TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Inilah Penyebab Mengapa Warna Kulit Manusia Berbeda, Perlu Kamu Tahu

Warna kulit yang berbeda menjadikan uniknya keberagaman

cookstreetvillageactivitycentre.com

Jumlah manusia di muka bumi saat ini diperkirakan berjumlah 7 miliar lebih. Dengan jumlah yang sebanyak itu, manusia di bumi tidaklah sama satu sama lain. Mulai dari suku, ras, serta salah satunya warna kulit.

Tapi pernahkah kamu penasaran mengapa warna kulit manusia berbeda-beda? Ada yang memiliki warna kulit putih, sawo matang, dan sebagainya. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan warna kulit berbeda-beda. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Pigmen pada manusia

webexhibits.org

Faktor utama penyebab warna kulit manusia berbeda-beda adalah melanin atau zat pigmen pada manusia. Pigmen memiliki fungsi untuk melindungi sel kulit agar tidak rusak akibat terkena paparan sinar ultraviolet matahari.

Jumlah pigmen akan bertambah jika terkena sinar ultraviolet matahari dan ini sangat mempengaruhi warna kulit. Jika terlalu sedikit, maka warna kulit akan terang. Dan jika terlalu banyak, maka warna kulit akan gelap.

Baca Juga: 6 Tips Makeup Untuk Kulit Wajah Kering, Biar Nampak Segar!

2. Genetik atau keturunan

financial-counselling.com

Faktor lain yang menyebabkan warna kulit manusia berbeda adalah faktor genetik atau keturunan. Jika orang tua kamu memiliki warna kulit berbeda, maka kamu akan memiliki warna kulit yang paling dominan. Atau bila orang tua kamu memiliki warna kulit yang sama tapi warna kulit kamu berbeda dengan orang tua kamu, bisa jadi kamu mendapatkan DNA warna kulit dari kakek atau nenekmu.

Baca Juga: 8 Warna Lipstik Natural Berdasarkan Tone Kulit, Cocok Buat Lebaran

Verified Writer

Xehi Dekirty

A person who wants to live in peace

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya