TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenapa Kucing Suka Minum Air WC? Ini Penjelasannya

Konon, menurut kucing sih gak kotor

ilustrasi kucing di kamar mandi (pexels.com/zülal kaya)

Sudah beli water fountain, eh anabul masih saja minum di WC. Padahal, kalau dipikir-pikir, air yang pemilik sediakan tentu lebih bersih daripada air toilet. Kok kamu aneh, sih, cing?

Kebiasaan kucing minum air toilet yang unik bin ngeselin ini suka bikin pemilik bertanya-tanya sekaligus khawatir. Nah, sebetulnya kenapa kucing suka minum air WC

Kenapa kucing suka minum air WC?

Sama dengan kenapa kucing suka garuk sofa, ada alasan di balik kebiasaan kucing satu ini. Kucing minum air WC memang kerap ditemukan, meski tidak semua anabul bertingkah demikian. 

Sebelum melarangnya, kamu perlu tahu dulu penyebab kucing suka minum air WC. Dengan demikian, kamu bisa menentukan metode yang tepat untuk mengajari anabul minum di tempatnya.

1. Air WC terasa lebih segar

ilustrasi kucing minum (unsplash.com/dorothea oldan)

Bagi manusia, tentu tidak terpikir kalau air toilet lebih segar dari air di gelas. Namun, jangan heran kalau kucingmu berpendapat sebaliknya. Mungkin kucingmu beranggapan air WC justru seperti es teh di siang hari.

Alasannya, karena air di WC terus bergerak dan berganti setelah digunakan. Hal tersebut membuat kadar oksigen dalam air pun ikut berganti. Selain itu, bahan porselen yang digunakan di kamar mandi juga membuat air terasa lebih dingin. Berbeda dengan air di mangkuknya yang hanya diganti sehari sekali atau lebih lama. Bisa jadi, kucing menganggap air yang kamu sediakan telah basi, melansir Cat Behavior Associate.

2. Air WC lebih bersih

ilustrasi kucing minum (unsplash.com/engin akyurt)

Makin gak masuk akal, gimana ceritanya air WC lebih bersih? Faktanya, kucing beranggapan demikian. Selain oksigen yang terus berganti, air toilet yang rutin digunakan juga tidak menggenang. Hal tersebut membuat air bebas bulu, rambut, atau kotoran lainnya.

Mangkuk air minum kucing yang sering diganti mungkin lebih bersih. Namun, jika kamu menggantinya sehari sekali, biasanya terdapat bulu halus mengapung yang membuat kucing enggan meminumnya. Rasa air juga berubah karena telah bercampur dengan liur si anabul.

Baca Juga: 6 Cara Berkomunikasi dengan Kucing, Pahami Maksud Anabul

3. Menyenangkan menurut anabul

ilustrasi kucing di kamar mandi (pexels.com/alina vilchenko)

Melihat air yang berputar saat di-flush atau disiram ternyata jadi suatu hal menyenangkan menurut kucing. Apalagi jika anabulmu termasuk tipe yang penasaran. Wah, bisa-bisa dia jongkok seharian di depan toilet.

Setelah puas melihat, selanjutnya anabul mungkin memasukkan satu kakinya ke air. Ketika rasa penasarannya makin menjadi, ia akan mulai meminum air dari toilet. 

Kalau sudah merasa senang, kucing pasti mengulangi lagi. Jika dibiarkan, tentu ia akan melupakan mangkuk air minum dan berpaling ke WC.

4. Faktor naluriah dan jauh dari makanan

ilustrasi kucing di kamar mandi (pexels.com/jenna hamra)

Alasan kenapa kucing suka minum air WC bisa jadi karena insting naluriahnya. Saat di alam liar, kucing cenderung memilih air dingin dibanding air hangat. Sebab, air dengan suhu tinggi yang telah diteguk sekali bisa mengandung koloni bakteri hingga 38.000 dalam waktu kurang dari 48 jam, melansir Pet Helpful.

Selain itu, kucing juga cenderung memilih sumber air yang jauh dari mangsanya guna menghindari kotor karena darah atau hal lainnya. Meski demikian, mulut kucing dipenuhi mikroorganisme yang mampu melawan bakteri berbahaya, bahkan dalam daging mentah.

Kelebihan anatomi kucing tersebut juga mampu mengatasi sejumlah kecil kontaminan toilet. Lebih lanjut, kucing memiliki sistem kekebalan tubuh yang cukup kuat melawan kotoran, lho!

5. Mencari tempat tenang

ilustrasi kucing minum di ruang makan (pexels.com/cottonbro)

Sering kali, kucing diberi makan dan minum di tempat yang ramai lalu lalang orang, seperti di dapur. Derap langkah terburu-buru, juga senggolan yang mungkin terjadi tanpa disengaja membuat kucing terganggu.

Bahkan jika kucingmu sensitif, kondisi ramai saat makan atau minum dapat membuatnya stres. Akhirnya, anabul pun mogok makan dan malas minum.

Di tengah kondisi yang menyebalkan, kucing merasa WC memiliki cukup air dan tempat tenang untuk minum. Jadi, ini merupakan salah satu alasan kenapa kucing suka minum di WC. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya