TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

12 Potret Spesies Kelelawar Terunik di Dunia, Ada yang Berambut Mohawk

Termasuk kelelawar vampir

washington.edu

Kelelawar adalah hewan yang terkenal karena merupakan satu-satunya jenis mamalia yang bisa terbang. Kamu pasti sudah tahu seperti apa penampilan dan kebiasaan mereka. Tapi ragam jenis kelelawar sebenarnya sangat banyak. National Geographic menyebut bahwa kelelawar terdiri dari 1.300 spesies. Itu sama dengan 20 persen dari seluruh spesies mamalia!

Nah, dari sekian banyak spesies tersebut, tentu beberapa di antaranya memiliki keunikan yang tak biasa. Mulai dari ukuran, penampilan, maupun kebiasaannya, inilah potret 12 spesies kelelawar terunik di dunia.

1. Besar banget ya ukurannya! Ini adalah spesies kelelawar terbesar di dunia, yaitu kelelawar raksasa bermahkota emas 

rayanworld.com

Bernama latin Acerodon jubatus, kelelawar ini memiliki bentang sayap yang mencapai 1,7 meter! Namun tubuh mereka sebenarnya gak terlalu besar, dengan panjang hanya sekitar 30 cm, seperti dilansir Science Alert. Kelelawar ini merupakan endemik Filipina, artinya mereka gak terdapat di negara lain.

2. Sementara gelar kelelawar terkecil di dunia dimiliki oleh kelelawar lebah, yang beratnya hanya mencapai 2 gram! 

lazerhorse.org

Bentang sayap kelelawar lebah (Craseonycteris thonglongyai) pun hanya mencapai 18 cm saja. Selain menjadi kelelawar terkecil, mereka juga adalah salah satu mamalia terkecil di dunia. Kelelawar mungil ini hidup di Asia Tenggara, tepatnya di kawasan Thailand dan Myanmar.

3. Kelelawar juga banyak yang berpenampilan unik, salah satunya kelelawar bulldog ini 

demurcielagos.org

Tahukah kamu kenapa mereka dinamakan kelelawar bulldog? Ya, wajah dan moncong mereka yang bergelambir membuat kelelawar ini tampak mirip anjing bulldog. Dilansir Britannica, kelelawar bulldog terdiri dari 2 spesies, yaitu kelelawar bulldog besar (Noctilio leporinus) dan kelelawar bulldog kecil (Noctilio albiventris).

4. Yang satu ini juga memiliki penampilan unik karena bentuk kepalanya seperti palu jika dilihat dari samping 

the-scientist.com

Nama kelelawar ini adalah kelelawar berkepala palu (Hypsignathus monstrosus). Mereka merupakan kelelawar pemakan buah yang hidup di Afrika Tengah. Dan mereka adalah spesies kelelawar terbesar di Afrika, dengan bentang sayap hampir 1 meter serta berat 450 gram.

5. Kelelawar ini juga berwajah unik karena memiliki helai 'daun' pada hidungnya 

alchetron.com

Daun hidung itu konon tampak seperti tapal kuda, sehingga spesies kelelawar ini diberi nama kelelawar tapal kuda Maclaud (Rhinolophus maclaudi). Dilansir laman Earth's Endangered, daun hidung kelelawar ini cukup besar dan bahkan hampir menutupi lubang hidungnya sendiri. Kelelawar ini adalah endemik negara Guinea di Afrika Barat.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Hammer Headed Bat, Spesies Kelelawar Terbesar di Afrika!

6. Gak hanya manusia, kelelawar juga bisa lho, berambut mohawk! 

kiwifarms.net

Kelelawar yang tampak seperti anak punk ini bernama kelelawar chapin (Chaerephon chapini). Mereka berukuran cukup kecil dan hidup di Afrika Tengah dan Selatan. Sayangnya, laman Science Source menyebut bahwa belum banyak yang diketahui soal kelelawar yang unik ini.

7. Kelelawar biasanya identik dengan warna hitam atau cokelat, tapi kelelawar yang berwarna putih bersih juga ada, lho 

theinvertedperspective.com

Salah satunya adalah kelelawar putih honduras (Ectophylla alba) yang hidup di Amerika Tengah dan Karibia ini. Ukuran kelelawar ini sangat kecil, bentang sayapnya hanya mencapai 10 cm dan berat 5,6 gram, seperti dilansir Animal Diversity. Makanan kelelawar yang imut ini adalah buah-buahan.

8. Kelelawar ini juga memiliki warna yang sangat unik, hitam-putih sehingga mereka diberi nama kelelawar panda! 

businessinsider.com

Kelelawar panda (Niumbaha superba) baru ditemukan pada 2013 lalu di Sudan Selatan. Kelelawar ini berpenampilan sangat unik sehingga para ilmuwan menciptakan genus baru untuk mereka, yaitu Niumbaha yang berarti aneh atau langka.

9. Kelelawar memang terkenal memiliki telinga yang lebar, tapi kelelawar tutul ini punya telinga yang bahkan lebih besar lagi 

animalspot.net

Kelelawar tutul (Euderma maculatum) dinamakan berdasarkan titik-titik putih yang terdapat di pundak dan bokongnya. Panjang tubuhnya mencapai 12,6 cm, sedangkan telinganya sendiri bisa mencapai 4,7 cm alias sepertiga ukuran tubuhnya! Kelelawar ini bisa ditemukan di Amerika Utara.

10. Bukan citah, gelar mamalia tercepat di muka bumi sebenarnya dipegang oleh kelelawar meksiko ini! 

arizonahighways.com

Dalam bahasa Inggris kelelawar ini dikenal dengan nama mexican free-tailed bat (Tadarida brasiliensis). Menurut laman Nature, kelelawar ini adalah mamalia tercepat di dunia karena bisa terbang dengan kecepatan 160 km/jam! Itu jauh mengungguli citah yang 'hanya' bisa mencapai kecepatan 120 km/jam. Luar biasa!

11. Benarkah kelelawar suka mengisap darah? Ya, tapi kamu gak perlu khawatir karena mereka biasanya gak mengincar manusia 

barcroft.tv

Kelelawar yang makan darah disebut kelelawar vampir, dan mereka terdiri dari 3 spesies yang semuanya hidup di Amerika Tengah dan Selatan. Kelelawar vampir adalah pemakan darah sejati, artinya mereka hanya makan darah sepanjang hidupnya. Tapi tak seperti vampir dalam mitos, kelelawar ini biasanya mengincar darah mamalia besar seperti sapi, bukan manusia.

Baca Juga: 5 Fakta Kelelawar, Satu-satunya Mamalia yang Bisa Terbang

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya