TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tak Mudah, Ini 'Kelumpuhan' yang Dialami Para Korban Pelecehan Seksual

Hati-hati jika mengomentari korban pelecehan seksual, ya!

freepik.com/doidam10

Banyak orang berpikir bahwa jika terjadi penyerangan seksual, korban (harusnya) akan melawan. Namun sebuah studi baru dari Swedia menemukan bahwa, dalam sebuah serangan, umum bagi korban untuk mengalami reaksi bawaan dan defensif yang membuat mereka lumpuh.

Jadinya seperti gak berbuat apa-apa dan terkesan "mau" padahal ada hal kompleks yang banyak orang gak tahu. Berikut penjelasan ilmiahnya!

1. Reaksi orang ketika sedang terserang secara seksual umumnya dikenal dengan nama "imobilitas tonik"

mochimag.com

Menurut penelitian ini, respons fisiologis yang terjadi itu, yang disebut "imobilitas tonik", normal terjadi pada ketakutan yang ekstrem dan terjadi tanpa disengaja saat terjadi serangan. Pada golongan hewan, reaksi ini cenderung dikenal sebagai "bermain mati."

Baca juga: 3 Tipe Orang Ini Secara Ilmiah Paling Besar Kemungkinan Selingkuh

2. Di dunia hewan, imobilitas tonik adalah taktik bertahan hidup

com.au

Jika seekor hewan tampak mati, pemangsa kemungkinan gak akan menyerang, menurut penulis utama studi Dr. Anna Möller, seorang OB-GYN di Rumah Sakit Umum Stockholm di Swedia. Namun selama terjadi penyerangan seksual, reaksi ini gak lantas membuat penyerang menghentikan serangan tersebut.

3. Imobilitas tonik terjadi pada 7 dari 10 korban serangan seksual

rabble.ca

Para peneliti menulis bahwa seseorang gak dapat bergerak, mungkin gak dapat berbicara dan gak responsif. Möller kepada Live Science bahwa awalnya, ketika seseorang diserang, sistem saraf simpatik, yang bertanggung jawab atas respons fight-or-flight jadi diaktifkan.

askmen.com

Nah, imobilitas tonik adalah hasil dari respons tubuh selanjutnya. Ini terjadi ketika sistem saraf parasimpatis mulai diaktifkan, yang bertindak sebagai penyeimbang sistem saraf simpatik. Proses tersebut akan mencegah gerakan otot.

Baca Juga: Suka Melamun? Riset Ilmiah Ini Punya Kabar Baik Untukmu!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya