Comscore Tracker

Daftar Apa yang Boleh dan Gak Boleh Dibuang ke WC, Kamu Harus Tahu

Penting untuk diingat

"Ribet amat sih gak boleh buang barang sembarangan di WC, kan asal berhasil masuk waktu diflush itu udah beres." — Kata orang yang belum tahu akibatnya.

Ini adalah sebuah topik pembahasan yang walaupun seakan semua orang sudah tahu tapi sering disepelekan begitu saja dan dilanggar. WC memang tempat pembuangan, tapi bukan tempat pembuangan segalanya, walaupun benda yang akan kamu buang ke dalamnya itu berukuran kecil dan seakan mudah masuk ke salurannya.

Bahkan jika membuang benda yang salah, dampaknya bisa merugikan dan berbahaya. Melalui artikel ini kamu akan tahu apa saja yang boleh dan gak boleh dibuang ke WC.

1. Tampungan pembuangan WC atau yang lebih kita kenal dengan nama septic tank, harus terjaga dengan baik

Daftar Apa yang Boleh dan Gak Boleh Dibuang ke WC, Kamu Harus Tahudigitaltrends.com

Ketahuilah bahwa semua yang kamu buang akan berkumpul di sana, itupun kalau benda yang kamu buang bisa lolos dari salurannya menuju ke sana. Yang perlu kamu ingat juga adalah septic tank memang ditanam jauh di tanah di bawah hunian, tapi bukan berarti kandungan di dalamnya gak akan merembes ke lingkungan sekitarnya.

Septic tank dibuat untuk menampung kotoran kita dan benda netral tertentu, beberapa benda akan berbahaya bagi lingkungan sekitar. Membuang benda sembarangan efeknya bukan cuma menyumbat, ya.

2. Kenapa kamu harus benar-benar mengkhawatirkan soal ini?

Daftar Apa yang Boleh dan Gak Boleh Dibuang ke WC, Kamu Harus Tahuhygo.info

Dampak membuang benda yang gak seharusnya ke dalam WC bukan cuma keluargamu yang akan menanggungnya, tapi juga orang-orang di sekelilingmu. Baik itu pencemaran pada tanahnya atau bau luar biasa menyengat, yang lebih dari sekadar kotoran, itu bisa dihasilkan oleh campuran yang gak seharusnya.

Apalagi jika terjadi sumbatan pada saluran, bukan cuma kamu akan menghabiskan biaya lebih mengatasinya, kamu juga harus menahan berbagai masalah yang timbul sampai petugas penyedot WC datang ke rumahmu, seperti saluran air WC yang bisa meluap dan menghasilkan bau sekaligus udara yang berbahaya.

Baca juga: Mengapa Ngupil Itu Terasa Enak?

3. Apa saja sih yang gak boleh kamu buang ke dalam WC? Ini daftarnya!

Daftar Apa yang Boleh dan Gak Boleh Dibuang ke WC, Kamu Harus Tahuhuffingtonpost.com

Daftar ini bisa jadi akan sangat panjang. Untuk lebih jelasnya, melansir lentheplumber.com, ada beberapa jenis benda yang sering orang buang ke toilet tapi ternyata gak boleh, karena bisa berbahaya, bukan sekadar menyumbat saluran. Inilah benda-benda tersebut:

  • tisu wajah,
  • kondom,
  • obat-obatan yang sudah gak digunakan,
  • lemak, daging atau minyak,
  • kumpulan sampah bangunan seperti pasir, logam, kayu atau rumput,
  • kotoran hewan peliharaan (teksturnya berbeda lho dengan manusia),
  • senyawa korosif atau asam tinggi,
  • air hujan atau air berkandungan lain selain dari saluran flushnya,
  • cat, bahan pengawet atau larutan kerajinan tangan lainnya,
  • semua senyawa yang beracun,
  • segala sesuatu yang radioaktif,
  • pupuk, herbisida, pestisida atau insektisida,
  • dan peralatan atau perlengkapan medis.

4. Lalu apa saja yang sebenarnya boleh dibuang ke dalam WC?

Daftar Apa yang Boleh dan Gak Boleh Dibuang ke WC, Kamu Harus Tahuyoutube.com

Sebenarnya ini sangat sederhana. Hanya ada 3 hal yang boleh kamu buang ke dalam WC, yaitu: pup kamu, air kencingmu dan tisu toilet. Ya, itu saja!

Kamu gak perlu membuatnya menjadi lebih ribet karena saluran pembuangan WC memang diperuntukkan hanya ini saja. Jika ada benda lain yang perlu kamu buang, buanglah pada tempatnya, yaitu tempat sampah.

Daftar Apa yang Boleh dan Gak Boleh Dibuang ke WC, Kamu Harus Tahumoonvalleyplumbing.com

Sekarang kamu sudah tahu apa saja yang boleh dan gak boleh dibuang ke dalam WC. Jadi jangan melakukan kesalahan yang sama ya.

Jangan melakukan hal yang akan merugikan dirimu sendiri dan orang lain. Memang dampaknya gak bisa dirasakan langsung, tapi buat apa merugi kalau bisa dihindari.

Baca juga: Ternyata Kita Mampu Mengatur Suara Kentut Sendiri! Ini Penjelasannya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya