Comscore Tracker

Jawaban Ilmiah Kenapa Kucing Doyan Bersembunyi di Dalam Kardus?

Kesukaan Kucing

Meski banyak dipelihara orang, namun kelakuan hewan lucu ini masih belum sepenuhnya dipahami oleh manusia. Salah satu kebiasaan kucing sehari-hari adalah masuk ke dalam kotak, apapun bentuk, ukuran dan bahan kotak itu. Namun ada alasan khusus kenapa kucing suka melakukan hal tersebut. Untuk info lebih lanjut, mari cek ke bawah.

1. Tingkah Alami Kucing yang Suka Bersembunyi

Jawaban Ilmiah Kenapa Kucing Doyan Bersembunyi di Dalam Kardus?TheProject

Tingkah laku kucing yang selalu bermain

2. Mencari Perlindungan Demi Merasa Aman

Jawaban Ilmiah Kenapa Kucing Doyan Bersembunyi di Dalam Kardus?TheProject

Dari berbagai percobaan di laboratorium mengenai perilaku kucing, ternyata dapat diambil kesimpulan bahwa kucing memperoleh kenyamanan dan keamanan dari ruang yang tertutup. Hanya dengan ada ruangan yang menurutnya bisa memberi dia kenyamanan dan keamanan di sekitar si kucing, dapat mengubah sifatnya secara fisiologis dan perilaku.

3. Menjaga Suhu Tubuh

Jawaban Ilmiah Kenapa Kucing Doyan Bersembunyi di Dalam Kardus?Binatang Peliharaan

Menurut penelitian pada 2006 yang dilakukan National Research Council, temperatur yang paling disukai kucing rumah adalah 30 sampai 36 derajat Celsius. Pada suhu itu kucing merasa nyaman dan tidak perlu membangkitkan panas tambahan untuk menjaga badannya tetap hangat.

4. Menghilangkan Strees

Jawaban Ilmiah Kenapa Kucing Doyan Bersembunyi di Dalam Kardus?Citizen6

Seorang Ethologist dari Uthrect University bernama Claudia Vinke, mengadakan penelitian untuk mengetahui tingkat stres kucing di penampungan. Dari penelitian ini, kucing yang disediakan kotak disekitarnya, akan cepat beradaptasi dengan lingkungannya, dan cepat juga berinteraksi dengan manusia. Sebaliknya, jika tidak ada kotak disekitarnya, mereka akan stres dan takut dengan manusia.

Annas Saputra Photo Writer Annas Saputra

Mahasiswa yang mencoba menulis artikel agar tidak adanya waktu yang terbuang. Jadi jangan lupa untuk terus pantau dan baca artikelnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya