Comscore Tracker

5 Fakta Plankton, Biota Mikro yang Ikut Andil Memproduksi Oksigen

Contoh plankton adalah ubur-ubur 

Plankton di alam ini memiliki berbagai ukuran, namun umumnya ukuran mereka kecil, karenanya biota ini sulit untuk dilihat secara kasat mata dan harus menggunakan bantuan mikroskop. Kendati demikian, ada juga beberapa jenis plankton yang bisa dilihat karena ukurannya besar, salah satunya ubur-ubur yang termasuk dalam zooplankton.

Lantas apa keunikan plankton dan manfaatnya untuk hidup kita? Berikut ini 5 fakta menarik tentang plankton yang harus kamu ketahui.

1. Plankton tidak lihai dalam berenang

5 Fakta Plankton, Biota Mikro yang Ikut Andil Memproduksi Oksigenmissionofmermaids.com

Plankton tidak dapat melawan arus saat berada di lautan. Hal ini membuat plankton melayang dan hidup di lapisan atas lautan atau disebut zona epipelagis. Mengacu whoi.edu, satu jenis plankton di lautan seperti ubur-ubur merupakan perenang lemah yang tidak memiliki kelihaian berenang seperti makhluk laut lainnya.

Makanya tak heran ubur-ubur kerap terdampar ke pesisir pantai mengikuti arus gelombang laut. Oleh karena itu plankton terbilang pasif dalam bergerak sehingga mereka hanya mengandalkan arus dan juga angin.

2. Nama plankton berasal dari bahasa Yunani

5 Fakta Plankton, Biota Mikro yang Ikut Andil Memproduksi OksigenPixabay.com/Fabianduran

Nama plankton sendiri berasal dari bahasa Yunani. Mengacu academia.edu, istilah plankton pertama kalinya digunakan oleh Victor Hensen yang artinya mengembara atau berkeliaran. Dalam kesehariannya, plankton menjadi santapan makhluk hidup lainnya seperti ikan.

3. Ada dua jenis utama plankton

5 Fakta Plankton, Biota Mikro yang Ikut Andil Memproduksi OksigenPixabay.com/FotoshopTofs

Terdapat dua jenis utama plankton yang perlu diketahui yakni fitoplankton dan zooplankton. Fitoplankton adalah jenis plankton yang hidup di permukaan lautan. Contohnya seperti alga eukariota yang hidup di permukaan laut.

Adapun Zooplankton adalah hewan laut yang hidup sebagai plankton. Ukurannya kecil dan bertubuh lunak. Contohnya seperti protozoa kecil. Namun ada juga zooplankton yang berukuran besar seperti ubur-ubur.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Basking Shark, Si Hiu Raksasa Pemakan Plankton

4. Plankton berkontribusi memproduksi oksigen

5 Fakta Plankton, Biota Mikro yang Ikut Andil Memproduksi OksigenPixabay.com/Alvaro_Bejarano

Sebagai makhluk mikroorganisme, ternyata plankton punya peran penting dalam memproduksi oksigen. Mengacu nationalgeographic.org, tanaman yang hidup di dalam laut seperti fitoplankton, rumput laut, dan plankton alga berkontribusi menghasilkan oksigen bagi alam.

Oksigen tersebut merupakan produk sampingan dari proses fotosintesis yang dilakukan tanaman plankton tersebut.

Sebagai contoh, lewat proses fotosistesis , jenis plankton fitoplankton akan menyerap energi matahari serta nutrisi dari air demi menghasilkan makanan atau energi bagi kehidupan mereka.

Pada proses tersebut terjadi pelepasan molekul oksigen atau O2 ke dalam air sebagai limbah atau produk sampingan dari proses fotosintesis tersebut. Diperkirakan, 50% oksigen dunia dihasilkan oleh fotosintesis fitoplankton tersebut. Luar biasa ya!

5. Perubahan iklim mempengaruhi ketersediaan plankton di lautan

5 Fakta Plankton, Biota Mikro yang Ikut Andil Memproduksi Oksigensmithsonianmag.com

Kondisi iklim yang berubah dapat membuat ekosistem plankton terancam bahkan populasinya bisa terus berkurang. Mengacu oseanografi.lipi.go.id, terjadi penurunan populasi zooplankton dari kelompok Calanus di Laut Utara selama peridoe 1960-2000. Penurunan ini terjadi lantaran adanya perubahan iklim.

Contoh perubahan iklim yang populer adalah fenomenal El nino. El nino merupakan fonomena memanasnya suhu permukaan laut di samudera Pasifik bagian tengah hingga timur. Kondisi ini dapat membuat iklim berubah sehingga plankton di lautan pun terancam berkurang.

Demikianlah 5 fakta menarik seputar Plankton. Meski berukurang kecil, biota ini sangat banyak manfaatnya bagi ekosistem dan kelangsungan bumi ini. Untuk itu sebagai manusia kita harus menjaga alam ini agar apa yang sudah Tuhan ciptakan senantiasa terjaga dan tidak disalahgunakan.

Baca Juga: Bukan Pemangsa Ikan Laut, 3 Jenis Hiu Ini Pemakan Plankton Lho

Anggita Amelia Photo Verified Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya