Comscore Tracker

3 Fakta Tentang Otak yang Menyebalkan dan Solusinya!

Mungkin bisa dianggap kelebihan otakmu

Kadang mungkin kamu sempat berpikir kenapa kamu bisa mengingat setiap detail dari kejadian memalukan yang terjadi saat kamu masih usia belasan tahun, tapi kok gak bisa mengingat beberapa kata sederhana saat dibutuhkan? Terlepas dari segala hal menakjubkan yang bisa dilakukan otakmu, kadang otak kita sendiri bekerja berlawanan dengan keinginan kita. Berikut adalah 3 fakta tentang otak yang sering membuat kita kesal sendiri!

1. Perputaran "bagaimana jika".

3 Fakta Tentang Otak yang Menyebalkan dan Solusinya!edinab.deviantart.com

Salah satu hal menyebalkan dari yang suka dilakukan oleh otak adalah menciptakan imajinasi situasi dengan sendirinya yang seringkali susah diselesaikan. Dengan alasan apapun, hal tersebut adalah buruk. Semua orang pasti gak suka berhadapan dengan masalah, apalagi dengan masalah yang gak benar-benar terjadi. Biasanya ini terjadi karena kurang mendapatkan informasi dari yang sudah berpengalaman sebelumnya.

2. Pikiran yang mengganggu.

3 Fakta Tentang Otak yang Menyebalkan dan Solusinya!flickr.com

Otak juga punya kebiasaan buruk mengganggu di tengak aktivitas. Kamu sedang di tengah melakukan sesuatu dan tiba-tiba pikiranmu mengganggu, bahkan bisa membuatmu putar haluan. Seakan otakmu sendiri menyabotasemu dari kreativitas dan logika pertama yang kamu gunakan. Ini biasa terjadi karena kamu mendadak teringat fakta tentang pilihan lain yang gak kamu ambil.

3. Kecemasan yang gak penting.

3 Fakta Tentang Otak yang Menyebalkan dan Solusinya!anxiety.newlifeoutlook.com

Kadang itu cuma berupa presentasi di dalam kelas kan? Namun itu sudah bisa membuatmu gugup gak karuan. Tenang saja jiwa dan fisikmu gak terancam kok. Jadi tenangkan dirimu sendiri, gak usah membuat tubuhmu bekerja seperti atlet sampai jantungmu berdetak kencang dan nafasmu berderu keras. Semua ketidaknyamanan itu hanya untuk menuruti rasa takut? Kontrol lah pikiranmu sendiri. Kecemasan bisa menyerang siapa saja dalam aspek situasi apapun. Biasanya terjadi karena kurang pengalaman.

Baca Juga: Inilah Kehidupan di Tahun 2022 Berdasarkan Penelitian IBM

Sering merasa terganggu dengan problema otak di atas, berikut adalah 3 solusi untuk masing-masing masalah tersebut:

1. Solusi untuk "bagaimana jika": temukan sumbernya!

3 Fakta Tentang Otak yang Menyebalkan dan Solusinya!mrtimesaver.nl

Jika kamu sampai membuat otakmu memunculkan pikiran "bagaimana jika begini" atau "bagaimana jika begitu", pasti ada sumber dan objek penyebab utamanya. Misalnya kamu mencemaskan bagaimana jika hujan nanti cucian basah semua, bagaimana jika baju gak tercuci nanti habis semua, berarti sumber/objek utamanya adalah cucian. Segera selesaikan urusan dengan objek tersebut, artinya kamu harus segera mencucinya!

2. Solusi untuk pikiran yang mengganggu: belajar mempercayakan!

3 Fakta Tentang Otak yang Menyebalkan dan Solusinya!iris.xyz

Semakin lama masalah berdiam di dalam kepalamu, maka semakin parah efeknya. Curhat atau memberitahukan masalahmu kepada orang lain yang kamu percayai akan membuatmu bisa meringankan rasa tegangmu dan seringkali membantumu mendapatkan perspektif solusi dari luar, karena orang tersebut gak langsung terlibat dengan masalahmu.

3. Kecemasan yang gak penting: bergaul dan bentuk koneksi!

3 Fakta Tentang Otak yang Menyebalkan dan Solusinya!wtlibrary.org

Apapun yang kamu alami hingga menimbulkan kecemasan berlebihan, pasti di luar sana ada yang pernah mengalami hal yang sama bahkan jauh lebih berat. Menjalin hubungan dengan yang pernah mengalaminya dan melewatinya dengan sukses akan sangat membantumu dalam meringankan beban. Ketika gugup jangan meminta bantuan dari orang yang sama-sama gugup, kecemasanmu akan justru bertambah dan berkali lipat.

Terakhir, selain kamu akhirnya mengetahui cara menyelesaikan masalah-masalah yang sering terjadi karena otak tersebut, kamu perlu mengingat bahwa setiap masalah lainnya akan selalu bisa kamu ubah menjadi tindakan yang positif. Cara kamu mengatasi tiap masalah dan bukan lari darinya itulah yang akan membuatmu unik daripada orang lain. Ini juga akan mempermudahmu mengenali dirimu sendiri untuk tumbuh lebih dewasa. Jadi bertahanlah, walau otakmu terkadang menyebalkan!

Baca Juga: Menakjubkan, Kamu Bisa Melihat Isi Kepala Ikan Ini Tanpa Pembedahan!

Topic:

  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya