TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sains Berusaha Menjawab Beberapa Kasus Misterius Ini, Apa Saja?

Sebagian besar memang tampak tidak masuk akal

independent.co.uk

Ada banyak kasus misterius yang terjadi di dunia dan bahkan masih sulit untuk dipecahkan. Namun, ternyata banyak di antaranya yang sebetulnya bisa dijelaskan secara ilmiah, meskipun belum sepenuhnya.

Nah, kasus-kasus misterius apa saja yang berhasil dipecahkan oleh sains? Jika kamu penasaran, yuk dibaca hingga tuntas.

1. Penampakan kapal hantu Flying Dutchman

allthatsinteresting.com

Flying Dutchman adalah sebuah kisah tentang kapal terkutuk yang selalu mengarungi lautan hingga ratusan dan bahkan ribuan tahun. Legenda ini begitu kental dialami oleh banyak pelaut zaman dulu di seluruh dunia.

Menurut kesaksian beberapa pelaut, Flying Dutchman selalu terlihat melayang dari kejauhan. Cerita rakyat ini berasal dari Belanda pada abad ke-17. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa cerita ini juga berasal dari Inggris dan sangat eksis pada abad ke-18.

Selain legenda Flying Dutchman, ada beberapa kisah misteri lainnya yang juga menceritakan tentang keberadaan kapal aneh di tengah lautan. Namun, benarkah penampakan kapal tersebut merupakan sosok kapal hantu? Bagaimana penjelasan sains terhadap fenomena penampakan tersebut?

Ada beberapa petunjuk mengenai penampakan kapal hantu tersebut. Pertama, kesaksian lebih banyak dan booming pada abad ke-17 dan 18. Kedua, mayoritas penampakan terjadi pada siang hari. Lalu ketiga, kapal misterius yang terlihat selalu tampak dari kejauhan dan melayang di atas air.

Dengan beberapa petunjuk tersebut, ilmuwan modern dapat dengan cepat memberikan sanggahan berupa jawaban sains. Ya, kasus misteri kapal hantu Flying Dutchman dan hampir semua penampakan lainnya adalah fenomena optik biasa. Hal tersebut adalah efek dari fatamorgana yang terjadi pada saat udara panas terperangkap oleh udara dingin di sekitarnya.

Laman sains Planet Science mencatat bahwa fatamorgana atau ilusi optik dapat terjadi di saat suhu udara panas di permukaan Bumi terperangkap dengan suhu dingin yang berada di atasnya. Ilusi optik tersebut dapat membiaskan bayangan semu dari apa pun yang dapat ditangkap.

Jika di lautan lepas, fatamorgana akan membiaskan bayangan kapal, yang biasanya akan tampak berjalan sendiri di atas permukaan air. Bahkan, tak jarang bayangan kapal terlihat seolah terbang di udara. Zaman dulu belum ada pembuktian sains akan hal ini. Itulah sebabnya, pada abad ke-17 fenomena ini sangat melegenda dan dipercaya sebagai kejadian nyata.

Baca Juga: 5 Teori Sains yang Dikoreksi oleh Teori Sains Lainnya, Apa Saja?

2. Kasus kematian aneh pada ternak-ternak di beberapa wilayah dunia

texastrailroundup.org

Kamu pasti pernah membaca berita tentang kematian aneh yang terjadi pada ternak-ternak di beberapa kawasan dunia. Anehnya, beberapa daerah tersebut memiliki legenda dan mitosnya masing-masing.

Ada yang mengatakan bahwa itu adalah ulah manusia serigala, chupacabra, dan makhluk mitos lainnya. Bahkan, tak jarang yang mengatakan bahwa itu semua adalah ulah alien atau makhluk asing.

Faktanya, tidak ada satu pun kesaksian yang bisa dijadikan pegangan empiris untuk digunakan dalam studi ilmiah. National Geographic mencatat bahwa semua kejadian yang berkaitan dengan kematian ternak sebetulnya bisa dijelaskan secara ilmiah.

Selain karena wabah penyakit, beberapa tersangka yang dianggap makhluk jadi-jadian telah diungkap oleh sains sebagai organisme biologis biasa, yang mengalami mutasi dalam evolusi. Bagi ilmuwan dan ahli satwa, chupacabra adalah spesies anjing hutan atau koyote yang terkadang mengalami kelainan genetik.

Serangan gerombolan anjing hutan di malam hari memang sangat masif dan hening. Mereka adalah hewan nokturnal yang berburu secara efektif di malam hari. Hal ini merupakan alasan satu-satunya mengapa sebagian ternak mati dengan cara mengenaskan.

Kesimpulan dari sains ini dibuktikan melalui studi dan penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan biologi dan ahli satwa liar. Mereka menemukan ada banyak bangkai anjing hutan yang tak jauh dari peternakan. Gigitan dan serangan pada ternak juga identik dengan gigitan akibat serangan anjing hutan.

3. Penampakan hantu pada foto atau video

inyourarea.co.uk

Penampakan hantu pada foto dan video merupakan fenomena unik yang juga sering dijadikan komoditas dagangan bagi banyak orang. Faktanya, 99 persen dari semua penampakan gambar hantu yang ada di media adalah fake atau bohong.

Teknologi fotografi sudah mampu melakukan edit gambar yang akan menyebabkan munculnya penampakan-penampakan aneh dalam foto atau video. Bahkan, laman Live Science menjelaskan mengapa hantu hanya akan menampakkan dirinya pada kamera murah dan tidak pada kamera berkualitas tinggi.

Ya, hantu pun takut dengan kamera HD kualitas tinggi. Kebanyakan hantu akan menampakkan diri pada kamera low budget, tapi mengapa tidak berani menampakkan diri pada kamera DSLR dengan kualitas baik? Jawabnya karena memang penampakan hantu pada foto dan video adalah fake alias palsu.

Sebagian besar kasus tersebut adalah hasil editan, dan sebagian lainnya karena kesalahan pencahayaan pada saat pengambilan gambar. Lantas, jika 99 persennya adalah palsu, bagaimana dengan yang 1 persen? Jawabannya masih belum dapat dipastikan secara tuntas, namun bukan berarti itu hantu.

Pada kamera polaroid, misalnya, edit atau mengubah hasil gambar memang sangat sulit dilakukan. Namun, bukan berarti kamera polaroid tidak bisa melakukan kesalahan. Penumpukan cahaya juga bisa terjadi di kamera instan tersebut. Intinya, dalam dunia fotografi, semua kesalahan pencahayaan sangat mungkin terjadi dalam kondisi apa pun.

4. Bau yang muncul tiba-tiba tanpa sebab yang jelas

newatlas.com

Apakah kamu sering mencium bau-bauan yang unik dan tanpa sebab? Misalnya wangi-wangian, bangkai, atau bau apa pun yang membuat bulu kudukmu merinding. Tenang saja, mencium bau misterius itu termasuk normal kok, setidaknya menurut sains.

Dalam dunia sains, fenomena ini disebut sebagai phantosmia, yakni sebuah fenomena di saat otak tidak dapat menerima sinyal dengan baik dari indra penciuman. Akibatnya, kamu akan merasakan halusinasi penciuman.

Gejalanya sebetulnya mirip dengan halusinasi penglihatan, di mana otak tidak dapat menerjemahkan apa yang dilihat oleh mata manusia. Biasanya, halusinasi penglihatan dapat terjadi akibat kelelahan dan tingginya pengaruh gelombang elektromagnetik di sekitar kita.

Medical News Today menjelaskan bahwa phantosmia merupakan fenomena wajar yang sebetulnya bisa terjadi pada orang yang sedang kelelahan secara mental atau pun fisik. Namun, phantosmia juga merupakan gejala dari beberapa penyakit serius, misalnya tumor otak.

Jika gangguan phantosmia terjadi secara intens dan berat, mungkin seseorang harus memeriksakan dirinya ke dokter. Bisa saja kelainan indra penciuman menjadi penyebab utama dari kasus ini. Selain akibat kelelahan dan penyakit, phantosmia bisa terjadi karena faktor alergi dan kelainan mental.

Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta Seputar Sains yang Masih Sering Buat Gagal Paham

Verified Writer

Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya