kazakhstan resmi  memerdekakan dirinya dari Rusia. Negara yang terletak di Asia Barat ini dipimpin oleh Nursultan Nazarnayev ketika awal kemerdekaannya.

Pastinya, banyak sekali pengorbanan dan perjuangan dari rakyat Kazakhstan untuk meraih kemerdekaannya itu. Dilansir laman FactRetriever dan E-history, berikut lima fakta mengenai negara Kazakhstan yang harus kamu ketahui.

1. Pecahan negara dari Rusia

wikimedia.org

Pada awal abad ke-18, Kazakhstan mulai dikuasai oleh Rusia. Kedudukan ini dipertegas setelah adanya revolusi komunis Uni Soviet yang menyatakan Kazakhstan merupakan 1 dari 15 negara yang tergabung dalam Uni Soviet. Seiring dengan bubarnya Uni Soviet, Kazakhstan resmi memproklamasikan kemerdekaannya pada 16 Desember 1991. 

Baca Juga: Jadi Transportasi Ternyaman, Ini 5 Sejarah Kereta Api Indonesia

2. Semua mobil adalah taksi

astanatimes.com

Jika kamu sedang bepergian di Kazakhstan, ada banyak sekali transportasi yang dapat kamu gunakan, salah satunya yaitu taksi nonformal. Pada dasarnya, menggunakan jasa atau menjadi pengemudi taksi nonformal diperbolehkan di Kazakhstan.

Cukup dengan melambaikan tanganmu ketika ada mobil lewat atau sedang berhenti, lalu negosiasikan harga dan jarak yang akan ditempuh dengan pengemudi tersebut. 

3. Masyarakat di sana gemar makan daging kuda

e-history.kz

Hampir di setiap penjuru Kazakhstan terdapat kuda. Bagaimana tidak, daging kuda merupakan daging andalan masyarakat di sana.

Masyarakat di sana mengolah daging kuda tersebut menjadi berbagai macam hidangan, salah satunya makanan khas Kazakhstan, seperti kazy, kuyrdak, dan beshbarmak. Selain itu, masyarakat di sana juga menggunakan kuda untuk mobilitas ke suatu tempat, terutama di pedesaan. 

4. Memiliki permainan tradisional yang unik yaitu Kyz Kuu

pinterest.de

Kazakhstan dikenal dengan permainan tradisionalnya yang bernama Kyz Kuu atau 'merebut perempuan'.  Permainannya melibatkan satu laki-laki dan satu perempuan. Pemain laki-laki harus berhasil mencium pemain perempuan saat berkuda.

Pemain perempuan akan berkuda terlebih dahulu disusul pemain laki-laki menuju finis. Jika berhasil, laki-laki tersebut berhak berkencan dengan perempuan tersebut. Sebaliknya, jika gagal, pemain laki-laki akan dicambuk oleh pemain perempuan saat berkuda menuju garis awal permainan. 

Baca Juga: Sejarah Pertanian di Indonesia, Sebutan Negara Agraris Masih Sesuai?

Verified Writer

Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya