Sedih! 6 Spesies Monyet Lucu Asal Indonesia Ini Terancam Punah

Yuk kita jaga satwa-satwa yang terancam punah ini

nhm.ac.uk

Spesies monyet dan kera yang ada di bumi sedang berada dalam permasalahan besar. 60% spesies primata ini termasuk monyet dan kera terancam punah dan setengahnya berada dalam angka kritis karena penurunan populasi yang tajam menurut penelitian yang dilakukan oleh Paul Garber.

Meningkatnya jumlah populasi manusia di bumi menjadi salah satu penyebab terancam punahnya spesies ini. Kehilangan habitat karena illegal logging, pertambangan dan pertanian, perburuan, jual beli binatang, dan perubahan iklim menjadi alasan utama penurunan spesies secara cepat.

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan hutan tropisnya yang kaya akan biodiversitas. Selai itu Indonesia merupakan rumah bagi 12% mamalia yang ada di dunia. Namun jika ditilik selama 20 tahun ke belakang, Indonesia selalu memiliki permasalahan terkait hutan.

Permasalahan hutan yang tidak pernah berkesudahan ini menyebabkan banyak spesies binatang yang terancam punah. Spesies monyet pun tidak luput dari ancaman ini. Berikut 6 spesies monyet asal indonesia yang terancam punah :

1. Miller's grizzled langur atau Lutung Banggat

ERIC FELL

Lutung banggat merupakan monyet yang berasal dari Kalimantan. Karena jumlahnya yang sedikit, keberadaannya sangat sulit ditemukan. Sehingga monyet ini sempat dinyatakan punah sampai ditemukan kembali pada Juni 2011.

Penyebab terancam punahnya monyet ini karena kehilangan habitat dan perburuan liar. Pada tahun 1990-an satwa ini sempat dilaporkan karena diburu secara besar-besaran. Perburuan ini dilakukan masyarakat sekitar karena menganggap batu empedu yang dimiliki monyet ini bagus untuk kesehatan.

2. Monyet Yaki atau monyet hitam Sulawesi

Stefano Unterthiner

Monyet Yaki merupakan satwa endemik yang berasal dari Sulawesi Utara. Monyet ini memiliki ciri khas karena tubuhnya yang bewarna hitam pekat dan rambut berbentuk jambul di kepalanya.

Untuk ukuran tubuh pun, monyet Yaki cukup besar dibandingkan monyet Sulawesi lainnya, karena monyet ini memiliki berat sekitar 7-15 kilogram. Penebangan hutan dan perburuan liar menjadi penyebab terancamnya populasi monyet yaki. Biasanya saat natal dan tahun baru, permintaan daging monyet yaki meningkat.

Baca Juga: Perubahan Iklim, Ikan Badut "Nemo" Diprediksi Terancam Punah!

3. Simakobu atau monyet ekor babi

speciesonthebrink.org

Simakobu merupakan nama lokal yang diberikan warga sekitar untuk monyet ekor babi ini. Monyet ini merupakan primata endemik di Pulau Mentawai. Monyet ini hidup dalam kelompok kecil yang terdiri dari 1 pejantan, 1 atau lebih betina, dan beberapa anakan.

Simakobu jantan dapat mengeluarkan suara keras yang akan terdengar sampai jarak 500 meter. Monyet ini memiliki ekor seperti babi dengan panjang kurang lebih 15 cm.Faktor yang menyebabkan primata ini terancam punah adalah kehilangan habitat, alih fungsi lahan, perburuan liar, serta perdagangan primata untuk peliharaan dan koleksi.

4. Monyet tarsius kerdil

alchetron.com

Tarsius kerdil merupakan monyet mungil yang berasal dari Sulawesi Tengah. Panjang tubuh monyet ini hanya sekitar 15 cm dengan berat hanya sekitar 80 gram. Ciri unik tarsius yang lain adalah ukuran matanya yang sangat besar. Ukuran matanya lebih besar ketimbang ukuran otaknya.

Selain itu kepala tarsius juga dapat berputar 180 derajat seperti burung hantu. Sehingga tarsius juga dijuluki dengan binatang hantu atau monyet hantu. Monyet ini dapat melompat sejauh 3 meter dari satu pohon ke pohon lainnya. Tepat 80 tahun setelah dinyatakan punah, namun pada tahun 2008 monyet ini kembali ditemukan. 

5. Monyet daun Natuna atau Kekah Natuna

iucnredlist.org

Kekah Natuna merupakan satwa langka yang berasal darai Pulau Natuna. Kekah Natuna tersebar di beberapa habitat dan ketinggian. Namun sayangnya belum ada daerah konservasi di kepulauan ini, sehingga keterancaman punahnya populasi ini semakin tinggi. Karena morfologinya yang lucu, banyak yang melakukan perburuan untuk dipelihara dan dikoleksi.

Hal ini karena tingginya permintaan pasar dan harga jual spesies ini, namun keteledoran sang pemelihara dalam memberikan makan menyebabkan kekah Natuna ini mati pada prosesnya. Selain itu kekah natuna merupakan spesies yang gampang stres dan tertekan.

Baca Juga: 8 Spesies Burung yang Diduga Sudah Punah Namun Ditemukan Kembali

Writer

Resty islamiati Putri

Tidak ada kata terlambat selama kamu mau mencoba

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya