TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kamu Pelupa? Baca Dulu Beberapa Faktanya Ini, Gak Melulu Buruk Kok!

Kalau kamu pelupa, harus baca ini

bbci.co.uk

Banyaknya informasi yang kita terima setiap saat, membuat memori otak kita terasa penuh dan lupa akan hal-hal yang sebelumnya, meskipun hal-hal yang sepele. Tapi ini memang benar.

Semakin banyak informasi yang kita terima, semakin besar kemungkinan kita untuk lupa akan hal lain. Berdasarkan berbagai penelitian mengenai daya ingat manusia, berikut ini beberapa fakta menarik mengenai orang pelupa. Cekidot!

Baca Juga: Biar Mudah Mengingat, Ini 7 Trik Jitu Khusus Kamu yang Pelupa

1. Lupa berbeda dengan pikun

theladders.com

Lupa dan pikun jelas berbeda. Orang pelupa disebabkan oleh adanya gangguan pada pusat konsentrasi. Bisa dialami oleh orang muda atau tua. Sedangkan pikun disebabkan oleh menurunnya kemampuan seseorang untuk berpikir. Penderita pikun biasanya berusia sekitar 55 tahun. 

Orang pelupa tidak mengingat sesuatu hanya dalam waktu sekejap. Apabila kejadian itu terulang, dia akan bisa mengingat kembali. Sedangkan pikun tidak mengingat dalam waktu yang lama meskipun terjadi berulang kali.

2. Orang pelupa itu cerdas

elitereaders.com

Sebuah penelitian oleh Blake Richards, peneliti University of Toronto, mengungkapkan bahwa lupa adalah hal yang normal dan menandakan otakmu sehat. Otakmu sedang membuang hal-hal yang tidak terlalu penting dan memberi ruang untuk informasi-informasi baru yang lebih berguna dan kamu butuhkan. 

Richards mengatakan bahwa sebenarnya otak tidak hanya sekedar menyimpan memori dan mengirimkan semua informasi untuk disimpan dari waktu ke waktu, melainkan juga mengoptimalkan ruang penyimpanan yang penting dalam rangka pengambilan keputusan, menyimpan yang penting dan melupakan yang tidak penting.

Baca Juga: Ada 7 Tipe Pelupa di Dunia, Kamu Pasti Punya Salah Satunya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya