Comscore Tracker

5 Game yang Tak Disangka Terinspirasi dari Kisah Nyata

#Gadget101 Tak banyak orang yang mengetahuinya

Imajinasi dan realita menjadi dua hal yang harus berjalan beriringan demi bisa menciptakan suatu karya fiksi yang memukau. Contohnya, beberapa game-game besar yang ada dipasaran, memang dibuat lewat cerita dari developer yang menggunakan fiksi sebagai basis cerita atau plot utama. 

Namun, bukan berarti game-game tersebut tidak menggunakan material fakta atau realita sama sekali di dalamnya. Ada beberapa game yang tidak diketahui oleh banyak orang, yang ternyata diangkat dari kisah nyata. Tanpa perlu berbasa-basi lagi, berikut ulasannya.

1. The Town Of Light

5 Game yang Tak Disangka Terinspirasi dari Kisah Nyatamicrosoft.com

The Town Of Light mengikuti cerita seorang gadis remaja bernama Renee, yang mengunjungi kembali institusi atau rumah sakit tempat ia ditahan demi bisa menyembuhnya luka fisik maupun mental yang pernah menimpanya. Tak banyak yang mengetahui jika Rumah Sakit Psikiatri Volterra, ada di dunia nyata. 

Rumah sakit khusus pasien sakit jiwa itu terletak di Tuscany, Italia dan dibangun pada tahun 1800-an. Sudah ada lebih dar 6.000 pasien ‘gila’ yang pernah tinggal di sana, dengan sebagian besar diantaranya berakhir meninggal dengan cara yang mengerikan. 

Meski kisah Renee dalam The Town Of Light merupakan fiktif, penyalahgunaan kekuasaan yang ada di dalamya, sebenarnya memang terjadi dan dilakukan di dunia nyata.

2. The Saboteur

5 Game yang Tak Disangka Terinspirasi dari Kisah Nyatasegmentnext.com

Latar belakang dari Sean Devlin yang menjadi karakter protagonis utama pada The Saboteur, rupanya mengambil inspirasi penuh dari William Grover-Williams. William sendiri merupakan seorang pembalap Grand Prix yang sangat sukses pada masanya. Setelah melarikan diri dari kependudukan Jerman di Perancis, ia direkrut oleh Inggris untuk menabur penih perlawanan di Paris. 

Naasnya, karir William di usaha perlawanan melawan Nazi itu berakhir mengenaskan. Ia ditangkap, diinterogasi sebelum akhirnya dieksekusi oleh pasukan Nazi pada tahun 1945. Di dalam The Saboteur, tidak hanya latar belakang karakter saja yang terinspirasi, namun hampir keseluruhan cerita dan latar tempat yang diusung juga terinspirasi. 

3. L.A Noire

5 Game yang Tak Disangka Terinspirasi dari Kisah Nyataeveryeye.it

Cole Phelps yang menjadi karakter utama dari game L.A Noire mungkin merupakan karakter karangan dari tim kreatif Team Bondi. Namun, sebagian besar atau bisa dibilang semua dari kasus yang ada pada game bertema detektif ini diangkat dari kisah nyata.

Setiap kasus yang dihadirkan merupakan hasil penelitian dari kasus asli yang kemudian disesuaikan dengan cerita dari L.A Noire itu sendiri, tanpa mengurangi esensi dari kasus tersebut. Contohnya, kasus Red Lipstick Murder, diambil dari kasus pembunuhan seseorang bernama Jeanne French, pada tahun 1947. 

Dalam cerita aslinya, tubuh dari tentara veteran berusia 45 tahun itu ditemukan dalam kondisi telanjang dan memar. Kemudian, di sepanjang tubuhnya, terdapat banyak pesan-pesan yang ditulis menggunakan lipstick berwarna merah. 

4. Nioh

5 Game yang Tak Disangka Terinspirasi dari Kisah Nyatametro.co.uk

Sebagian besar konten yang ada di dalam Nioh memang berbentuk fiksi. Contohnya, iblis yang menjadi musuh utama pada dasarnya tidak ada dan juga konflik yang ada di dalam ceritanya sebenarnya hanya karangan developer saja. 

Akan tetapi, di satu sisi, William sang karakter utama, merupakan orang asli yang memang benar-benar bermigrasi ke Jepang. William Adams yang asli merupakan seorang navigator, yang dipercaya merupakan orang Inggris pertama yang menjejakkan kaki di Inggris. 

Tak sampai di situ saja, William juga diketahui merupakan teman dekat dari Tokugawa Ieyasu – seseorang yang bertanggung jawab atas bersatunya Jepang dan lahirnya periode Edo.

5. Kholat

5 Game yang Tak Disangka Terinspirasi dari Kisah Nyataallgamers.com

Kholat yang merupakan game survival horror dari IMGN.PRO, mengambil inspirasi dari insiden Dyatlov Pass yang terjadi pada tahun 1959. Insiden tersebut terjadi di Pegunungan Ural, Uni Soviet dan melibatkan sembilan orang pendaki yang kesemuanya berakhir tewas dengan cara yang mengenaskan. 

Salah satu mayat yang ditemukan, bahkan berada dalam kondisi mata dan lidahnya menghilang. Insiden ini tentu saja menimbulkan banyak teori konspirasi, mulai dari keterlibatan militer, paparan radiasi, kehadiran makhluk luar bumi a.k.a alien, hingga eksistensi sosok Yeti yang hingga saat ini masih menjadi mitos. 

Nah, kamu tertarik coba yang mana dulu nih?

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You