TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Meski Bau, Ini 5 Alasan Kucing Suka Bermain dengan Sepatu

Kucingmu gini juga gak?

ilustrasi kucing bermain dengan sepatu (pixabay.com/simisi1)

Kucing adalah hewan yang sangat misterius. Bahkan, banyak orang yang telah memelihara kucing selama bertahun-tahun pun tidak mampu  benar-benar memahami perilaku hewan imut ini.

Salah satu perilaku kucing yang mungkin membuat kamu geleng-geleng kepala adalah mereka memiliki obsesi yang jelas terhadap sepatu. Entah itu mengendusnya, memukulnya, mencakar, menaruh sesuatu, dan bahkan tidur di dalam sepatu. 

Tentu, sulit untuk menilai perilaku hewan peliharaan mengingat kita tidak berbicara dengan bahasa mereka dan mereka tidak berbicara dengan bahasa kita sehingga komunikasi bisa jadi sulit. Apa yang dapat kita lakukan adalah mengamati dan memperhatikan petunjuk yang dapat memberikan beberapa wawasan tentang bagaimana pikiran dan perasaan hewan peliharaan kita. 

Di sini, kita akan membahas apa saja kemungkinan penyebab kucing suka bermain dengan sepatu yang dilansir laman Hepper dan The Spruce Pets.

1. Bau yang familiar

ilustrasi kucing bermain dengan sepatu (pexels.com/洪駿璿)

Kucing memiliki indra penciuman yang sangat tajam, bahkan 14 kali lebih kuat daripada manusia. Mereka juga memiliki reseptor penciuman dua kali lebih banyak di jaringan hidung mereka daripada manusia.

Kucing pun memiliki organ khusus yang terletak di langit-langit mulut yang disebut organ Jacobson, yang sama sekali tidak dimiliki oleh manusia. Organ ini memungkinkannya merasakan aroma dan feromon di udara, yang memberi mereka banyak informasi tentang hewan dan manusia di daerah tersebut. 

Kucing secara alami ingin tahu dan akan menyelidiki bau yang baru dan bau yang familier bagi mereka dan yang membuat mereka merasa aman dan nyaman. Karena sepatu adalah salah satu benda yang memiliki bau tajam, tak heran jika ini kerap membuat kucing terobsesi.

Baca Juga: Cara Menangkap Kucing Liar yang Aman dan Tidak Menyakitinya

2. Wilayah yang diklaim

ilustrasi kucing bermain dengan sepatu (unsplash.com/Leon Seibert)

Kucing membuat dan mengeluarkan feromon beraroma unik di kelenjar di seluruh tubuh mereka, termasuk pipinya. Saat kucing menggosokkan wajahnya pada manusia atau benda tertentu, sebenarnya ini adalah cara mereka mengklaim manusia atau benda tersebut sebagai miliknya.

Ini juga membantu kucing untuk berkomunikasi dengan kucing lain bahwa sepatu tersebut termasuk dalam wilayah mereka. Perilaku ini cukup umum jika kamu memiliki banyak kucing di rumah karena mereka akan mencoba membedakan wilayah satu sama lain.

3. Zona nyaman

ilustrasi kucing bermain dengan sepatu (unsplash.com/Elibet Valencia Muñoz)

Benda-benda yang berbau seperti si pemilik kucing, entah itu pakaian, sepatu, selimut, dapat membuat kucing merasa nyaman. Tidur di atas sepatu bisa menjadi metode menenangkan bagi kucing saat mereka sedang ditinggal oleh pemiliknya. 

Tak cukup tidur atau bermain di dekat sepatu, kucing mungkin akan  memindahkan sepatumu ke lokasi lain. Kucing mungkin membawa sepatu  ke tempat yang mereka sukai sebagai cara untuk menjaga barang kesayangannya tetap dekat dan aman.

Jika kucing disapih terlalu cepat, mereka mungkin akan menyusu pada sepatu atau kaus kaki. Ini karena kucing yang disapih terlalu cepat dari induknya sering mengalami fiksasi oral dan cenderung menggigit atau menyusu pada benda-benda yang berbau seperti pemiliknya sebagai metode untuk menenangkan diri.

4. Mencari perhatian

ilustrasi kucing bermain dengan sepatu (unsplash.com/Reba Spike)

Bermain dengan sepatu adalah salah satu taktik kucing untuk menarik perhatian pemiliknya. Kucing adalah hewan yang sangat cerdas dan dapat dengan mudah mengetahui tindakan mana yang akan mendapatkan reaksi paling interaktif dari pemiliknya.

Bahkan, jika kamu sudah menghabiskan cukup banyak waktu untuk bermain, kucing mungkin masih merasa perlu mendapatkan perhatian secara berbeda. Perilaku ini adalah bagian dari kemampuan sosial alami mereka.

Baca Juga: Cara Mengobati Kucing Cacingan, Pahami Dulu Gejalanya

Verified Writer

Eka Ami

https://mycollection.shop/allaboutshopee0101

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya