Comscore Tracker

Ini Kebiasaan Tidur Aneh dari 14 Tokoh Dunia, Cukup Tahu

Kenyamanan tiap orang berbeda

Ada banyak hal yang bisa kita contoh dari kebiasaan orang super sukses. Baik itu dari sikap sehari-hari maupun aktivitasnya. Aktivitas beristirahat beberapa orang super sukses berikut dinilai sangat aneh serta unik dan gak terlalu disarankan untuk diikuti, kecuali kamu memang menikmatinya.

Siapa aja mereka? Yuk coba kupas satu-satu di sini!

1. Tom Cruise tidur di dalam ruangan kedap suara yang diberi nama "Snoratorium"

Ini Kebiasaan Tidur Aneh dari 14 Tokoh Dunia, Cukup Tahuhowmuchmoneytheymake.com

Cruise selalu mengorok dengan sangat keras, ia tidur di dalam ruangan kedap suara bernama snoratorium. Cruise membuat ruangan kecil di belakang rumahnya menjadi snoratorium di mana ia bisa mengorok dalam kedamaian.

Menurutnya, siapapun yang menggunakan snoratorium gak akan terdengar dari luar. Ruangannya sangat kecil, nyaman dan gelap.

2. Winston Churchill melakukan tidur sore dua jam setiap hari

Ini Kebiasaan Tidur Aneh dari 14 Tokoh Dunia, Cukup Tahuthrillist.com

Setiap hari pada pukul 5 sore, perdana menteri ini akan meminum wiski ringan dan soda sebelum melakukan tidur dua jamnya. Churchill mengatakan bahwa istirahat singkatnya mampu memberikannya energi untuk menyelesaikan semua kerjanya di luar waktu istirahat tersebut.

3. Mariah Carey mengelilingi kasurnya dengan 20 pelembap kamar dan membutuhkan 15 jam mata tertutup tiap malam

Ini Kebiasaan Tidur Aneh dari 14 Tokoh Dunia, Cukup Tahulatimes.com

Menurut Carey dalam interviewnya dengan salah satu majalah pada tahun 2007, ia harus tidur setidaknya 15 jam agar bisa menyanyi secara apapun yang dia bisa. Ia juga biasa tidur dengan 20 pelembap untuk meredakan tenggorokan kering dan menambah kelembapan pada udara yang kering. Ia berkata rasanya seperti tidur di dalam ruang uap.

4. Semua bantal milik Stephen King menghadap pada arah yang sama

Ini Kebiasaan Tidur Aneh dari 14 Tokoh Dunia, Cukup Tahuplaybuzz.com

Menurut buku Lisa Rogak yang berjudul "Haunted Heart: The Life and Times of Stephen King", penulis sains fiksi ini memiliki ritual malam hari yang aneh. Ia akan menggosok gigi, mencuci tangan dan membuat semua bantalnya menghadap ke arah yang sama.

Seluruh ritsleting dari sarung bantalnya harus mengarah ke bagian belakang kasur. Ia sendiri juga gak tahu alasannya kenapa.

5. Charles Dickens tidur menghadap ke utara untuk meningkatkan kreativitasnya

Ini Kebiasaan Tidur Aneh dari 14 Tokoh Dunia, Cukup Tahutardis.wikia.com

Dicken yang diketahui menderita insomnia, selalu membawa kompas navigasi bersamanya untuk memastikan bahwa ia menulis dan tidur menghadap ke utara. Penulis terkenal ini percaya bahwa kebiasaan tersebut akan meningkatkan kreativitas.

6. Marissa Mayer membayar waktu tidurnya yang terbuang melalui liburan panjang setiap empat bulan sekali

Ini Kebiasaan Tidur Aneh dari 14 Tokoh Dunia, Cukup Tahutoday.com

CEO dari Yahoo diketahui sangat gila kerja, sering kali masuk bekerja setidaknya dalam jumlah 130 jam per minggunya, yang akhirnya membuat ia kekurangan tidur. Untuk membayarnya, ia akan mengisi ulang energinya melalui libur panjang setiap empat bulan sekali.

7. Novelis Emily Bronte berjalan membentuk lingkaran terus hingga ia mengantuk

Ini Kebiasaan Tidur Aneh dari 14 Tokoh Dunia, Cukup Tahuen.r8lst.com

Novelis dan penulis puisi abad ke-19 menderita insomnia dan akan berjalan terus mengelilingi meja makannya sampai ia merasa cukup lelah untuk bisa tertidur.

Baca Juga: 25 Foto Menakjubkan Ini Menunjukkan Aktivitas Orang-orang yang Menantang Maut

8. Eminem menaruh kertas timah di jendelanya untuk terhindar dari cahaya

Ini Kebiasaan Tidur Aneh dari 14 Tokoh Dunia, Cukup Tahurollingstone.com

Banyak orang menaruh penutup di jendela mereka untuk membuat ruangan mereka gelap, namun penyanyi rap Eminem membawanya ke tingkat yang lebih dengan membungkus jendelanya menggunakan kertas timah, agar mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

9. Arianna Huffington mengubah kamar tidurnya menjadi "Istana Tidur"

Ini Kebiasaan Tidur Aneh dari 14 Tokoh Dunia, Cukup Tahuarticles.latimes.com

Setelah ambruk karena kelelahan pada tahun 2007 — dan terbangun dalam keadaan bersimbah darahnya sendiri — Arianna Huffington menjadi duta untuk mendapatkan tidur malam yang baik. Huffington mengubah kamarnya menjadi "istana tidur", lengkap dengan tempat tidur berkanopi dan tirai yang gelap.

Sebelum tidur, ia mematikan semua ponsel dan men-charge seluruh elektroniknya sepanjang malam — di luar kamarnya. Ia kemudian berendam di air hangat yang diisi dengan garam Epsom dan minyak lavender untuk menenangkan pikirannya dan melupakan stres hari yang bersangkutan. Kemudian ia akan membaca buku puisi atau filosofi sampai tertidur.

10. Martha Stewart hanya tidur selama empat jam tiap malam

Ini Kebiasaan Tidur Aneh dari 14 Tokoh Dunia, Cukup Tahuparade.com

Kerja keras Stewart terbukti dari kesuksesannya, namun bagian lain hidupnya cukup menderita, termasuk jadwal tidurnya yang kacau. Ia bangun tidur jauh sebelum krunya datang pada jam setengah tujuh pagi.

Ia bangun awal memasak sarapan untuk sejumlah hewan peliharaannya — termasuk keledai, kuda dan lebih dari 200 ayam. Stewart terjaga sampai larut untuk melihat acara TV karena itulah hiburan baginya. Menurutnya, rasa mengantuk bisa datang begitu saja, jadi gak perlu terlalu dikhawatirkan.

11. Jadwal tidur Leonardo Da Vinci termasuk tidur 20 menit setiap empat jam sekali

Ini Kebiasaan Tidur Aneh dari 14 Tokoh Dunia, Cukup Tahuthiswallpaper.com

Da Vinci melakukan bentuk ekstrem dari jadwal tidur polifasik yang disebut dengan siklus tidur Uberman, yang termasuk tidur singkat selama 20 menit setiap empat jam sekali. Siklus tidur yang gak wajar tersebut mungkin bisa membuat seniman terkenal ini terjaga tiap harinya, tapi akan menjadi susah ketika ia harus mengerjakan proyek jangka panjang.

12. Michael Phelps tidur dalam ruang berisi udara sebanding dengan ketinggian sekitar 8500 kaki (2591 meter)

Ini Kebiasaan Tidur Aneh dari 14 Tokoh Dunia, Cukup Tahubusinessinsider.sg

Dengan meletakkan kamar tidurnya pada ketinggian, Phelps akan mengurangi jumlah oksigen yang tersedia, yang akan memaksa tubuhnya bekerja lebih keras untuk memproduksi lebih banyak sel darah merah dan mengantarkan oksigen ke otot-ototnya, Itu juga akan membantu Phelps meningkatkan ketahanan performansinya dan menyiapkan dirinya sendiri untuk kompetisi yang dilakukan di ketinggian.

13. Penemu Nikola Tesla gak pernah tidur lebih dari dua jam sehari

Ini Kebiasaan Tidur Aneh dari 14 Tokoh Dunia, Cukup Tahuffden-2.phys.uaf.edu

Tesla memiliki lebih banyak waktu dalam sehari dengan jam tidurnya yang terbatas. Seperti Da Vinci, Tesla juga mengikuti siklus tidur Uberman dan menyatakan gak pernah tidur lebih dari dua jam sehari. Ia pun pernah dilaporkan bekerja selama 84 jam non-stop di lab tanpa istirahat sama sekali.

14. Lyndon B. Johnson membagi harinya ke dalam dua shift

Ini Kebiasaan Tidur Aneh dari 14 Tokoh Dunia, Cukup Tahuhistory.com

Mantan presiden Amerika Serikat ini membagi harinya ke dalam dua bagian untuk memastikan ia mampu menyelesaikan lebih banyak kerjaan. Ia biasa bangun sekitar jam 6:30 sampai 7 pagi dan bekerja sampai 2 siang.

Setelah itu ia akan tidur sebentar selama 30 menit. Ia akan bangun kembali pada jam 4 sore dan lanjut bekerja sampai pagi buta. Johnson menyatakan bahwa rutinitas istirahatnya ia contoh dari John F. Kennedy yang membagi harinya ke dalam dua shift juga.

Itulah 14 tokoh terkenal dunia yang super sukses dalam melakukan kebiasaan tidur mereka. Ada yang menyerupai kebiasaan tidurmu? Siapa tahu ternyata memang kamu calon orang super sukses? Walaupun begitu, tetap jaga kesehatan juga ya!

Baca Juga: 7 Fakta soal Jam Tidur, Tidur Kamu Sudah Cukup atau Belum?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya