Fakta Gliese 12 b, Eksoplanet Baru yang Sangat Mirip Bumi

Berdasarkan suhu, Glaise 12 b masuk kategori layak huni

Intinya Sih...

• Gliese 12 b ditemukan oleh NASA menggunakan TESS pada tahun 2024
  • Planet ini memiliki massa 3,87 kali Bumi dan radius 0,958 kali Bumi
  • Suhu di Gliese 12 b termasuk dalam kategori layak huni "Zona Goldilocks” dengan suhu permukaan 42 derajat Celsius

Membahas dunia antariksa memang sangat menarik dan tidak ada habisnya. Angkasa luar yang luasnya tidak terbayangkan akan selalu menghadirkan informasi baru dari hari ke hari seiring dengan kemajuan teknologi dan eksplorasi manusia akan dunia dunia antariksa.

Baru-baru ini dikabarkan telah ditemukan sebuah eksoplanet yang diduga memiliki kemiripan dengan Bumi yang memungkinkan adanya kehidupan. Ilmuwan memberi nama eksoplanet tersebut dengan nama Gliese 12 b.

Mengapa planet tersebut dikatakan mirip dengan Bumi, dan mengapa dianggap memungkinkan adanya kehidupan? Melansir dari beberapa sumber, berikut ini fakta exoplanet Gliese 12 b.

1. Baru ditemukan tahun 2024

Fakta Gliese 12 b, Eksoplanet Baru yang Sangat Mirip Bumiilustrasi TESS, teleskop yang digunakan untuk mengamati Gliese 12 b (Science.nasa.gov)

Melansir laman Nasa, exoplanet Gliese 12 b penemuannya diumumkan pada tahun 2024. Exoplanet ini ditemukan dengan pengamatan oleh para ilmuwan dengan menggunakan teleskop luar angkasa NASA, yaitu Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS).

Berdasarkan pernyataan ilmuwan, letak Gliese 12 b ini sangat dekat dengan Bumi, yaitu berjarak 40 juta tahun cahaya yang berada di sekitar bintang katai merah dan konstelasi Pisces, seperti dilansir laman Space.

2. Merupakan exoplanet Bumi super

Fakta Gliese 12 b, Eksoplanet Baru yang Sangat Mirip Bumiilustrasi exoplanet Glaise 12 b (Astronomy.com)

Pernah mendengar istilah planet Bumi super? Apa yang dimaksud dengan istilah Bumi super? Melansir laman Nasa, Bumi super adalah sebutan untuk sebuah planet yang berada di luar tata surya kita dan memiliki ukuran dan massa yang lebih besar dari Bumi dan tidak lebih besar dari Neptunus dan Uranus.

Masih melansir laman Nasa, exoplanet Gliese 12 b memiliki massa 3,87 kali Bumi, dan radius 0,958 kali Bumi. Dengan ukuran massa yang melebihi massa Bumi, maka Gliese 12 b dikategorikan sebagai Bumi super.

3. Karakter Gliese 12 b

Fakta Gliese 12 b, Eksoplanet Baru yang Sangat Mirip Bumiilustrasi jarak Gliese 12 b dengan bintang katai merah (Science.nasa.gov)

Bagaimana karakteristik Gliese 12 b yang dianggap sangat mirip dengan Bumi ini? Melansir laman Space, karakter dasar sebuah planet adalah mengitari atau mengorbit pada bintangnya layaknya Bumi mengorbit pada matahari. Gliese 12 juga mengorbit pada bintangnya sendiri, yaitu bintang katai merah.

Jarak Gliese 12 b sangat dekat dengan bintang katai merah yang merupakan pusat orbitnya, Gliese 12 b hanya membutuhkan 12,8 hari Bumi untuk menyelesaikan satu putaran orbitnya. Dengan kata lain, satu tahun di Gliese 12 b sama dengan 12,8 hari. Jarak Gliese 12 b ke pusat orbitnya hanya 7 persen dari jarak Bumi ke Matahari.