Comscore Tracker

7 Hal Sederhana Ini Ternyata Punya Penjelasan Ilmiah Rumit

Gitu aja kok repot!

Dunia ini menyimpan banyak sekali ilmu pengetahuan, mulai dari yang paling sederhana dan bisa diterima oleh orang awam, sampai yang paling rumit. Namun ternyata ada beberapa hal yang pada umumnya dianggap sederhana tapi memiliki penjelasan ilmiah yang super rumit.

Seperti salah satunya hitungan penjumlahan sederhana, berikut 7 contoh hal simple yang diperumit lainnya!

1. Bukti bahwa "1+1=2" itu panjangnya sebanyak 300 halaman penelitian lho!

7 Hal Sederhana Ini Ternyata Punya Penjelasan Ilmiah Rumitvideoblocks.com

Percaya gak percaya, ini sempat menjadi perdebatan hebat di antara para ahli matematika seluruh dunia. Bahkan kesimpulan untuk "1+1=2" itu baru diresmikan pada awal abad ke-20. Penelitian yang melibatkan Stephen Fry dan Bertrand Russell di itu, menghasilkan total 372 halaman untuk sebuah perhitungan sederhana.

2. Deskripsi frase "hampir pasti" itu susahnya minta ampun jika dijelaskan secara matematis

7 Hal Sederhana Ini Ternyata Punya Penjelasan Ilmiah Rumitrollingstone.com

Frase ini menjadi lebih mudah dijelaskan ketika orang-orang mulai mengenal teori probabilitas statistik. Bahwa kejadiannya harusnya sudah pasti terjadi, tapi masih ada faktor X yang bisa menyebabkan itu gak terjadi. Karena berhubungan dengan kepercayaan, frase yang menjadi perdebatan matematis bertahun-tahun ini akhirnya gak digunakan dalam keilmuan matematis. Dalam ilmu probabilitas, akhirnya hanya diperkenankan kemungkinan untuk "ya" atau "tidak", dengan kemungkinan sama rata 50:50.

3. Mendefinisikan kata Bahasa Inggris "The" itu dulunya sangat susah bukan main

7 Hal Sederhana Ini Ternyata Punya Penjelasan Ilmiah Rumitthemoffattgirls.com

Kata "The" adalah kata yang paling sering digunakan dalam Bahasa Inggris. Namun para ahli bahasa menilai bahwa ini merupakan kata yang paling susah dijelaskan, terutama kepada mereka yang gak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Ketika penggunaan "The" dipertanyakan soal benar atau salahnya, para pembicara native hanya bisa menjelaskan bahwa itu sesuai feeling mereka.

Baca juga: 7 Kegiatan Sederhana Ini Bisa Buat IQ Makin Tinggi, Lho!

4. Sebenarnya seberapa panjang benang itu? Jawabannya mustahil untuk diketahui!

7 Hal Sederhana Ini Ternyata Punya Penjelasan Ilmiah Rumittheregister.co.uk

Jika seseorang memberimu benang dan bertanya berapa panjangnya, kamu akan mengira bahwa jawabannya sangat sederhana karena hanya perlu diukur saja dari ujung sampai ujung satunya. Namun jika orang tersebut berapa panjang aslinya, sebenarnya jawabanmu salah.

Teori ini diangkat oleh Alan Davies di BBC TV dengan dasar keilmuan Fisika Subatomik. Menurut sudut pandang keilmuan ini, gak ada orang yang bisa benar-benar tahu berapa panjang asli sebuah benang.

5. Perbedaan antara kanan dan kiri menjadi perdebatan hebat di antara para ahli filosofi selama bertahun-tahun

7 Hal Sederhana Ini Ternyata Punya Penjelasan Ilmiah Rumitjstor.org

Bagaimana kamu menjelaskan kepada seseorang tentang konsep kanan dan kiri, jika ia gak mengerti sama sekali tentang itu? Misalnya kamu harus menjelaskannya kepada orang primitif atau tunanetra. Para ahli bahasa dan filosofi selama bertahun-tahun sudah mencoba berbagai cara untuk berusaha menjelaskannya secara linguistik, tapi gak ada yang benar-benar berhasil melakukannya.

6. Konsep enjoy atau nikmat itu sangat susah dijelaskan kepada orang yang gak tahu soal itu

7 Hal Sederhana Ini Ternyata Punya Penjelasan Ilmiah Rumitlipnogastro.cz

Suatu kenikmatan itu dianggap aneh secara ilmiah karena sangat subjektif. Kamu mungkin berpikir bahwa seseorang menikmati sesuatu karena mereka menyukainya, padahal menurut para peneliti, itu cuma sebagian kecil faktornya.

Misalnya seseorang bisa dengan mudah dibuat menikmati sebuah minuman atau makanan murah, dengan diberi tahu dahulu bahwa itu makanan mahal. Banyak juga contoh lainnya yang menyebabkan kata "enjoy" atau nikmat itu susah dijelaskan kepada orang yang gak mengerti.

7. "Gunting batu kertas" atau suit jepang adalah salah satu permainan paling serius di dunia

7 Hal Sederhana Ini Ternyata Punya Penjelasan Ilmiah Rumitgophersport.com

Suit jepang banyak digunakan di berbagai negara untuk pengambilan keputusan untuk kepentingan bersama. Menariknya topik ini termasuk salah satu yang terbanyak, yang digunakan sebagai penelitian psikologi terkait permainan. Banyak ahli yang berusaha meneliti cara terbaik untuk memenangkannya, termasuk menggunakan penutup mata, agar gak terpengaruh oleh bahasa tubuh lawannya.

7 Hal Sederhana Ini Ternyata Punya Penjelasan Ilmiah Rumittowerhamlets.sch.uk

Itulah beberapa contoh hal sangat sederhana yang memiliki penjelasan ilmiah rumit. Apakah ini menginspirasimu untuk melakukan hal yang sama?

Lebih baik memikirkan hal lain yang lebih penting ya. Kecuali kamu memang bingung ingin berbuat apa untuk mengisi waktumu yang benar-benar luang. Percayalah, kamu bisa melakukan lebih banyak hal lain yang bermanfaat.

Baca Juga: Rumahmu Berhantu? Ini 7 Penjelasan Ilmiah dari Hal Mistis yang Terjadi

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya