TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rumus Luas Layang-Layang: Pengertian dan Contoh Soalnya

Jadi bisa bikin layang-layang sendiri di rumah, deh!

Ilustrasi bermain layang-layang (pexels.com/cottonbro)

Ada yang suka main layang-layang saat kecil? Mungkin kamu sempat bertanya-tanya bagaimana cara membuat layangan yang kamu mainkan dulu.

Sebelum membuatnya, kamu mesti tahu lebih dulu perhitungan dan rumus luas layang-layang agar ukurannya tepat dan bisa terbang. Lalu, bagaimana cara menghitung luas layang-layang? Simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Pengertian bangun layang - layang

ilustrasi layang-layang (pixabay.com/dimitrisvetsikas1969)

Layang-layang merupakan bangun datar yang memiliki empat buah sisi yang sama besarnya dengan dua diagonal. Lebih mudahnya, diagonal bisa disebut dengan D1 dan D2 yang saling berpotongan sehingga membentuk sudut siku-siku.

Kamu bisa menentukan luas layang-layang dengan mudah. Untuk bisa menghitung luas layang-layang yang memiliki satuan cm persegi maka diperlukan sebuah rumus matematika.

Baca Juga: Rumus Luas Trapesium: Pengertian dan Contoh Soalnya

2. Rumus luas layang-layang

rumus luas layang-layang (dok. IDN Times)

Layang-layang memiliki rumus luas yang sama dengan belas ketupat karena bentuknya yang hampir sama pula. Namun, yang berbeda ialah panjang sisi dari masing-masing bangun, tetapi unsur pembangunnya sama-sama memiliki diagonal 1 dan diagonal 2.

Pada belah ketupat memiliki sisi yang sama besar. Sedangkan layang-layang memiliki dua pasang sisi yang selalu lebih panjang jika dibandingkan dengan pasangan sisi lainnya.

Adapun rumus luas layang-layang yang bisa kamu catat, yaitu:

L = ½ x D1 x D2

Baca Juga: Rumus Barisan dan Deret Aritmatika: Pengertian dan Contoh Soalnya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya