5 Dinosaurus yang Mirip Buaya, Punya Moncong Panjang dan Gigi Tajam!

Punya ciri fisik dan kebiasaan yang serupa dengan buaya

Dinosaurus adalah hewan yang sangat bervariasi, mereka muncul dalam berbagai ukuran, bentuk dan warna. Ada yang berukuran raksasa, ada yang bersisik, ada yang punya leher panjang, bahkan ada yang berbulu. Reptil purba ini juga banyak yang mirip dengan hewan di masa modern seperti buaya. Banyak dinosaurus yang punya moncong panjang, gigi tajam dan gaya hidup semi akuatik layaknya buaya. Artikel ini akan membahas beberapa dinosaurus pemakan daging atau theropoda yang mirip dengan buaya!

1. Baryonyx

5 Dinosaurus yang Mirip Buaya, Punya Moncong Panjang dan Gigi Tajam!Ilustrasi Baryonyx (commons.m.wikimedia.org/Andrey Atuchin)

Dilansir Natural History Museum, Baryonyx adalah dinosaurus yang punya panjang 10 meter dan berat mencapai 2 ton. Ia hidup sekitar 125 juta tahun yang lalu di Spanyol dan Britania Raya. Seperti buaya, dinosaurus ini kerap mencari makan di sungai dan punya mangsa yang serupa, yaitu ikan dan hewan herbivora. Moncongnya juga panjang dan dipenuhi gigi-gigi runcing yang sangat cocok untuk menangkap ikan yang punya kulit licin. Tak cuma itu, Baryonyx juga punya tangan kuat dan cakar yang panjangnya mencapai 31 cm.

2. Suchomimus

5 Dinosaurus yang Mirip Buaya, Punya Moncong Panjang dan Gigi Tajam!Ilustrasi Suchomimus (commons.m.wikimedia.org/Андрей Белов)

Suchomimus jadi dinosaurus yang sangat mirip dengan buaya, bahkan namanya sendiri mempunyai arti "mirip buaya" atau "peniru buaya.", jelas Prehistoric Wildlife. Ia hidup pada periode kapur di Benua Afrika, tepatnya di negara Nigeria. Ukurannya juga cukup besar, para ahli memperkirakan kalau panjang maksimal Suchomimus bisa melebihi 10 meter.

Dinosaurus ini punya ukuran dan bentuk tubuh yang sangat mirip dengan Baryonyx. Bahkan ia sempat diklasifikasikan sebagai spesies yang sama dengan Baryonyx. Keduanya juga punya gaya hidup yang serupa mulai dari cara berburu, tempat hidup dan pilihan makanan. Suchomimus diperkirakan hidup di dekat sungai atau laut dan merupakan dinosaurus yang kerap memakan ikan atau dinosaurus lain. Layaknya buaya dan Baryonyx, Suchomimus juga punya gigi yang secara khusus dirancang untuk menangkap ikan.

3. Spinosaurus

5 Dinosaurus yang Mirip Buaya, Punya Moncong Panjang dan Gigi Tajam!Ilustrasi Spinosaurus (twitter.com/Jayson Duria)

Spinosaurus adalah salah satu dinosaurus karnivora terbesar yang pernah ada. Laman Britannica menjelaskan kalau Spinosaurus dapat tumbuh hingga sepanjang 18 meter. Ukuran tengkoraknya saja sudah luar biasa panjang, yaitu sekitar 1.75 meter!

Salah satu keunikan yang dimiliki dinosaurus ini adalah layarnya, ia memiliki layar besar di punggung. Sampai saat ini belum diketahui fungsi dari layar tersebut. Banyak teori yang bertebaran mengenai fungsi layar tersebut, seperti untuk mengatur suhu tubuh sampai digunakan untuk menarik perhatian lawan jenis. Butuh penelitian lebih lanjut untuk mengungkap misteri dibalik kegunaan layar milik Spinosaurus tersebut.

4. Irritator

5 Dinosaurus yang Mirip Buaya, Punya Moncong Panjang dan Gigi Tajam!Ilustrasi Irritator (twitter.com/Raul A Ramos)

Predator dengan panjang mencapai 9 meter ini hidup di Brazil sekitar 110 juta tahun yang lalu. Ia punya tangan dan cakar yang panjang, kemungkinan berguna untuk menggenggam mangsa saat berburu. Kulitnya punya sisik yang keras dan moncong panjang seperti buaya, sangat cocok dengan gaya hidup semi akuatik yang dijalani hewan ini.

Kepala dinosaurus ini tak hanya panjang dan mirip buaya, rahangnya juga punya mekanisme unik yang tidak ditemukan pada dinosaurus lain. Dilansir Science Times, rahang bawah Irritator dapat bergerak ke kanan dan ke kiri secara independen saat mulutnya terbuka. Artinya rahang bawah Irritator bisa membuka dengan sangat lebar, mirip seperti paruh pelikan. Mekanisme ini sangat membantu dalam menangkap mangsa seperti ikan.

5. Ichthyovenator

5 Dinosaurus yang Mirip Buaya, Punya Moncong Panjang dan Gigi Tajam!Ilustrasi Ichthyovenator (twitter.com/Joschua Knüppe)

Dinosaurus ini jadi salah satu dinosaurus yang ditemukan di Asia, terang Gage Beasley Prehistoric. Ichthyovenator hidup sekitar 125 sampai 113 juta tahun yang lalu di periode kapur. Punya moncong panjang dan gigi tajam Ichthyovenator diasumsuikan sebagai dinosaurus yang secara khusus memangsa ikan, namanya saja punya arti "pemburu ikan." Ichthyovenator juga diperkirakan merupakan perenang yang handal. Hal tersebut dibuktikan dengan ekornya yang pipih dan panjang layaknya ekor buaya. Ia juga punya layar di punggung walau ukurannya tidak terlalu besar.

Terdapat banyak dinosaurus yang mirip dengan buaya, masing-masing juga punya keunikan tersendiri yang membedakannya dengan dinosaurus lain. Ada yang punya layar di punggung, cakar yang panjang sampai rahang yang punya mekanisme tak biasa. Bentuk tubuh dan gaya hidup tersebut tentunya dipengaruhi oleh lingkungan di mana mereka hidup. Dinosaurus-dinosaurus tersebut mengembangkan strategi berburu dan bentuk tubuh unik dalam upaya bertahan hidup dan berdapatasi.