Comscore Tracker

10 Hewan Transparan Paling Menakjubkan di Dunia, Indah!

Ada yang dari Indonesia, nih...

Di dunia ini, ada banyak keajaiban alam yang indah dan luar biasa. Fakta-fakta alam selalu menarik dan di luar imajinasi kita.

Di alam kita akan menemukan banyak hewan yang memiliki kebiasaan berbeda-beda mulai dari cara makan, minum, karakter tubuhnya dan kemampuan adaptasinya di ekosistem. Kali ini kita akan membahas beberapa hewan yang secara alami memiliki tubuh transparan. Inilah 10 di antaranya!

1. Salp transparan

10 Hewan Transparan Paling Menakjubkan di Dunia, Indah!thestar.com

Salp transparan itu ditemukan di laut. Mereka adalah makhluk melayang dan memiliki fungsi tubuh memompa air melewati tubuh mereka. Tubuh mereka itu transparan dan segala objek di baliknya bisa jelas terlihat.

Makhluk ini mungkin sederhana secara bentuk, tapi pola pergerakan mereka itu kompleks di air. Salp umumnya ditemukan di laut ekuatorial yang bersuhu dingin. Mereka ditemukan dalam jumlah banyak di Laut Selatan sekitar Antartika.

10 Hewan Transparan Paling Menakjubkan di Dunia, Indah!duskyswondersite.com

Ukuran dari salp beragam mulai dari 1cm sampai 10cm. Mereka sering dikorelasikan dengan grup pelagic tunicate: Pyrosoma dan Doliolida. Makanan utama dari Salp adalah fitoplankton. Karakteristik mengejutkan dari Salp adalah mereka makan dan berenang dalam waktu yang bersamaan.

2. Cumi-cumi kaca

10 Hewan Transparan Paling Menakjubkan di Dunia, Indah!en.wikipedia.org

Cumi-cumi kaca memiliki bentuk silindris dan memiliki permukaan tubuh yang kasar. Hidup mereka sebagian besar dihabiskan di perairan dangkal dengan cahaya matahari yang sedikit.

Mereka memiliki tubuh transparan yang membantu mereka terlindungi dari para predator. Kelenjar pencernaan mereka dengan mudahnya terlihat pada kulit transparannya. Total ada sekitar 60 spesies berbeda dari cumi-cumi kaca di seluruh dunia.

Mereka memiliki lengan-lengan kecil yang pendek dan struktur tubuh yang unik. Ada dua baris penghisap di tiap lengan, mereka disebut dengan kait dan ada juga lengan ketiga yang membuncit. Cumi-cumi kaca sangat menarik untuk diamati kebiasaan hidupnya.

3. Ikan-ikan transparan

10 Hewan Transparan Paling Menakjubkan di Dunia, Indah!practicalfishkeeping.co.uk

Ikan-ikan transparan adalah salah satu spesies yang bisa kamu temukan di lautan lepas. Spesies ini paling sering ditemukan di Laut Atlantika Utara.

Transparannya tubuhnya membantu melindungi mereka dari predator. Ikan-ikan ini terlihat sangat menggemaskan sekaligus atraktif. Ukuran ikan-ikan ini bervariasi dari 10-15mm.

Mereka memiliki daging dan darah transparan. Ada banyak spesies yang berbeda di belahan bumi yang berbeda. Baru-baru ini sekumpulan spesies terbaru dari ikan ini ditemukan di Amazon. Ikan amazon sangat kecil dan memiliki perut biru cerah yang bisa dilihat tembus pada seluruh tubuhnya.

4. Keong transparan10 Hewan Transparan Paling Menakjubkan di Dunia, Indah!mudfooted.com

Keong transparan adalah makhluk yang sangat kecil. Mereka berbentuk seperti kubah dan berjalan dengan sangat lambat. Mereka ditemukan paling banyak di Kroasia, negara-negara Eropa dan beberapa bagian di dunia.

Cangkangnya transparan dan jernih yang membuat kita bisa melihat menembus tubuhnya dengan mudah. Spesies ini memiliki cangkang selebar 1mm dan tingginya 2mm. Sebagian transportasi, biasanya mereka mengandalkan hewan yang lebih besar dan aliran air.

10 Hewan Transparan Paling Menakjubkan di Dunia, Indah!sci-news.com

Mereka paling sering ditemukan di daerah berlumpur. Mereka sebagian besar ditemukan di negara-negara Eropa dan beberapa daerah di dunia. Mereka hidup di bawah tanah dan seringnya ditemukan berkelompok.

5. Kumbang bercangkang penyu

10 Hewan Transparan Paling Menakjubkan di Dunia, Indah!kreatique.com

Kumbang bercangkang penyu itu transparan sebagian. Ada pola desain indah di balik punggungnya. Ada beberapa macam desain indah pada kumbang yang berbeda.

Ada banyak spesies kumbang bercangkang penyu, seperti: Spilophorini, Omocerini, Notosacanthini, Mesomphaliini, Ischyrosonychini, Hemisphaerotini, Goniocheniini, Eugenysini, Dorynotini dan Delocranini. Cangkangnya membantu melindungi mereka dari hujan deras dan benda berat yang menindih mereka.

Kumbang bercangkang penyu paling banyak ditemukan di Tiongkok Selatan, Afrika dan Asia Tenggara. Mereka ditemukan dalam kelompok kecil di bagian dunia yang lain.

Baca Juga: 12 Hewan Menakjubkan Ini Pasti Kamu Belum Pernah Mendengarnya

6. Amphipod transparan

10 Hewan Transparan Paling Menakjubkan di Dunia, Indah!everythinglists.com

Amphipod transparan adalah hewan tembus pandang yang sebagian besar ditemukan di kedalaman laut Atlantika Utara dan beberapa daerah di dunia. Organ dalam Amphipod transparan bisa dilihat dengan mudah.

Hewan-hewan ini terlihat sangat indah dan atraktif. Beberapa dari spesies ini juga sangat beracun dan berbahaya. Ukuran dari Amphipod transparan itu sekitar 10-15mm. Struktur tubuhnya seakan seperti penyet.

Spesies amphipod transparan terdiri dari Ingolfiellidea, Hyperiidea and Caprellidea. Spesies ini gak bisa bergerak dengan cepat di dalam air, kecepatan gerak mereka secara umum sangat lambat.

7. Chaetognatha

10 Hewan Transparan Paling Menakjubkan di Dunia, Indah!en.wikipedia.org

Hewan Chaetognatha adalah hewan yang sangat transparan. Mereka umumnya ditemukan di lautan daerah kutub. Tubuh mereka terlihat terbagi dalam beberapa struktur berbeda seperti gading, buntut dan kepala.

Hewan ini juga memiliki beberapa jenis spesies yang gak transparan. Ukuran mereka beragam mulai dari 2 - 120mm. Membran dasar mereka sangat tebal yang melebar dari epidermisnya.

Ada dua tipe spesies berbeda dari Chaetognatha yang bernama Eukrohnia fowleri dan Caecosagitta macrocephala. Walau hewan ini gak terlalu beragam, mereka selalu ditemukan dalam kelompok besar di manapun mereka berasa. Mereka biasanya naik ke permukaan di malam hari dan melaju ke kedalaman di siang hari. Hewan ini diketahui dengan istilah cacing panah di seluruh dunia.

8. Ubur-ubur transparan

10 Hewan Transparan Paling Menakjubkan di Dunia, Indah!fineartamerica.com

Ubur-ubur transparan adalah salah satu hewan transparan yang paling dikenal di seluruh penjuru dunia. Mereka banyak ditemukan di pesisir pantai atau lepas pantai manapun. Ubur-ubur ini memiliki warna-warna berbeda. Beberapa spesies juga ditemukan di air tawar. Mereka gak memiliki tulang, otak ataupun jantung.

Hampir 90 persen dari tubuh mereka adalah air. Makhluk ini bisa menyerang dengan fatal dan berdampak ke kesehatan manusia, jadi kamu harus berhati-hati jika menemukannya saat berenang di pantai/laut. Mereka berenang dalam kelompok dan memiliki ukuran sangat beragam mulai dari 1mm sampai 2m. Mereka adalah perenang yang baik di air.

Mereka berenang dengan mendorong air di belakang mereka dengan mengontraksi dan mengembangkan badan mereka. Mereka paling sering makan plankton, telur ikan, ubur-ubur lain ataupun ikan-ikan kecil.

9. Kupu-kupu bersayap kaca

10 Hewan Transparan Paling Menakjubkan di Dunia, Indah!featuredcreature.com

Kupu-kupu bersayap kaca adalah salah satu hewan transparan paling indah di dunia. Kupu-kupu ini ditemukan di Panama, Meksiko, Kolombia dan beberapa daerah di Florida. Beberapa bagian dari sayap kupu-kupu ini sangat transparan.

Kupu-kupu bersayap kaca berjumlah jauh lebih sedikit di bandingkan kupu-kupu jenis lainnya. Hewan ini selalu rajin bermigrasi dari tempat ke tempat. Ukuran sayapnya bervariasi mulai dari 5-6 m. Seringkali ditemukan dalam warna merah, oranye dan hitam atau kombinasinya.

10. Katak transparan

10 Hewan Transparan Paling Menakjubkan di Dunia, Indah!grindtv.com

Katak transparan adalah salah satu hewan yang paling transparan di dunia. Seringnya hewan ini ditemukan di daerah hutan hujan tropis Amerika Selatan atau Amerika Tengah.

Mereka juga ditemukan dalam jumlah kecil di beberapa bagian dunia. Mereka terdiri dari sekitar 60 variasi spesies di seluruh dunia. Ukurannya beragam dari 3-7cm secara panjang.

10 Hewan Transparan Paling Menakjubkan di Dunia, Indah!i2.wp.com

Katak betina dapat bertelur sebanyak sekitar 20-30 biji sekali waktu. Mereka jarang berada terlihat di atas tanah dan lebih sering di bawah tanah.

Masa hidup mereka berkisar antara 10-15 tahun lamanya. Tubuh mereka umumnya berwarna hijau muda. Saking transparannya tubuhnya kamu sampai bisa melihat semua organ di dalamnya.

Di antara semua hewan transparan di atas, menurutmu mana yang paling indah dan menarik? Share di kolom komentar ya!

Baca Juga: Jarang Mengudara, 10 Hewan Ini Ternyata Bisa Terbang

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya