Comscore Tracker

7 Hewan yang Mempunyai Usia Terpanjang, Ada yang 400 Tahun!

Sayangnya, beberapa di antaranya ada yang mulai punah

Apakah kamu salah satu pecinta hewan? Jika iya, pernah tidak berpikir kira-kira berapa lama umur hewan kesayanganmu itu? Sejauh ini, mungkin kita hanya tahu umur beberapa hewan yang mungkin hanya beberapa tahun saja.

Namun, ternyata ada beberapa hewan yang mempunyai usia yang sangat panjang, bahkan melebihi manusia. Berikut tujuh hewan yang mempunyai usia terpanjang. Apa saja?

1. Red sea urchin (200 tahun)

7 Hewan yang Mempunyai Usia Terpanjang, Ada yang 400 Tahun!phys.org

Pernah mendengar hewan  red sea urchin atau bulu babi rea? Hewan ini merupakan salah satu hewan yang hidup di pesisir laut. Dilansir Oregon State University, hewan ini mempunyai umur sekitar 200 tahun. 

Pada tahun 1805, seorang peneliti dari institusi melakukan eksperimen untuk mengetahui umur dari hewan jenis ini. Singkat cerita, penelitian tersebut menyimpulkan bahwa umur dari hewan ini ialah 200 tahun.

Dengan adanya hasil penelitian ini, hal ini menjawab berbagai pemahaman kita tentang biologi kelautan yang sering menantang beberapa asumsi yang salah tentang siklus hidup spesies laut yang tidak pernah mati. 

2. Ikan koi (200 Tahun)

7 Hewan yang Mempunyai Usia Terpanjang, Ada yang 400 Tahun!fishlaboratory.com

Bagi para penggemar atau pengoleksi ikan, pastinya sudah tak asing dengan ikan koi. Biasanya, ikan koi ini mempunyai umur 25 hingga 30 tahun. Namun, terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa ikan koi dapat mempunyai umur selama 200 tahun.

Dilansir Fish Laboratory, salah satu jenis ikan koi yang berhasil direkam jejak hidupnya ialah ikan koi bernama Hanako yang ada di Jepang. Ikan ini bahkan mampu hidup selama 226 tahun.

3. Belut sirip panjang (106 tahun)

7 Hewan yang Mempunyai Usia Terpanjang, Ada yang 400 Tahun!forestandbird.org.nz

Belut sirip panjang atau dikenal dengan istilah longfin eel merupakan salah satu hewan khas dari negara Selandia Baru. Belut ini merupakan salah satu makanan favorit masyarakat tradisional yang ada di sana.

Sebuah studi dari National Institute of Water and Atmospheric Research menyatakan bahwa belut sirip panjang ini dapat hidup selama 106 tahun. Pastinya studi ini sangat bermanfaat pada bisnis budidaya perairan hewan ini yang ada di sana.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Tidur Hewan yang Unik, Ada yang Tidur sambil Terbang!

4. Burung macaw (80 tahun)

7 Hewan yang Mempunyai Usia Terpanjang, Ada yang 400 Tahun!macawland.com

Pernah mendengar burung macaw? Memang burung ini merupakan burung yang menyerupai burung beo yang tinggal di sekitar Amerika Latin. Tidak seperti burung-burung pada biasanya, burung ini memiliki umur yang sangat panjang, yaitu hingga 80 tahun dilansir Macaw Land.

Burung ini juga memiliki bulu-bulu yang sangat indah dan berwarna-warni. Tak heran, jika masyarakat Amerika Latin banyak yang memburunya untuk dijadikan hewan peliharaan.

5. Gajah Afrika (70 tahun)

7 Hewan yang Mempunyai Usia Terpanjang, Ada yang 400 Tahun!elephantfacts.net

Gajah Afrika merupakan salah satu spesies yang dapat dikatakan hampir langka. Hal ini disebabkan karena banyak pemburu liar yang menyebabkan kematian pada hewan ini. Ada fakta menarik mengenai hewan ini, yaitu gajah Afrika dapat berumur 70 tahun dilansir Elephants For Africa.

Gajah ini biasanya mempunyai tinggi 3 hingga 4 meter dengna bobot 3,5 ton. Gajah-gajah di Afrika cukup sering hidup bergerombol, baik di siang maupun malam hari.

6. Kura-kura raksasa Galapagos (100 tahun)

7 Hewan yang Mempunyai Usia Terpanjang, Ada yang 400 Tahun!theconversation.com

Galapagos merupakan sebuah kepulauan yang ada di negara Ekuador. Pulau-pulau ini mempunyai kura-kura yang berumur panjang, yaitu kura-kura raksasa Galapagos. Dilansir National Geographic, umur dari hewan ini mencapai 100 tahun.

Sayangnya, dalam tiga abad terakhir, hewan ini mengalami penurunan populasi yang cepat akibat diburu. Sekitar 100.000 kura-kura di sana dibunuh dalam waktu yang singkat.

7. Ikan hiu Greenland (400 tahun)

7 Hewan yang Mempunyai Usia Terpanjang, Ada yang 400 Tahun!sciencenordic.com

Ikan Hiu Greenland merupakan ikan hiu asli dari kawasan Greenland yang ada di Samudra Artik. Ikan ini memiliki umur yang panjang, yaitu mencapai 400 tahun dilansir ScienceMag.

Jika dibandingkan dengan spesies ikan hiu lainnya, ikan hiu tersebut merupakan ikan hiu yang memiliki umur terpanjang. Ikan hiu Greenland mempunyai ukuran sebesar 5 meter. Layaknya ikan hiu pada umumnya, ikan ini merupakan salah satu ikan yang berbahaya bagi manusia.

 

Nah, itu dia tujuh hewan yang memiliki umur terpanjang yang wajib kamu ketahui. Ternyata, beberapa hewan memiliki umur yang jauh lebih panjang dari manusia, ya. Sayangnya, beberapa di antara hewan tersebut sudah mulai terancam punah.

Baca Juga: 10 Hewan dengan Alat Kelamin Unik, Ada Vagina Berbentuk Penis!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya