Comscore Tracker

5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui dari British National (Overseas)

Bukan berarti otomatis jadi warga negara Inggris lho ya!

Oleh karena Hong Kong merupakan bekas koloni Inggris, maka beberapa orang di Hong Kong berhak mendapatkan British National (Overseas). Hong Kong sebelumnya dikembalikan kepada kedaultan Cina pada tahun 1997, sehingga siapapun yang lahir sebelum penyerahan dapat memiliki British National (Overseas) yang juga dikenal dengan BNO. Berikut adalah lima hal yang harus kamu ketahui dari BNO ini. 

1. Apa itu paspor BNO?

5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui dari British National (Overseas)coconuts.co

Sebenarnya, paspor BNO ini tidak memberikan status warga negara Inggris. Namun pemegang paspor ini berhak mendapatkan bantuan dari konsulat. BNO ini dapat diberikan kepada orang-orang Hong Kong yang lahir sebelum Hong Kong secara sah diberikan kembali ke Cina. 

Saat ini ada sekitar 300.000 orang Hong Kong yang memiliki paspor BNO. Orang-orang yang memiliki paspor BNO akan memiliki bebas visa ketika pergi ke Inggris selama enam bulan. Menurut konsulat Inggris di Hong Kong, ada sekitar 2.9 juta orang yang memiliki status BNO.

Pemegan paspor BNO juga tidak dapat tinggal di Inggris dan bekerja, mereka juga tidak diizinkan mengakses dana publik, termasuk hal-hal seperti tunjangan pemerintah. Pemegang BNO ini tidak dapat memberikan statusnya kepada anak mereka, seperti yang dikutip dari BBC. 

2. Biaya perpanjangan BNO lebih mahal dari paspor biasa

5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui dari British National (Overseas)idn media

Meski BNO ini sudah tak lagi dikeluarkan, pemegang paspor BNO tetap bisa melakukan perpanjangan. Seperti yang dikutip dari South China Morning Post bahwa biaya untuk perpanjang BNO ini adalah $148, sedangkan perpanjang paspor HKSAR adalah $48. 

Tak hanya itu, dengan paspor BNO ini orang-orang hanya dapat pergi ke 116 bebas visa, sedangkan dengan paspor HKSAR orang-orang dapat pergi ke 162 bebas visa. Jadi itulah mengapa ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan seseorang ketika memperpanjang status BNO. 

Baca Juga: 10 Negara dengan Paspor Terkuat, Bebas Visa di Ratusan Negara

3. Apa keuntungannya memiliki BNO?

5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui dari British National (Overseas)pexels.com/@olly

Orang-orang pemegang BNO dapat tinggal di Inggris selama enam bulan tanpa harus melapor. Sedangkan, orang-orang dengan paspor HKSAR harus melapor kepada polisi dengan biaya £34 pound sterling. Tak hanya itu, orang-orang dengan paspor BNO juga bisa menikah dengan hukum Inggris. Selain itu, mereka juga dapat ikut dalam layanan sipil Inggris seperti Angkatan Darat Inggris, Angkatan Laut Kerajaan dan Angkatan Udara Kerajaan, serta memilih atau mencalonkan diri dalam pemilihan di daerah tempat tinggal mereka.

4. Bisa jadi jalur untuk kewarganegaraan Inggris

5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui dari British National (Overseas)pexels.com/@pixabay

Baru-baru ini Cina mengumumkan perarturan keamanan baru yang cukup mengejutkan banyak orang. Peraturan baru ini akan membuat orang akan kehilangan kebebasan bersuara, seperti yang dikutip dari CNN.

Pemerintah Inggris pun mempertimbangkan untuk memberikan hak kunjungan lebih bagi pemegang BNO yang nantinya juga dapat menjadi pertimbangan untuk mereka mengajukan kewarganegaraan Inggris. 

Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab, mengatakan bahwa kemungkinan orang-orang pemegan BNO dapat tinggal di Inggris selama 12 bulan yang nantinya dapat digunakan sebagai dokuman pengajuan kewarganegaraan Inggris. Sebelumnya, pemegang paspor BNO hanya dapat tinggal bebas visa selama enam bulan. 
 
Hal ini juga menuai kritik dari pihak Cina yang mengatakan bahwa Inggris sebaiknya tidak ikut campur dalam masalah ini, seperti yang dikutip dari BBC. Duta Besar Tiongkok untuk Inggris Liu Xiaoming sebelumnya berpendapat beberapa politisi Inggris memandang Hong Kong "sebagai bagian dari kerajaan Inggris". 

5. Banyak orang sebenarnya sudah tidak pakai BNO

5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui dari British National (Overseas)scmp.com

Seperti yang dikutip dari South China Morning Post, bahwa sebenarnya sudah tidak banyak yang memakai paspor BNO ini. Pada tahun 2019, setidaknya hanya ada 58.107 paspor BNO yang diperpanjang, sedangkan 10.24 juta paspor HKSAR yang telah diperpanjang. 

Itulah lima hal menarik dari paspor British National (Overseas) atau yang biasa disebut BNO yang memiliki sejarah dan fakta yang menarik. 

Baca Juga: Indonesia Masuk Daftar 10 Paspor Terkuat di Asia Tenggara

Belinda Belinda Photo Verified Writer Belinda Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya