Comscore Tracker

Kucing 101: Mengenal Siberian, Jenis Kucing yang Sering Dikira Persian

Mirip banget, padahal beda!

Kalau kamu ingin pelihara kucing berukuran sedang, semi-berambut panjang yang sangat menarik untuk dilihat dan juga hewan peliharaan yang penuh kasih sayang, tidak perlu mencari yang lain selain kucing Siberian.

Kucing Siberian adalah kucing hutan asli Rusia yang berbulu tebal. Kucing Siberian punya tubuh yang solid dan berotot dengan perkembangan tulang yang substansial.

Kucing Siberian ini memiliki kepribadian yang menyenangkan — ramah, penuh kasih sayang, ramah, dan bersemangat — sehingga menjadikannya teman kucing yang luar biasa. Meskipun kucing Siberia adalah kucing yang relatif pendiam, tapi suara meongan mereka terdengar sangat manis dan lembut.

Ini dia beberapa fakta mengenai kucing imut ini.

1. Sejarah kucing Siberian

Kucing 101: Mengenal Siberian, Jenis Kucing yang Sering Dikira Persianbrit-petfood.com

Kucing Siberian berasal dari Rusia. Sulit untuk mengatakan berapa lama kucing Siberian telah ada di Rusia, tetapi berdasarkan dongeng Rusia dan buku anak-anak, mereka mungkin sudah ada selama ratusan tahun dan mungkin selama 1.000 tahun lamanya.

Kucing Siberian dideskripsikan dalam buku berjudul Our Cats and All About Them oleh Harrison Weir, yang awalnya diterbitkan pada tahun 1889. Kucing Siberian sudah diakui oleh Cat Fanciers’ Association dan The International Cat Association.

Ekspresi manis khas kucing Siberian berasal dari kontur wajah bulat, moncong agak pendek dengan sedikit kelengkungan, dan mata hampir bulat berwarna cerah. Rasanya sulit untuk tidak menyukai kucing Siberaian dari pandangan pertama.

2. Perawatan kucing Siberian

Kucing 101: Mengenal Siberian, Jenis Kucing yang Sering Dikira Persianpetfocus.ca

Kucing Siberian cerdas dan sangat lucu. Jenis ini dikenal lambat berkembang. Dibutuhkan sekitar lima tahun untuk kucing Siberian berkembang sempurna hingga usia dewasa. Ini artinya, lima tahun pertama kucing Siberian biasanya akan bertingkah seperti anak kucing yang menggemaskan.

Kucing ini suka memanjat, mengeksplorasi, dan bermain. Potonglah kuku-kukunya secara teratur dan periksa kotoran dan kotoran di telinganya. Bersihkan telinga dengan bola kapas dan pembersih telinga yang lembut (jangan pernah menyeka kapas atau apa pun ke dalam saluran telinga). Jika telinga terlihat merah atau sangat kotor, jadwalkan pemeriksaan dengan dokter hewan.

Di cuaca panas atau embap, kucing Siberian akan menggugurkan bulunya agar tidak kepanasan. Di cuaca yang cenderung dingin ia akan menebalkan bulunya sehingga butuh disisir dan dimandikan lebih sering.

Baca Juga: Kucing 101: 8 Fakta Chausie, Kucing Ramah yang Kerap Dikira Liar

3. Masalah kesehatan umum

Kucing 101: Mengenal Siberian, Jenis Kucing yang Sering Dikira Persianpets4homes.co.uk

Kucing Siberian adalah jenis yang umumnya sehat, tetapi kelainan terkait genetik yang diketahui terjadi pada beberapa kucing Siberian: kardiomiopati hipertrofik, suatu bentuk penyakit jantung yang menyebabkan penebalan otot jantung.

Penting untuk membawa kucing ke dokter hewan untuk mendapat pemeriksaan medis rutin agar kesehatannya tetap terjaga.

4. Pola makan

Kucing 101: Mengenal Siberian, Jenis Kucing yang Sering Dikira Persiancms.vetstreet.com

Konsultasikan dengan dokter hewan untuk memilih makanan terbaik untuk kucing Siberianmu. Meskipun dryfood tetap jadi pilihan utama, tapi wetfood juga dianjurkan karena memiliki kandungan air lebih banyak. Sebab kebanyakan kucing tidak minum cukup air, yang dapat mempengaruhi kesehatan mereka secara keseluruhan, termasuk kesehatan ginjal mereka. 

5. Pro dan kontra memelihara kucing Siberian

Kucing 101: Mengenal Siberian, Jenis Kucing yang Sering Dikira Persiansiberian-cats.biz

Pro:

  • Berpotensi hipoalergenik untuk beberapa penderita alergi tertentu
  • Penuh kasih sayang, menyenangkan, dan energik; rukun dengan anak-anak dan hewan lainnya
  • Suka bermain air

Kontra:

  • Bulu panjang membutuhkan lebih banyak perawatan daripada kucing lainnya
  • Kadang bisa terlalu aktif sehingga akan cenderung banyak mengeong dan vokal

Meski terlihat sama seperti kucing Persia, sebenarnya kedua kucing ini sangatlah berbeda. Jadi jika kamu mempertimbangkan kucing bulu panjang selain Persia, kucing Siberian mungkin bisa jadi pilihanmu.

Baca Juga: Kucing 101: 5 Jenis Kucing Tanpa Bulu yang Cocok Kalau Kamu Alergi

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya