TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Alpaca, Hewan yang Menjadi Inspirasi Jin untuk Karakter BT21

#ANGPOIN Alpaca dan llama masih bersaudara, lo, sudah tahu?

freehdw.com

Alpaca adalah hewan yang masih dalam famili Camelidae dan tampilannya mirip dengan llama. Keduanya juga hewan khas dari pegunungan Andes, Amerika Selatan.

Alpaca memiliki keunikan pada bulunya dan biasanya bulunya akan dicukur tiap tahun. Di balik bentuk dan rupanya yang menggemaskan, tidak banyak orang yang tahu fakta unik hewan berbulu mirip domba ini. Dilansir dari lama Live Science, berikut beberapa fakta uniknya yang perlu kamu tahu.

1. Merupakan salah satu hewan purba

www.cbc.ca

Alpaca sudah dipelihara oleh Suku Inca sejak 6 ribu tahun yang lalu. Kebanyakan dari mereka diternak karena bulu supernya.

Baca Juga: 7 Hewan Unik yang Bisa Ditemui di Korea Selatan

2. Memiliki bulu luar biasa

https://pixabay.com/HOerwin56

Bulu alpaca mirip seperti bulu domba, namun memiliki kekuatan yang super. Bulu hewan ini bahkan tahan terhadap api, lo. Bahkan, bulu alpaca lebih unggul dari wol hewan lain. Dibandingkan dengan wol domba, bulu alpaca lebih hypoallergenic, jadi tidak membuat alergi.

3. Dua spesies dengan beragam warna

www.surinetwork.org

Terdapat dua jenis alpaca, yaitu suri dan hucaya. Bulu alpaca suri tumbuh memanjang seperti rambut gimbal, sedangkan hucaya lebih mirip seperti wol pada domba. Uniknya, bulu alpaca ada 22 warna dengan ratusan nuansa yang berbeda.

4. Huarizo, persilangan antara alpaca dan llama

landmeterskop.com

Gen yang sama pada alpaca dan llama membuat mereka dapat kawin silang. Persilangan antara keduanya sering disebut huarizo atau llapaca. Bentuk huarizo mirip seperti alpaca dengan tubuh mirip llama.

Baca Juga: Miris! 5 Hewan Unik Ini Tercatat Alami Kepunahan Massal di Abad Ke-20

Verified Writer

Astri Supriyati

An illegirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya