Comscore Tracker

6 Tempat Ini Dianggap Mustahil Secara Sains, tapi Faktanya Memang Ada

Salah satunya ada di Indonesia lho!

Tuhan menciptakan alam semesta dengan sangat luar biasa, banyak tempat di dunia ini yang membuat kita takjub dengan keindahan alamnya. Sebut saja pantai di Maldives, Grand Canyon di Amerika Serikat bahkan Raja Ampat di Indonesia.

Tetapi ada beberapa tempat yang secara sains tidak mungkin ada, tetapi faktanya tempat itu benar-benar ada. Berikut ini 6 tempat tersebut!

1. The Boiling River di Peru

6 Tempat Ini Dianggap Mustahil Secara Sains, tapi Faktanya Memang Adanationalgeographic.com

The Boling River , merupakan sebutan untuk sungai terletak di rangkaian sungai Amazon, Peru. Sungai ini memiliki panjang 6,24 km. Dari namanya sudah dapat di tebak, air pada sungai ini memiliki temperatur yang sangat tinggi, yaitu bisa mencapai 93 derajat celcius.

Dengan suhu tersebut, dapat dipastikan dapat membunuh siapa saja yang terjatuh di sungai itu. Banyak teori yang menjelaskan penyebab air sungai tersebut sangat panas. Salah satunya adalah karena faktor geothermal dan kecelakaan kilang minyak yang teletak tidak jauh dari sungai itu dengan jarak 2-3 km.

2. The Ringing Rock di Pennsylvania

6 Tempat Ini Dianggap Mustahil Secara Sains, tapi Faktanya Memang Adahistorydaily.org

Pada umumnya jika memukul  sebuah batu, maka akan menghasilkan bunyi seperti "dug" (thud dalam bahasa inggris), tetapi ada satu daerah yang memiliki batu yang berbunyi seperti dering / denting jika dipukul. The Ringing Rock, terletak Pennsylvania merupakan fenomena alam di mana batu yang berada di daerah tersebut bisa mengeluarkan bunyi denting jika dipukul.

Dilansir historydaily.org, Edgar Wherry seorang ahli mineral dari Universitas Lehigh meyakini bunyi dering dari batu tersebut disebabkan oleh tekstur batu tersebut dan letak tumpukan dari batu tersebut.

Baca Juga: Pakai Baju Rapi saat WFH Bisa Tingkatkan Produktivitas Menurut Sains

3. The Double Tree of Casorzo di Italia

6 Tempat Ini Dianggap Mustahil Secara Sains, tapi Faktanya Memang Adaurnabios.com

Pada umumnya suatu pohon tumbuh di atas tanah, tetapi faktanya ada pohon yang dapat tumbuh dengan subur di atas pohon lain. The Double Tree of Casorzo, merupakan fenomena di mana suatu  pohon (bukan benalu) yang dapat tumbuh di atas pohon lain.

Terletak di Piemonte, Italia, ada sebuah pohon cherry yang tumbuh subur dan besar d atas sebuah pohon mulberry. Jika kita lihat, nampak ada dua jenis tumbuhan berbeda dalam satu batang pohon.

Tidak ada yang tahu pasti penjelasan ilmiah dari fenomena ini. Tetapi kemungkinan ada seekor burung yang membawa benih cherry dan menjatuhkannya di atas pohon muberry, kemudian benih itu tumbuh dan akarnya tumbuh melalui rongga-rongga batang pohon mulberry hingga mencapai tanah.

4. Never Ending Lightning Storm di Venezuela

6 Tempat Ini Dianggap Mustahil Secara Sains, tapi Faktanya Memang Adatheguardian.com

Kilat petir biasanya terjadi atau nampak pada saat terjadi awan mendung, tetapi ada suatu wilayah di Venezuela yang memiliki fenomena alam yang sangat  langka, yaitu kilat petir terjadi secara terus menerus. Kilat petir ini bisa terjadi sebanyak 300 hari dalam satu tahun, dengan demikian dapat diartikan fenomena kilat petir ini terjadi hampir sepanjang tahun.

Fenomena ini seperti menyuguhhkan pertunjukan cahaya alami yang terjadi sepanjang tahun. Dilansir laman mysteriousuniverse.org, faktor terjadinya fenomena alam ini adalah karena kombinasi kondisi topografi, atmosfer, angin, dan suhu di wilayah tersebut.

5. Blue Lava di Indonesia

6 Tempat Ini Dianggap Mustahil Secara Sains, tapi Faktanya Memang Adanationalgeographic.com

Lava adalah cairan magma pijar yang mengalir keluar dari dalam bumi melalui kawah gunung berapi atau melalui celah (patahan) yang kemudian membeku menjadi batuan yang bentuknya bermacam-macam. Umumnya lava memiliki warna merah, tetapi di Indonesia tepatnya berlokasi di Kawah Ijen memiliki lava yang berwarna biru.

Dilansir laman nationalgeographic.com, seorang fotografer bernama Olivier Grunewald menjelaskan warna biru pada lava di Kawah Ijen berasal dari pembakaran gas belerang.

Namun Cynthia Werner, seorang ahli geologi dari US Geological Survey (USGS) di Alaska Volcano Observatory, mengatakan fenomena lava berwarna biru merupakan fenomena yang tidak biasa, dia mengatakan "Aku belum pernah melihat belerang sebanyak ini mengalir di gunung berapi."

6. Under Water Park di Austria

6 Tempat Ini Dianggap Mustahil Secara Sains, tapi Faktanya Memang Adaworldfortravel.com

Biasanya jika kita ingin pergi ke sebuah taman, kita hanya memerlukan pakaian sederhana mungkin celana pendek dan kaos serta sepatu atau sendal, tetapi ada suatu taman di negara Austria yang jika kita ingin mengunjunginya kita harus menggunakan pakaian menyelam.

Yups, tepatnya di kaki pegunungan Hochschwab Austria terdapat taman yang berada di dalam air. Taman tersebut seperti taman pada umumnya, yaitu terdapat jalan setapak untuk berjalan, ada kursi taman untuk bersantai dan juga ada pohon.

Pertanyaan kenapa bisa ada taman di bawah air? Sebenarnya taman ini dulunya adalah taman biasa seperti pada taman-taman lainnya, tetapi setiap tahunnya salju di sekitar pegunungan taman itu mencair dan membuat volume air danau di sekitar danau bertambah sampai meluap hingga pada sampai akhirnya menenggelamkan taman tersebut.

Nah, itu dia 6 tempat yang mustahil ada di muka bumi secara sains. Ada yang pernah kamu saksikan sendiri?

Baca Juga: 6 Cara Mengendalikan Hujan Secara Sains, Tanpa Pawang atau Ritual Gaib

Ary Yulianto Photo Writer Ary Yulianto

Penikmat Kopi Yang Berpaling ke Green Tea

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya