Comscore Tracker

5 Jenis Anjing yang Sebaiknya Jangan Dipelihara Pemula

Karena kelima anjing ini memerlukan perhatian lebih

Anjing merupakan salah satu hewan yang lazim menjadi peliharaan manusia. Eksistensi anjing sebagai peliharaan manusia sudah ada bahkan sejak zaman dulu. Mereka dikenal akan keloyalannya pada pemilik. Mereka akan senantiasa setia pada majikannya sampai kapan pun, bahkan dalam beberapa kasus dapat merasakan kesedihan yang mendalam jika ditinggal oleh sang pemilik. Maka tidak heran ada ungkapan bahwa anjing merupakan sahabat manusia.

Di dunia ini ada berbagai macam jenis anjing yang memiliki keunikannya masing-masing. Mereka pun kemudian diklasifikasikan sesuai dengan ciri-ciri tertentu. Mulai dari ukuran, garis keturuan, hingga tempramen anjing tersebut. Klasifikasi tersebut tak jarang menjadi tolak ukur bagi keluarga yang ingin memelihara seekor anjing.

Nah, diantara banyaknya jenis anjing yang ada di luar sana, ternyata ada loh beberapa jenis anjing yang kurang cocok jika dipelihara oleh seorang pemula. Kira-kira jenis anjing apa saja ya?

1. Rottweiler

5 Jenis Anjing yang Sebaiknya Jangan Dipelihara PemulaPixabay.com/Alexas_Fotos

Sekilas anjing ini nampak sangat garang. Akan tetapi, jenis anjing rottweiler merupakan salah satu jenis anjing yang paling setia dengan pemiliknya. Biasanya, anjing jenis ini digunakan sebagai penjaga rumah karena ketangguhan dan kekuatannya yang luar biasa.

Meskipun dia amat setia pada pemiliknya, rottweiler dikenal sebagai anjing yang cukup agresif, terlebih jika ia merasa teritorinya merasa terancam. Anjing ini juga tidak segan untuk menyerang anjing lain jika tidak diawasi dengan benar. Oleh sebab itu, buat kamu yang masih pemula dan tidak punya banyak waktu untuk mengawasi si rottweiler, ada baiknya kamu mengurungkan niat untuk mengadopsi mereka ya!

2. Doberman Pinscher

5 Jenis Anjing yang Sebaiknya Jangan Dipelihara PemulaPixabay.com/patstatic

Anjing bertampang menyeramkan ini juga sering dijadikan pilihan utama sebagai penjaga rumah. Bahkan, beberapa orang menganggap kalau doberman merupakan salah satu dari anjing penjaga terbaik. Hal tersebut karena jenis anjing ini cenderung lebih pandai mengontrol emosinya. Ia hanya akan bersikap agresif hanya jika benar-benar merasa terancam

Akan tetapi, anjing ini memiliki energi besar dan sangat aktif sehingga pemilik anjing ini harus benar-benar pandai menguras energi dari anjing ini tiap harinya. Nah, oleh sebab itu sebagai pemula ada baiknya untuk tidak memulai memelihara anjing jenis ini jika belum tahu bagaimana cara merawatnya dengan benar.

3. Pit Bull Terrier

5 Jenis Anjing yang Sebaiknya Jangan Dipelihara PemulaPixabay.com/Lindasay

Anjing favorit orang Amerika, namun menjadi momok di Indonesia. Anjing jenis pit bull terrier sering kali dianggap sebagai anjing yang galak dan menyeramkan di Indonesia. Meskipun begitu, anjing ini sebenarnya bisa dipelihara sebagai anjing rumahan.

Namun, jika kamu seorang pemula yang berniat untuk memelihara mereka, sebaiknya urungkan dulu niatmu sebelum memahami betul karakter anjing ini. Hal tersebut karena jika salah dalam merawatnya, anjing ini malah akan menjadi semakin agresif pada siapapun termasuk pemiliknya. Dengan kekuatannya yang besar, jika kamu tetap memaksa untuk memelihara anjing ini pasti bakal kerepotan, deh.

Baca Juga: Gak Boleh Sembarangan, Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Berlari dengan Anjing

4. German Shepherd

5 Jenis Anjing yang Sebaiknya Jangan Dipelihara PemulaPixabay.com/Capri23auto

Anjing jenis german shepherd sering kali kita jumpai dalam tim kepolisian maupun militer sebagai anggota untuk mengidentifikasi sesuatu, misal bom atau obat-obatan terlarang. Jenis anjing ini memang lebih sering dimanfaatkan sebagai anjing kepolisian atau anjing penggembala sesuai dengan namanya, shepherd, daripada sebagai anjing peliharaan.

Kesulitan dalam pemeliharaan anjing ini mirip-mirip seperti doberman. Ia memang tidak terlalu agresif, akan tetapi jika tidak piawai dalam melatihnya sejak kecil anjing ini bisa menjadi berbahaya bagi orang disekitarnya karena karakternya yang suka menggigit. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari memelihara anjing ini jika belum siap untuk melatihnya dengan benar ya!

5. Great Dane

5 Jenis Anjing yang Sebaiknya Jangan Dipelihara PemulaPixabay.com/mtajmr

Anjing dengan ukuran luar biasa ini memang memiliki tempramen yang baik. Ia jarang menggonggong jika tidak terprovokasi. Mereka juga loyal pada pemilik dan senang bermain dengan anak kecil.

Akan tetapi, bagi pemula sebaiknya tidak mulai memelihara anjing dengan ukuran besar. Hal tersebut karena great dane memiliki tenaga besar yang harus dihadapi dengan benar oleh pemilik. Selain itu, dengan ukuran besar dan tampang menyeramkan, memelihara anjing ini tentunya akan membuat tetangga sekitar takut jika lewat rumahmu bukan? 

Itu dia kelima anjing yang sebaiknya dihindari bagi pemula. Tidak selamanya pemula harus menghindari untuk memelihara jenis-jenis anjing tersebut, tapi perlu diingat jika ingin memelihara salah satu dari kelima jenis anjing tersebut harus disertai pengawasan dari orang yang lebih berpengalaman ya!

Baca Juga: 7 Ras Anjing yang Paling Cocok Menemanimu Berlari, Bikin Makin Sehat! 

Anjar Triananda Ramadhani Photo Community Writer Anjar Triananda Ramadhani

Dreamer with unrealistic mind

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You