6 Fakta Mengejutkan Giganotosaurus, Lebih Panjang dari T. Rex!

Giganotosaurus hidup di Argentina

Tyrannosaurus rex memang terkenal sebagai dinosaurus karnivora terbesar, reptil sepanjang 12 meter tersebut juga kerap muncul di film dan media lain. Tapi sebenarnya ada banyak dinosaurus yang tak kalah besar dari T. rex. Salah satunya adalah Giganotosaurus, dinosaurus ini hampir menyaingi T. rex dalam segi ukuran.

Beberapa tahun ini pamor Giganotosaurus semakin naik berkat kemunculannya di film Jurassic World: Dominion pada tahun 2022. Giganotosaurus juga kerap dibandingkan dengan T. rex karena ukuran mereka yang mirip. Faktanya Giganotosaurus bukan sekadar dinosaurus yang punya ukuran sebesar T. rex. Ia juga punya banyak keunikan yang membedakannya dengan dinosaurus karnivora lain. Artikel ini akan membahas keunikan-keunikan tersebut!

1. Giganotosaurus punya panjang 13 meter

6 Fakta Mengejutkan Giganotosaurus, Lebih Panjang dari T. Rex!Ilustrasi Giganotosaurus (twitter.com/Brennan Stokkermans)

Ukuran Giganotosaurus tak bisa diremehkan, ia punya panjang maksimal 13 meter dengan berat sekitar 4 ton, terang Gage Beasley Prehistoric. Dinosaurus ini lebih panjang dari T. rex dengan berat yang lebih ringan dari T. rex yang beratnya mencapai 5 ton lebih. Giganotosaurus juga punya tubuh yang lebih langsing dan tengkorak yang lebih panjang. Dengan ukuran sebesar itu ia jadi salah satu dinosaurus karnivora terbesar bersama T. rex, Spinosaurus, Tyrannotitan, dan Mapusaurus.

2. Menjadi predator puncak di habitatnya

6 Fakta Mengejutkan Giganotosaurus, Lebih Panjang dari T. Rex!Ilustrasi Giganotosaurus makan (twitter.com/Mark Witton)

Dengan ukuran raksasa dan rahangnya yang kuat, Giganotosaurus dengan mudah menyambet gelar predator puncak. Dinosaurus ini dengan mudah mampu mengalahkan dinosaurus pemakan daging lain sehingga ia tidak memiliki saingan kuat. Dinosaurus karnivora yang hidup bersamaan dengan Giganotosaurus hanya dinosaurus berukuran kecil.

Ia punya rahang yang berguna untuk mengancurkan tulang dan menyayat daging. Giginya tajam, pendek, bergerigi, dan sempit mirip seperti gigi hiu. Terdapat dua teori terkait kebiasaan berburu hewan raksasa ini. Pertama, para ahli berpendapat bahwa Giganotosaurus lebih suka memangsa dinosaurus sauropoda raksasa. Kedua, walau tidak ada bukti kuat para ahli juga percaya kalau Giganotosaurus terkadang berburu secara berkelompok.

3. Punya ukuran tangan yang kecil

6 Fakta Mengejutkan Giganotosaurus, Lebih Panjang dari T. Rex!Ilustrasi Giganotosaurus (twitter.com/Emily Willoughby)

Terdapat satu kesamaan lain antara Giganotosaurus dan T. rex, yaitu tangan keduanya sama-sama kecil. Dilansir Deeper PerceptionsGiganotosaurus punya tangan yang ukurannya tak lebih dari satu meter. Jika dibandingkan dengan ukuran badannya, tangan tersebut tergolong kecil. Tangannya punya tiga jari yang dilengkapi kuku kuat dan tajam.

Ukuran tangan yang kecil diasumsikan sebagai hasil evolusi. Dilansir Big Think, tangan Giganotosaurus menyusut karena rahang dan kepalanya membesar. Jadi Giganotosaurus sangat bergantung pada kekuatan rahangnya sampai-sampai tangannya mengecil. Walau ukurannya kecil banyak ahli yang berpendapat kalau tangannya tersebut masih berguna, salah satunya untuk mencengkeram mangsa.

4. Hidup di periode kapur

6 Fakta Mengejutkan Giganotosaurus, Lebih Panjang dari T. Rex!Ilustrasi periode kapur (twitter.com/pantydraco)

Giganotosaurus hidup di periode kapur tepatnya sekitar 112 sampai 90 juta tahun yang lalu, terang National History Museum. Ia hidup di Amerika Selatan di daerah yang sekarang menjadi Argentina. Habitatnya berupa hutan dan padang rumput subur yang dikelilingi sumber air seperti danau dan sungai. Giganotosaurus hidup bersama dinosaurus lain seperti Argentinosaurus dan Buitreraptor.

5. Klasifikasi Giganotosaurus

6 Fakta Mengejutkan Giganotosaurus, Lebih Panjang dari T. Rex!Ilustrasi Carcharodontosaurus, salah satu kerabat Giganotosautrus (id.wikipedia.org/Fred Wierum)

Secara taksonomi Giganotosaurus diklasifikasikan di keluarga Carcharodontosauridae, terang NaturlistaCO. Keluarga atau family ini berisikan dinosaurus karnivora yang hidup sekitar 154 sampai 89 juta tahun yang lalu di Afrika, Asia, Amerika Selatan, dan Eropa. Tak cuma Giganotosaurus yang punya ukuran raksasa, beberapa kerabatanya yang berasal dari keluarga Carcharodontosauridae juga tak kalah besar. Beberapa diantaranya adalah Carcharodontosaurus dengan panjang 13 meter, Acrocanthosaurus dengan panjang 12 meter dan Mapusaurus dengan panjang 12 meter.

6. Asal-usul nama Giganotosaurus

6 Fakta Mengejutkan Giganotosaurus, Lebih Panjang dari T. Rex!Rekonstruksi fosil Giganotosaurus (commons.wikimedia.org/Jonathan Chen)

Penemuan fosil Giganotosaurus agak unik karena fosil pertamanya ditemukan oleh seorang pencari fosil amatir, jelas Fossilera. Fosil pertamanya ditemukan pada tahun 1993 oleh Rubén D. Carolini di Provinsi Neuquén, Argentina. Spesimen pertama tersebut tergolong lengkap dengan kelengkapan mencapai 70% dan ditemukan tersebar di beberapa area. Setelah ditemukan dan diteliti akhirnya dinosaurus ini dinamakan Giganotosaurus carolinii. Nama Giganotosaurus berarti kadal raksasa dari selatan dan nama carolinii diambil dari nama penemunya.

Giganotosaurus kerap dibandingan dengan T. rex karena ukuran keduanya yang serupa. Tapi faktanya mereka punya banyak perbedaan mendasar mulai dari bentuk tubuh, tempat hidup, sampai kebiasaannya. Giganotosaurus membuktikan kalau T. rex bukan satu-satunya dinosaurus karnivora raksasa yang pernah hidup. Namun butuh penelitian lebih lanjut untuk membuktikan teori-teori yang dikemukakan para ahli mengenai dinosaurus satu ini.