TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kucing 101: Ini 5 Cara agar Kucing Tidak Mengalami Dehidrasi 

Gak hanya manusia yang bisa dehidrasi, kucing juga!

Mnn.com

Sebagian besar kucing tidak dapat meminum air dalam jumlah yang cukup. Hal ini terjadi karena kucing lebih suka mengonsumsi sesuatu secukupnya. Jadi, kita kadang hanya bisa berasumsi bahwa mereka tahu apa yang baik untuk kesehatan mereka sendiri.

Tidak semua daya tahan tubuh kucing itu sama, bahkan mereka juga bisa terkena dehidrasi layaknya manusia karena sistem ekskresi yang mereka miliki (terutama ginjal) sangat rentan. Dilansir laman Catster dan Vetted PetCare, cegahlah dengan cara-cara berikut ini.

1. Berikan makanan basah

Unsplash.com/freestock.org

Cara yang paling sederhana agar kucing tidak mengalami kekurangan air dengan memberikan wet food untuk mereka. Jika mereka memang tidak bisa memakan makanan jenis ini, tambahkan air atau air daging pada makanan keringnya. Cara ini wajib dicoba karena beberapa kucing biasanya sangat suka terhadap makanan yang berupa sup.

Baca Juga: Kucing 101: 5 Jenis Kucing Tanpa Bulu yang Cocok Kalau Kamu Alergi

2. Tambahkan potongan es ke makanannya

Unsplash.com/Hans Reniers

Es batu berbentuk kubus atau potongan-potongan kecil juga dapat memberi tambahan air pada makanan kucing. Hal ini karena es bisa berubah wujud menjadi air dengan sendirinya dan biasanya kucing juga suka jika makanannya terasa dingin.

3. Kurangi porsi makan dan tambahkan camilan

Unsplash.com/Zane Lee

Kucing pada umumnya akan minum meskipun mereka tidak makan. Namun, tak sedikit dari mereka yang berbuat sebaliknya yaitu sering minum karena sering diberi makan. Oleh karena itu, sebisa mungkin cobalah untuk mengurangi porsi makanan pokok dan tambahlah porsi camilan mereka.

Semakin sering tenggorokan mereka diisi makanan ringan, semakin sering pula mereka akan meminum air.

4. Letakkan mangkuk air di dekatnya

Pethealthnetwork.com

Kucing akan senang jika mereka menemukan sumber air yang mudah dijangkau. Jika mereka memiliki kandang atau rumah khusus, mangkuk yang berisi air dapat diletakkan di depannya agar mereka tidak kesulitan minum ketika haus.

Apabila tidak berhasil, tempatkanlah mangkuk tersebut di area yang strategis karena kucing pasti mempunyai setidaknya satu tempat yang menjadi favorit mereka. Jangan lupa rajin mengisi ulang mangkuk air ini karena penting bagi kucing untuk meminum air yang bersih dan sehat.

Baca Juga: Kucing 101: Mengenal Siberian, Jenis Kucing yang Sering Dikira Persian

Verified Writer

Jeon JK

Cat lovers~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya