TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenapa Game Online Bikin Kamu Kecanduan? Ini Penjelasannya!

Bukan sekadar level, tapi eksistensi dan harga diri guys!

denison.edu

Sebenarnya pada dasarnya setiap orang suka bermain. Secara psikologis, anak-anak hingga orang dewasa menyukai berbagai bentuk permainan. Alasannya sederhana, sebuah permainan apalagi jika dilakukan bersama-sama dapat memberikan efek bahagia dan menyenangkan.

Begitu juga dengan permainan virtual seperti game online yang memiliki efek menggembirakan bagi kamu para gamers. Perbedaannya, ada beberapa permainan yang memiliki kadar yang membuat pemainnya merasa kecanduan lebih besar untuk terus dan terus bermain dibanding dengan yang lain.

Nah, kenapa ya game online itu bisa membuat kamu kecanduan?

1. Kamu dibuat tergoda untuk mencapai target level dan skor lebih tinggi

dotesports.com

Setiap game online selalu menampilkan skor sementara yang telah diraih oleh pemainnya. Pemain biasanya juga diiming-imingi akan mendapat item tertentu atau naik level jika dapat memperoleh skor tertentu. Ini membuat para gamers tertantang dan ingin terus menerus bermain.

2. Manusia memang makhluk sosial, kamu senang bermain dengan orang lain walau hanya di dunia virtual

itservice.com.pe

Berbeda dengan game konvensional, game online dapat dimainkan secara bersama-sama dalam jumlah lebih banyak orang yang terlibat. Dalam game online juga ditampilkan fitur chat yang dapat menghubungkan antara satu gamers dengan yang lain. Yang paling candu adalah kalau kamu mainnya dengan teman-temanmu.

3. Masalah eksistensi, kamu butuh pengakuan dari orang lain

virtualverbal.com

Tidak adanya game over dalam game online adalah hal yang sengaja di desain oleh para developer game. Yang terpenting bukanlah skill kamu, tetapi kontinuitas kamu dalam main game. Maka kamu akan tetap diberi kesempatan naik level asalkan rutin bermain. Sementara kamu sendiri memang butuh pengakuan dari temanmu, ada kebanggan jika kasta kamu dalam game sudah di atas mereka

4. Seperti memiliki hewan peliharaan, kamu punya ikatan emosional dengan avatar dalam game

nowloading.co

Setiap game online memberikan kesempatan para gamers untuk mempunyai avatar pribadi dengan nama dan tipe yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Avatar ini awalnya masih newbie dan culun. Tapi jika kamu sering bermain, kamu bisa mendapat item yang akan menambah keren avatar kamu. Kamu menjadi punya ikatan emosional dengan avatar dalam game dimana hal itu mendorong kamu untuk kembali bermain game lagi.

Baca Juga: 5 Game yang Tak Disangka Terinspirasi dari Kisah Nyata

Verified Writer

Eka Supriyadi

Calon teman baik kamu :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya