TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

[VIDEO] Balapan Kura-kura & Kelinci, Siapa yang Menang? Ini Buktinya!

Bukan cuma dongeng, tapi terjelaskan secara sains

northernballet.com

Pernah dengar dongeng tentang kura-kura dan kelinci lomba lari? Siapakah yang menang? Kura-kuralah yang menang! Mungkin kamu terkejut saat pertama kali mendengar dongeng karya Aesop: The Tortoise and the Hare ini. Namun, gimana di kehidupan nyata? Apakah kelinci yang akan menang? Berikut ulasannya selengkapnya dari segi ilmiah?

1. Meski kelinci sempat memimpin, perlahan namun pasti kura-kura sampai lebih dulu di garis finis!

https://www.youtube.com/embed/m7NuVjpi72c

Coba perhatikan video di atas. Ada pertandingan kelinci melawan kura-kura seperti dalam dongeng Aesop. Di awal pertandingan, kelinci dengan cepat memimpin di depan. Berikutnya, perlahan namun pasti kura-kura menyusul dan akhirnya memenangkan pertandingan.

Uniknya, saat kamu lihat, kelinci yang awalnya memimpin, tampak teralihkan. Tiba-tiba dia terdiam dan memandang ke sana kemari. Terlihat seakan dia sudah gak berminat untuk melanjutkan pertandingan.

Baca Juga: Sedih Banget, 15 Hewan Ini Ternyata Punah karena Ulah Manusia Sendiri!

2. Perlahan tapi pasti lebih baik, daripada cepat tapi mudah teralihkan

bencourneyaillustrations.blogspot.com

Dongeng Aesop tadi adalah metafora tentang kehidupan. Adapun, usaha yang pelan-pelan tapi pasti lebih baik, daripada usaha yang cepat tapi sedikit-sedikit teralihkan. Namun, ternyata hal tersebut dapat dijelaskan secara sains loh. Kok bisa?  

3. Para ahli menemukan bahwa hewan tercepat sebenarnya adalah yang paling lambat

medium.com

Dilansir dari ScienceDaily, melalui jurnal Scientific Reports yang terbit pada 27 Agustus, Adrian Bejan, J.A. Jones, profesor Teknik Mesin di University of Duke menganalisis kecepatan hewan darat, laut dan udara. Bejan menunjukkan bahwa dilihat dari kecepatan rata-rata seumur hidup, hewan tercepat sebenarnya adalah yang paling lambat.

Beberapa hewan tercepat di dunia sebenarnya adalah yang paling lambat jika pergerakan mereka dirata-ratakan sepanjang hidup mereka. Mereka boleh bergerak cepat. Namun, sebenarnya mereka lebih banyak menghabiskan hidup mereka dengan berdiam diri.

Baca Juga: Duka Kematian Hewan Peliharaan Ternyata Lebih Menyakitkan dari Manusia

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya