Comscore Tracker

Gerhana Bulan Sebagian Akan Nampak 7-8 Agustus 2017 di Indonesia

Mulai pukul 00.22 WIB hingga 03.52 WIB di peralihan hari

Siap-siap! Gerhana bulan akan menyapa langit Indonesia lagi setelah awal tahun 2017 ini. Bedanya, gerhana bulan yang kali ini adalah gerhana bulan sebagian atau dikenal juga dengan nama gerhana bulan parsial. Seperti apa kenampakannya? Dan bagaimana detail kejadian gerhana yang bisa disaksikan dari Indonesia ini? Baca selengkapnya di sini ya!

Mengenal secara sederhana, apa sih gerhana bulan itu?

Gerhana Bulan Sebagian Akan Nampak 7-8 Agustus 2017 di Indonesialogicum.co

Gerhana bulan merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bumi, jadi cahayanya gak sampai ke bulan seluruhnya. Peristiwa ini adalah akibat dari dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan.

Gerhana bulan itu bisa diperhitungkan, begitu juga gerhana matahari, karena pergerakan bumi-bulan-matahari yang cenderung konstan.

Gerhana Bulan Sebagian Akan Nampak 7-8 Agustus 2017 di Indonesiaastrobob.areavoices.com

Gerhana bulan hanya terjadi pada saat bulan berada di fase purnama. Ini dapat diprediksi sebelumnya. Sedangkan gerhana matahari merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga gak semua cahayanya sampai ke bumi. Gerhana matahari selalu terjadi pada saat bulan berada di fase baru.

Baca Juga: 25 Foto Gerhana Matahari Total yang Bikin Kamu Bilang "WOW!"

Setelah Gerhana Bulan Penumbra (GBP) yang terjadi pada 11 februari 2017 lalu, ini adalah gerhana bulan terakhir tahun ini yang bisa disaksikan dari Indonesia.

Gerhana Bulan Sebagian Akan Nampak 7-8 Agustus 2017 di Indonesiaemaze.com

Gerhana bulan total akan terjadi pada 21 Agustus 2017, tapi gak bisa diamati dari Indonesia. Jadi kamu perlu mencatat betul waktunya jika ingin melihat gerhana bulan sebagian kali ini. Ingat, bahwa ini gerhana bulan terakhir tahun ini yang bisa kamu lihat dari Indonesia.

Puncak Gerhana akan terjadi pukul 01.20 pagi WIB di peralihan tanggal 7 - 8 Agustus 2017.

Gerhana Bulan Sebagian Akan Nampak 7-8 Agustus 2017 di Indonesiaskyandtelescope.com

Menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gerhana akan dimulai pukul 22.48 WIB, pada hari Senin, 7 Agustus 2017. Gerhana bulan sebagian akan dimulai pukul 00.22 pagi WIB di peralihan hari. Sementara itu, gerhana bulan sebagian akan berakhir pada 02.18 pagi WIB. Kemudian gerhana bulan ini akan berakhir keseluruhan pada hari Selasa, 8 Agustus 2017, pukul 03.52 pagi WIB.

Gerhana Bulan Sebagian Akan Nampak 7-8 Agustus 2017 di Indonesiahrexach.wordpress.com

Itulah informasi mengenai gerhana bulan sebagian atau parsial kali ini. Sudah siap kamera terbaik untuk mengabadikannya? Yang lebih penting lagi, sudah siap begadang untuk menyaksikannya? Jika ya, share hasil jepretan fotomu di kolom komentar nanti ya!

Baca Juga: 13 Mitos Gerhana Matahari Total dari Berbagai Belahan Dunia

Topic:

Berita Terkini Lainnya