Comscore Tracker

5 Fakta Unik Ivory Gull, Spesies Burung dari Arktik!

Burung yang suka bersosialisasi!

Wilayah arktik menyimpan banyak sekali satwa liar yang unik dan langka salah satunya adalah ivory gull. Spesies burung camar ini memang memiliki penampilan yang sangat menawan jika dibandingkan dengan spesies burung camar lainnya yang ada di dunia. Dikenal dengan nama ilmiah pagophila eburnea, mereka sering terlihat bertebangan di atas permukaan laut untuk mencari makanan.

Mampu bertahan hidup hingga usia puluhan tahun serta sering membuat koloni di alam liar. Inilah lima fakta menarik dari ivory gull dilansir dari laman Animalia.bio dan Oceanwide-expeditions, sebagai berikut:

1. Habitat asli dari ivory gull

5 Fakta Unik Ivory Gull, Spesies Burung dari Arktik!ebird.org

Distribusi dari ivory gull tersebar luas di beberapa wilayah arktik mulai dari Greenland, benua Amerika Utara hingga Eurasia. Dilansir dari laman Animalia.Bio, spesies burung camar ini mendiami daerah polynyas yaitu suatu wilayah perairan terbuka yang dikelilingi oleh es. Saat musim dingin datang, mereka sering terlihat berkumpul di dekat pantai Newfoundland dan labrador, Kanada.

Burung ini juga suka hidup di pulau bebatuan yang dekat dengan bongkahan es untuk berkembang biak. Ivory gulls termasuk burung karnivora yang memakan ikan, telur dan bangkai hewan lainnya.

2. Kebiasaan hidup di alam liar

5 Fakta Unik Ivory Gull, Spesies Burung dari Arktik!birdsofeurope.eu

Ivory gull merupakan hewan yang suka bersosialisasi dengan sesamanya terutama pada musim kawin. Di habitat aslinya, mereka sering terlihat berkumpul serta membuat koloni dalam jumlah yang sangat besar. Selain itu, ivory gulls termasuk hewan diurnal yang aktif beraktivitas pada siang hari seperti mencari makanan dengan melayang-layang di atas air laut untuk menangkap ikan.

Burung ini berkomunikasi dengan mengeluarkan suara sangat keras yang berbunyi keeeer. Biasanya suara tersebut untuk memberikan peringatan terhadap burung lainnya akan ada ancaman dari predator buas seperti beruang kutub dan rubah arktik yang akan mendekati sarang mereka.

3. Ciri khas fisik

5 Fakta Unik Ivory Gull, Spesies Burung dari Arktik!ebird.org

Di habitat aslinya, ivory gull sangat mudah dikenali. Hal ini dikarenakan, tubuh mereka ditutupi oleh bulu berwarna putih bersih serta paruh berwarna biru dengan ujung kuning serta kaki hitam. Namun, ivory gull muda mempunyai bintik-bintik hitam di sekitar wajah, sayap dan ekor. Spesies burung ini memiliki berat antara 448 - 687 gram dengan rentang panjang sayap mencapai 120 sentimeter. Bulu ivory gull muda akan berubah menjadi putih secara keseluruhan saat berusia dua tahun.

Baca Juga: 8 Fakta Burung Unta, Burung Terbesar & Pelari Tercepat di Dunia

4. Sistem reproduksi

5 Fakta Unik Ivory Gull, Spesies Burung dari Arktik!commons.wikimedia.org

Musim kawin dari ivory gull akan berlangsung pada bulan Juni hingga Agustus. Dilansir dari laman Oceanwide-expeditions, saat burung ini berkembangbiak mereka akan membuat koloni yang terdiri dari 5 hingga 60 individu. Dalam satu kali masa persalinan sang betina hanya mampu mengeluarkan 1- 3 telur dan akan dierami selama 25 hari hingga menetas. Mereka biasanya akan membuat sarang dengan menggunakan berbagai macam bahan seperti rumput, bulu, kayu apung dan rumput laut.

5. Status populasi ivory gull

5 Fakta Unik Ivory Gull, Spesies Burung dari Arktik!barentsportal.com

Populasi dari ivory gull saat ini berkisar antara 58.000 hingga 78.000 ekor yang tersebar di beberapa wilayah di antaranya Greenland, Kanada dan Rusia. Di alam liar, burung ini dapat bertahan hidup sangat lama dengan usia maksimal 20 tahun. Saat ini populasi ivory gull semakin berkurang dari tahun ke tahun yang dipengaruhi beberapa faktor seperti perubahan iklim, polusi hingga tumpahan minyak yang terjadi di habitat aslinya. Dengan begitu, spesies burung ini termasuk ke dalam daftar hewan yang terancam keberadaannya.

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari ivory gull yang merupakan hewan endemik dari wilayah Arktik. Walaupun mereka memiliki penampilan yang cantik namun ivory gull termasuk jenis burung karnivora.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Samudra Arktik, Samudra Kecil Dunia yang Jadi Rebutan

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya