Para Astronaut Berbagi Pengalaman Mengerikan di Bulan, Seperti Apa?

Mereka adalah tim Apollo

Jakarta, IDN Times – Explorer Club, di New York, Amerika Serikat, jadi saksi reuni emas para astronaut Apollo. Maret tahun 2019 ini, para penjelajah ruang angkasa berkumpul untuk makan malam tahunan ke-115 klub itu. Para astronaut misi luar angkasa Apollo reuni sambil menerima medali eksplorasi, dan mengenang kembali misi epik mereka.

Kelompok ini termasuk Walter Cunningham (Apollo 7), Russel “Rusty” Schweickart (Apollo 9), Buzz Aldrin dan Michael Collins (Apollo 11), Fred Haise (Apollo 13), Al Worden (Apollo 15), Charlie Duke (Apollo 16), dan Harrison Schmitt (Apollo 17).

Sekitar 1.700 anggota Explorers Club datang buat mendengar astronaut Apollo bicara di makan malam tersebut. Tapi sebelum perayaan mulai, Charlie, Al, Walter, Rusty, Buzz, dan Michael berkumpul di depan 800 orang yang hadir untuk membuat diskusi panel yang
dimoderatori oleh astronaut Richard Garriott. Mereka menceritakan beberapa pengalaman mereka selama program Apollo.

Space.com berbagi cerita yang paling mengerikan dari diskusi tersebut. Simak ya!

1. Sepanjang misinya, Michael Collins paling khawatir tentang karantina yang harus dilakukan setelah misi Apollo

Para Astronaut Berbagi Pengalaman Mengerikan di Bulan, Seperti Apa?upi.com

Michael berbagi kenyataan mengerikan karena harus tetap dikarantina setelah kembali dari luar angkasa.

"Yang saya khawatirkan adalah tikus putih, karena ketika kami kembali dari bulan, kami akan dikarantina selama beberapa minggu dengan koloni tikus putih. Dan kalau salah satu dari makhluk mungil yang malang itu sakit, kami berada dalam masalah besar - kami mungkin membawa kembali patogen," kata dia.

Menurutnya, hal itu hanya salah satu dari banyak bahaya penerbangan antariksa yang tidak sejelas ledakan roket.

2. Astronaut Apollo 15 menghadapi situasi yang mengancam jiwa

Para Astronaut Berbagi Pengalaman Mengerikan di Bulan, Seperti Apa?spacefacts.de

Al Worden berbagi cerita tentang situasi berpotensi mengancam jiwa yang dihadapi rekan-rekannya di Apollo 15, yaitu astronaut Jim Irwin dan Dave Scott, saat mereka di bulan. Al tetap berada di orbit bulan dalam modul komando misi.

"Kami memiliki sedikit masalah dengan Dave Scott dan Jim Irwin di permukaan," kata Al.

"Mereka mengalami dehidrasi, saya pikir itu adalah masalah besar. Dan mereka memiliki beberapa masalah jantung. Pertanyaan besar, dengan (situasi) Jim yang terburuk: Apakah kita bisa mengekspos dia ke ruang hampa, sementara dia memiliki sedikit masalah jantung? Dan jawabnya kembali: Ya, lakukanlah." Cerita ulang AI.

Untungnya, Dave dan Jim selamat dari misi tersebut. Mereka mencapai perjalanan luar angkasa pertama (yang dilakukan oleh Al) dalam sejarah luar angkasa.

Baca Juga: 7 Fakta di Balik Misi Apollo 11 yang Berhasil Mendarat di Bulan

3. Charlie Duke hampir bunuh diri karena "berkeliaran" di bulan pada tahun 1972

Para Astronaut Berbagi Pengalaman Mengerikan di Bulan, Seperti Apa?youtube.com/Kennedy Space Center Visitor Complex

"Itu tahun 1972, dan mau ada Olimpiade di Munich tahun itu, jadi kami melakukan 'Olimpiade Bulan'," kata Charlie, yang pada usia 36 adalah orang termuda yang berjalan di bulan.

Karena gravitasi bulan hanya 1/6 dari Bumi, Charlie dan komandannya, John Young, memutuskan untuk menggunakan menit terakhir dari perjalanan ruang angkasa mereka di bulan untuk mengalahkan rekor atletik manusia yang berbasis di Bumi.

"Kita baru mulai melakukan lompatan tinggi," kata Charlie.

Mereka hanya "berkeliaran", tetapi mampu melompat 1,2 meter di udara - ketinggian yang mengesankan untuk siapa pun, terutama orang yang dengan pakaian luar angkasa yang berat. Dia meluruskan tubuhnya separuh, melompat, dan karena ransel angkasawan yang berat, dia jatuh ke belakang.

Ini adalah penutup kaca berserat, dan berisi semua sistem bantuan pernapasan dan denyut jantung. Kalau rusak, saya sudah mati, ”katanya.

Untungnya, sistem life support dan tas punggungnya tidak rusak.

4. Duke cerita tentang waktu yang mendebarkan tetapi berbahaya, dengan menavigasi baling-baling Apollo 16 di bulan

Para Astronaut Berbagi Pengalaman Mengerikan di Bulan, Seperti Apa?theatlantic.com

"Beratnya penjelajah bulan cuma 36 kilogram saat di bulan, jadi kami masuk dan mengikat (diri) dan pergi," kata Duke.

Tetapi, dengan berat hanya 36 kg, mengendarai kendaraan yang bentuk seperti kereta dune di sekitar bulan tidak seperti mengemudi di Bumi.

"Saya merasa perjalanan itu sangat banyak tantangannya. Kadang-kadang kedua roda depan lepas dari permukaan. Itu benar-benar menggelikan. Bagian belakangnya seperti berseluncur di atas es dan sesekali lepas," kata Duke, seraya menambahkan bahwa karena ini, kadang-kadang sulit untuk melihat dengan tepat ke mana harus pergi - yang cukup menakutkan ketika memikirkan semua kawah dan ngarai di permukaan bulan.

"Tapi, itu sangat menyenangkan."

Penerbangan antariksa selalu berisiko, dan selalu membawa risiko. Ini hanya segelintir kisah dari banyak lainnya tentang saat-saat yang menantang maut di luar angkasa, yang dihadapi para astronaut. Apakah kamu tertarik pergi ke bulan setelah membaca cerita mereka?

Laporan: Naila Pringgadani

Baca Juga: Reunian 8 Astronaut yang Pernah Ke Bulan, Begini Cerita Serunya!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You