TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik Waved Albatross, Spesies Burung Terbesar di Galapagos!

Dapat bertahan hidup lama, lho

waved albatross (rove.me)

Waved albatross merupakan spesies burung langka yang hanya dapat ditemukan di wilayah tertentu saja. Hewan yang mempunyai nama ilmiah Phoebastria irrota ini dikenal dengan ukuran tubuhnya yang sangat besar sehingga mereka terlihat menakjubkan saat berada di udara.

Selain itu, waved albatross dikenal dengan ketangguhannya yang mampu terbang hingga menempuh jarak ratusan kilometer.

Sering terlihat berada di tengah laut ketika sedang mencari makanan. Inilah 5 fakta waved albatross yang menarik untuk diketahui.

1. Habitat asli dari waved albatross

waved albatross (quasarex.com)

Waved albatross merupakan hewan endemik asli dari Pulau Galapagos dan hanya dapat ditemukan di sekitar wilayah tersebut. Dilansir dari Animalia.bio, spesies burung ini sering terlihat mendiami wilayah bebatuan besar, semak belukar, dan area terbuka lainnya yang tidak jauh dari pesisir pantai.

Saat mencari makanan waved albatross dapat terbang hingga memasuki perairan Ekuador, Peru dan Kolombia. Mereka termasuk jenis burung laut yang bertahan hidup dengan memangsa berbagai jenis hewan-hewan laut, seperti ikan, cumi-cumi, kepiting, udang, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Carrion Crow, Spesies Burung yang Hidup di Dua Benua!

2. Kebiasaan hidup di alam liar

waved albatross (ebird.org)

Di habitat aslinya, waved albatross hidup dengan membentuk koloni dalam jumlah yang sangat banyak. Saat mencari makanan, mereka mampu terbang hingga jarak 100 kilometer dari tempat sarangnya.

Waved albatross lebih memilih untuk berburu mangsa pada malam hari dikarenakan pada saat itu hewan laut seperti ikan dan cumi-cumi akan sering muncul ke permukaan air. Spesies burung ini dikenal akan ketangguhannya yang dapat terbang selama berjam-jam di udara tanpa istirahat.

Meski begitu, waved albatross sering mengalami kesulitan ketika kembali ke daratan. Hal ini dikarenakan waved albatriss mempunyai ukuran sayap yang sangat besar dan panjang.

3. Ciri khas fisik

waved albatross (discovermagazine.com)

Waved albatross merupakan spesies burung terbesar yang hidup di wilayah kepulauan Galapagos. Dilansir Animaldiversity, mereka memiliki bulu berwarna putih dari kepala hingga leher serta coklat tua pada bagian perut dan sayap.

Rata-rat,a waved albatross mempunyai berat badan antara 2,5 hingga 4 kilogram dengan panjang sayap mencapai 250 sentimeter. Untuk membedakan jenis kelamin, waved albatross jantan memiliki ukuran tubuh dan sayap yang lebih besar ketimbang sang betina.

4. Sistem reproduksi waved albatross

waved albatross (commons.wikimedia.org)

Waved albatross termasuk hewan monogami yang berkembangbiak dengan satu pasangan untuk seumur hidup. Saat memasuki musim kawin pada bulan April, mereka biasanya akan melakukan beberapa ritual, seperti menari sambil mengeluarkan suara yang terdengar cukup berisik.

Uniknya, saat burung ini mengerami telur-telur mereka, waved albatross selalu memindahkan sarangnya dari satu tempat ke tempat lainnya. Hal inilah yang membuat banyak dari telur mereka tidak jadi menetas dikarenakan hancur atau retak akibat terkena benturan.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Ivory Gull, Spesies Burung dari Arktik!

Verified Writer

IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya