6 Dinosaurus dari Benua Afrika, Ada yang Punya Tangan Sangat Kecil!

Benua Afrika jadi sumbernya fosil dinosaurus, lho

Ada tiga benua yang terkenal sebagai "penghasil" fosil dinosaurus terbanyak, yaitu Amerika, Eropa dan Afrika. Berbagai spesies dinosaurus pernah ditemukan di ketiga benua tersebut. Mulai dari dinosaurus berleher panjang, dinosaurus karnivor, sampai yang berbulu. Karenanya, para ahli sangat bersemangat untuk melakukan penelitian terhadap fosil-fosil dinosaurus dari ketiga benua tersebut.

Berbeda dengan Amerika dan Eropa, Benua Afrika cenderung kering dan banyak diselimuti sabana, gurun, hutan, dan padang rumput. Namun iklimnya yang kering tak membuat jumlah fosil yang ditemukan di sana lebih sedikit dari Amerika dan Eropa. Justru banyak fosil dinosaurus yang ditemukan di gersangnya gurun, lho.

Apa kamu penasaran dinosaurus apa saja yang pernah ditemukan di Benua Afrika? Artikel ini akan membahas beberapa di antaranya jadi simak dengan baik!

1. Spinosaurus

6 Dinosaurus dari Benua Afrika, Ada yang Punya Tangan Sangat Kecil!Ilustrasi Spinosaurus (commons.wikimedia.org/Petr Menshikov)

Kamu pasti sudah tidak asing dengan dinosaurus satu ini. Kemunculannya di banyak media membuat Spinosaurus sangat terkenal. Spinosaurus merupakan salah satu dinosaurus pemakan daging terbesar, bagaimana tidak panjangnya saja bisa mencapai 18 meter, terang Britannica. Dengan ukuran sebesar itu, ia bahkan lebih panjang dari Tyrannosaurus yang digadang-gadang jadi dinosaurus karnivora terbesar.

Dinosaurus yang hidup sekitar 99 sampai 94 juta tahun yang lalu di Periode Kapur ini diperkirakan mendiami daerah Maroko. Ia punya bentuk tubuh yang cukup unik dengan kaki pendek, moncong panjang seperti buaya, layar di punggung, dan ekor layaknya kayuh. Bentuk tubuh demikian mendukung gaya hidup semi-akuatik yang dijalani Spinosaurus. Diperkirakan hewan ini hidup di pinggir laut atau sungai. Mereka juga merupakan perenang yang cukup andal, ia juga sering memakan hewan laut seperti ikan.

2. Kryptops

6 Dinosaurus dari Benua Afrika, Ada yang Punya Tangan Sangat Kecil!Ilustrasi Kryptops (en.m.wikipedia.org/Paleocolour)

Kryptops merupakan dinosaurus yang tergolong jarang diteliti dan tidak terlalu terkenal. Walau begitu dinosaurus yang masuk dalam famili abelisauridae ini punya beberapa keunikan. Pertama, ia punya kepala yang kecil, pendek dan berbentuk bulat. Kedua, seperti abelisauridae lain Kryptops punya tangan yang sangat kecil yang hampir tidak berfungsi sama sekali.

Dilansir The Dinosaur Database, Kryptops hidup pada Periode Kapur sekitar 125 sampai 100 juta tahun yang lalu. Hewan ini hidup di daerah yang sekarang menjadi negara Nigeria. Fosil dari dinosaurus ini juga tak banyak yang ditemukan, sampai saat ini hanya ada satu bagian fosil Kryptops yang ditemukan, yaitu sebagian fosil tengkorak. Fosil tersebut ditemukan di daerah Gurun Ténéré, kemudian pada tahun 2008 barulah genus Kryptops dideskripsikan oleh Paul Sereno dan Stephen Brusatte.

3. Nigersaurus

6 Dinosaurus dari Benua Afrika, Ada yang Punya Tangan Sangat Kecil!Rekonstruksi tengkorak Nigersaurus (commons.wikimedia.org/CaptMondo)

Tak melulu soal dinosaurus pemakan daging, Benua Afrika juga punya banyak dinosaurus herbivor, salah satunya adalah Nigersaurus. Dinosaurus ini adalah sauropoda atau dinosaurus berleher panjang yang terkenal karena punya gigi yang sangat banyak. Setidaknya dinosaurus ini punya gigi sebanyak 500 buah, lho.

Laman University of Michigan News menjelaskan kalau Nigersaurus punya bentuk kepala yang unik. Kepalanya besar, lebar dan mirip seperti paruh, bentuk demikian memudahkan mulutnya untuk memakan rumput dan tanaman yang ada di tanah. Tak seperti dinosaurus sauropoda lainnya Nigersaurus tidak mampu mengangkat lehernya terlalu tinggi. Akibatnya dinosaurus ini hanya bisa memakan tanaman yang ada di tanah dan akan kesulitan memakan dedaunan yang ada di atas pohon.