Comscore Tracker

Dari Tulang sampai Kulit Bawang, 7 Sisa Makanan Ini Berguna Banget

Jangan dibuang, masih sangat bermanfaat

"Sis

Memang kita gak boleh menyia-nyiakan makanan, tapi ada kalanya makanan memang harus tersisa, entah itu karena kondisi yang gak memungkinkan untuk menghabiskannya, atau karena memang sisa makanan tersebut gak bisa dimakan langsung.

Ternyata 7 sisa makanan ini masih bisa berguna banget lho, guys! Apa saja? Cari tahu di sini ya!

1. Kulit bawang putih atau kulit bawang merah

Dari Tulang sampai Kulit Bawang, 7 Sisa Makanan Ini Berguna Bangetstethnews.com

Sisa bahan makanan ini bisa ditambahkan ke dalam sup atau kaldu untuk menambahkan vitamin dan mineral. Pastikan saja tercuci bersih dan singkirkan sebelum makanannya disajikan. Bisa juga digunakan sebagai penyedap/bumbu untuk pindang telur.

2. Ampas kopi masih sangat banyak gunanya

Dari Tulang sampai Kulit Bawang, 7 Sisa Makanan Ini Berguna Bangetfarmersalmanac.com

Ampas kopi itu sangat kaya nitrogen, yang sangat bagus untuk menumbuhkan tanaman (terutama jenis bunga). Ampas ini juga bisa digunakan untuk mengusir semut atau siput (hama). Selain itu, meletakkan ampas kopi di dalam kulkas atau freezer-mu bisa meredakan bau yang disebabkan bahan makanan lain.

3. Cangkang telur itu bermanfaat sekali

Dari Tulang sampai Kulit Bawang, 7 Sisa Makanan Ini Berguna Bangetbuzznigeria.com

Karena cangkang telur sangat tinggi dalam kandungan kalsium, jadi menebarkannya pada tanah akan membantu pertumbuhan tanaman dengan baik. Kamu juga bisa menghaluskannya menjadi bubuk kemudian menambahkannya pada minuman smoothies atau shake yang kamu buat.

ika dicuci secara bersih, kamu juga bisa menggunakan remahan cangkang telur untuk membantu mencuci tempat minum/botol pada bagian yang gak terjangkau sikat. Kamu bisa membilasnya dengan mudah.

Baca Juga: 8 Hal Sepele yang Pasti Kamu Sering Kelupaan Melakukannya

4. Biji alpukat jangan langsung dibuang

Dari Tulang sampai Kulit Bawang, 7 Sisa Makanan Ini Berguna Bangetcaliforniaavocado.com

Biji alpukat sangat kaya dengan serat dan antioksidan. Biji tersebut bisa dikeringkan, dipotong-potong dan dihaluskan menjadi bubuk. Kemudian kamu bisa menambahkannya ke minuman smoothies atau shake. Tentunya akan jauh lebih menyehatkan.

5. Tulang daging juga masih ada gunanya

Dari Tulang sampai Kulit Bawang, 7 Sisa Makanan Ini Berguna Bangetcollaborativecarechicago.com

Tulang-tulang daging juga sangat bagus untuk digunakan dalam membuat kaldu dengan menyingkirkannya dan menyimpannya dari proses bakaran atau proses lainnya. Kamu cuma perlu mengumpulkannya sampai cukup di freezer untuk membuat kaldu yang lezat.

6. Kulit jeruk atau lemon bukan cuma bisa jadi manisan

Dari Tulang sampai Kulit Bawang, 7 Sisa Makanan Ini Berguna Bangetstylecraze.com

Kulit buah ini bisa dibekukan atau dikeringkan untuk manfaat lain. Letakkan saja di freezer atau suatu tempat lain sampai mengering (setidaknya selama 1 minggu). Menggabungkan kulit buah ini dengan air dan cuka akan membuatmu memiliki pembersih rumah yang serbaguna serta efektif.

7. Bingung untuk apa lagi sisa bahan makanan lainnya? Kompos lah jawabannya

Dari Tulang sampai Kulit Bawang, 7 Sisa Makanan Ini Berguna Bangetscarce.org

Kompos adalah jawaban untuk pemanfaatan semua jenis sisa makanan. Apapun sisa makanannya bisa kamu proses menjadi kompos jika kamu gak memiliki waktu lebih untuk menjadikan sisa makanan tersebut dalam bentuk manfaat lain.

Dari Tulang sampai Kulit Bawang, 7 Sisa Makanan Ini Berguna Bangetstraight.com

Dari ketujuh cara pemanfaatan sisa makanan di atas, yang mana yang sudah pernah kamu terapkan? Apakah kamu punya tips untuk sisa makanan yang lainnya juga?

Share di kolom komentar ya! Saling berbagi dengan pembaca lainnya.

Baca Juga: 10 Benda yang Perlu Kamu Kelompokkan karena Sering Mengacaukan Harimu

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya