Comscore Tracker

J.R.R. Tolkien: Penulis Trilogi The Hobbit & The Lord of the Rings

Hidup penuh liku sang novelis fantasi

J.R.R. Tolkien adalah seseorang yang terkenal secara internasional sebagai penulis fiksi. Karya paling mahsyur milik Tolkien adalah trilogi The Hobbit dan The Lord of the Rings. Kedua karya itu punya banyak penggemar dan diadaptasi menjadi film blockbuster yang memenangkan banyak penghargaan. Namun, bagaimanakah perjalanan hidup Tolkien? Simak ulasannya!

1. Yatim piatu sejak belia dan belajar sastra

J.R.R. Tolkien: Penulis Trilogi The Hobbit & The Lord of the Ringswashingtonexaminer.com

Lahir di Afrika Selatan pada 3 Januari 1892 dengan nama John Ronald Reuel Tolkien dari pasangan Arthur dan Mabel Suffield Tolkien. Setelah ayahnya meninggal karena sakit, Tolkien yang berumur 4 tahun dan adiknya dibawa sang ibu pulang ke Birmingham, Inggris.

Ibunya juga meninggal pada 1904, sehingga Tolkien dan saudaranya diasuh oleh kerabat. Tolkien berhasil menjadi mahasiswa di Exeter College, mengambil jurusan bahasa dan sastra klasik.

2. Terjun sebagai prajurit pada Perang Dunia I

J.R.R. Tolkien: Penulis Trilogi The Hobbit & The Lord of the Ringstolkiensociety.org

Tolkien terjun dalam Perang Dunia I sebagai seorang letnan satu pasukan Kerajaan Inggris. Dia ikut pertempuran di lapangan sehingga mengalami banyak cedera, dan oleh sebab itu dia ditarik pulang. Di tengah masa wajib militer itu, dia menikah dengan Edith Bratt pada 1916.

3. Kembali belajar dan menulis The Hobbit

J.R.R. Tolkien: Penulis Trilogi The Hobbit & The Lord of the Ringslarkmead-school.com

Usai Perang Dunia I, Tolkien kembali belajar dengan mendaftar di Universitas Leeds pada 1920. Beberapa tahun kemudian Tolkien jadi seorang profesor di Universitas Oxford. Selagi sibuk dengan dunia akademik, Tolkien sempat menulis cerita The Hobbit.

Baca Juga: 15 Tahun Berlalu, Ini Transformasi Frodo "The Lord of The Rings" Kini!

The Hobbit adalah sebuah novel fiksi tentang petualangan Bilbo Baggins yang terbit pada 1937. Masyarakat menganggap The Hobbit adalah buku anak-anak, tapi dibantah oleh Tolkien dengan pernyataan bahwa buku itu tidak ditujukan untuk anak-anak.

4. Lahirnya The Lord of the Rings

J.R.R. Tolkien: Penulis Trilogi The Hobbit & The Lord of the Ringsparade.com

Bertahun-tahun masih sibuk dengan dunia akademik, Tolkien menyusun novel yang kelak dianggap sebagai masterpiece, seri The Lord of the Rings. Tolkien terinspirasi oleh mitologi masyarakat Eropa, novel baru itu menyertakan peta dan bahasa khayalannya.

Tolkien merilis The Lord of the Rings secara bertahap, The Fellowship of the Ring pada 1954, lalu The Two Towers dan The Return of the King pada 1955. Novel ini jadi fenomena di kalangan pembaca, dan tokoh-tokonya yang dicintai seperti penyihir Gandalf dan Gimli si kerdil.

5. Pensiun dan akhir masa hidup

J.R.R. Tolkien: Penulis Trilogi The Hobbit & The Lord of the Ringsempireonline.com

Tolkien pensiun dari semua pekerjaan pada 1959 dan menghabiskan waktunya untuk menulis esai dan puisi. Istrinya Edith meninggal lebih dulu pada 1971, dan Tolkien menyusul pada 2 September 1973 dalam usia 81 tahun dengan meninggalkan 4 orang anak.

6. Kisah hidupnya diangkat menjadi sebuah film

J.R.R. Tolkien: Penulis Trilogi The Hobbit & The Lord of the Ringsnme.com

Pada tahun 2019 Hollywood merilis film berjudul Tolkien. Mengisahkan tentang perjalanan hidup sang penulis, sampai cerita dibalik lahirnya karya-karya tulisnya yang hebat. Dibintangi oleh Nicholas Hoult, Lily Collins, Colm Meaney, dan Derek Jacobi.

https://www.youtube.com/embed/zRmscXowX2U

Nah, itulah fakta-fakta tentang J.R.R. Tolkien, sang penulis trilogi The Hobbit dan The Lord of the Rings.

Baca Juga: "The Lord of The Rings" Dibuat Serial, Ini 8 Fakta Menariknya

Bayu Widhayasa Photo Verified Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya